• Unik dan Romantis, Perayaan Valentine di 5 Negara Berikut

    Culture / News


    Unik dan Romantis, Perayaan Valentine di 5 Negara Berikut

    Selamat hari kasih sayang.


    Ada yang unik dari selebrasi Valentine. Tidak melulu bicara mengenai cinta, Valentine telah bertransisi menjadi tradisi di sejumlah negara. Setiap negara memiliki caranya tersendiri dalam menyambut datangnya hari penuh cinta ini. Walaupun berawal dari dunia belahan Eropa, tepatnya di kota Roma, hari ini Valentine dirayakan oleh seluruh penjuru negara di dunia!

    Wujud selebrasinya pun beragam. Jika selama ini yang terlintas di pikiran hanyalah pasangan kekasih yang saling memberikan hadiah cokelat atau mengenakan pakaian berwarna pink khusus di tanggal 14 Februari, faktanya perayaan Valentine jauh lebih unik dan kreatif daripada itu. Berikut ulasan Bazaar mengenai uniknya selebrasi Valentine di 5 negara terpilih di dunia.





    1. Prancis


    Paris sebagai Ibu Kota Prancis dikenal sebagai kota romantis. Berjuta alasan di baliknya, selain tentunya karena atmosfer kota yang diliputi nuansa penuh cinta. Tentunya Anda penasaran, bagaimana cara penduduk di kota paling romantis di dunia merayakan Valentine?

    Ternyata hingga hari ini, mereka masih merayakannya dengan cara bertukar kartu Valentine. Selain itu, terdapat sebuah tradisi yang bernama lotere d’amour di mana para pria dan wanita yang masih berstatus lajang dapat berkunjung ke rumah satu sama lain atau saling bersahutan melalui jendela rumah. Tidak jarang akhirnya pria dan wanita tersebut menjadi pasangan.


    2. Brasil


    Berbeda dengan selebrasi Valentine di Brasil. Penduduk Brasil tidak terlalu merayakan Valentine yang jatuh di tanggal 14 Februari. Sebagai gantinya, mereka memiliki sebuah perayaan akan cinta yang dinamakan Dia dos Namorados.

    Hari cinta bagi penduduk Brasil ini jatuh di tanggal 12 Juni. Biasanya Dia dos Namorados dirayakan dengan festival musik, cokelat, bunga dan kartu seperti layaknya hari Valentine. Selain itu, mereka biasanya juga makan malam dengan pasangan atau orang tercinta.


    3. Finlandia


    Sedangkan, penduduk negara Finlandia merayakan tanggal 14 Februari sebagai Hari Pertemanan. Seperti perayaan Valentine pada umumnya, penduduk Finlandia juga saling bertukar kartu dan hadiah baik kepada pasangan, sahabat, hingga tetangga! 

    Selain itu, tanggal 14 Februari menjadi hari paling populer bagi para pasangan untuk menggelar pesta pertunangan. Tampaknya Finlandia menjadi salah satu negara yang masih sangat antusias dalam menyambut datangnya Valentine.


    4. Jepang


    Valentine juga dirayakan oleh negara di belahan Timur termasuk di Jepang. Di negara Sakura ini, para wanitalah yang memulai pergerakan terlebih dahulu. Mereka biasanya akan memberikan cokelat buatan sendiri untuk pria yang disukai.

    Honmei-choco, istilah yang digunakan untuk cokelat Valentine buatan rumah ini. Sebulan kemudian, tepatnya di tanggal 14 Maret, sebagai balasan para pria akan memberikan hadiah kepada para wanita. Hari ini dikenal dengan istilah White Day.


    5. Korea Selatan


    Tradisi Valentine di Jepang ini juga merambat ke Korea Selatan, para wanitalah yang akan sibuk mempersiapkan hadiah untuk para pria. Biasanya berupa cokelat buatan sendiri atau dengan bubuhan inisial nama si pria.

    Seperti di Jepang, White Day juga dirayakan oleh penduduk Korea Selatan. Bahkan, mereka memiliki selebrasi lanjutan lainnya yang bernama Black Day. Jatuh di tanggal 14 April, Black Day merupakan hari selebrasi cinta bagi mereka yang masih berstatus lajang. Black Day dirayakan dengan mengenakan pakaian hitam sembari menyantap jjajangmyeon




    (Foto Courtesy of Instagram @thecatlows, @parishahaha, @visitbrasil, @ourfinland, @iamyoryuri, @visit.southkorea)











- RELATED ARTICLE -