• Bagaimana Cara Menghilangkan Jerawat Punggung Secara Alami?

    Beauty / Tips


    Bagaimana Cara Menghilangkan Jerawat Punggung Secara Alami?
    Inilah 8 cara menghilangkan jerawat punggung secara alami. (Foto: Courtesy of Iryna Kalchenko©123RF.

    Inilah 8 cara menghilangkan jerawat punggung secara alami


    Tahukah Anda, bahwa ternyata tidak hanya kulit wajah yang rentan mengalami jerawat, tetapi juga bagian tubuh lain seperti punggung. Sama seperti penyebab jerawat di wajah, jerawat di punggung terbentuk ketika kulit memproduksi sebum secara berlebihan dan terjadi penumpukan sel-sel kulit mati. Selain itu, stres dan terjadinya perubahan hormon juga dapat menjadi penyebabnya. 


    Meskipun penyebab antara jerawat di wajah dan di punggung tidak jauh berbeda. Namun, Anda tidak dapat menyamaratakan cara mengatasinya. Berikut ini tujuh cara mengatasi jerawat di punggung secara alami dan mudah untuk diterapkan.


    1. Eksfoliasi


    Gunakan scrub yang lembut di kulit untuk menghilangkan kotoran, sel-sel kulit mati dan minyak berlebih. Hal ini dapat membantu membersihkan pori-pori secara maksimal. Anda dapat membuat eksfoliator secara alami dengan mencampurkan gula pasir halus dan air perasan lemon untuk dijadikan scrub yang lembut. Kandungan astringent alami pada lemon dapat membantu mengeringkan jerawat di punggung sekaligus membunuh bakteri penyebab jerawat.


    2. Mengenakan Pakaian yang Longgar


    Mengenakan pakaian yang ketat dapat membuat kotoran dan keringat terperangkap di dalam pori-pori kulit. Sebaiknya, gunakan pakaian longgar dan bersih yang memungkinkan kulit untuk “bernpfas”. 


    3. Mengonsumsi Makanan Bernutrisi


    Sudah bukan rahasia lagi jika mengonsumsi makanan yang tidak sehat dapat mempengaruhi tubuh Anda, termasuk menjadi penyebab munculnya jerawat di punggung. Makanan yang tidak sehat dapat meningkatkan kadar gula darah dan memperburuk kondisi jerawat. Menurut American Academy of Dermatology, makanan tertentu seperti roti dan keripik kentang dapat berkontribusi terhadap munculnya jerawat di punggung. Bahkan bagi sebagian orang, produk susu juga bisa menjadi pemicu. Sebaiknya konsumsi lebih banyak makanan bernutrisi seperti sayuran, buah-buahan, protein tanpa lemak dan biji-bijian. 


    4. Jauhkan Rambut dari Punggung Anda


    Jika Anda memiliki rambut yang terurai panjang, bisa jadi itulah salah satu penyebab timbulnya jerawat di punggung yang sedang Anda alami. Hal ini karena, rambut yang terurai panjang memungkinkan minyak dan kotoran berpindah dari rambut ke kulit Anda. Cuci rambut dengan sampo dan kondisioner secara teratur dan ikat ketika berkeringat. Satu lagi, pastikan sampo dan kondisioner tidak mengalir di punggung saat keramas, karena kondisi semacam ini juga dapat menyumbat pori-pori. 


    5. Mandi setelah berolahraga


    Membiasakan diri membersihkan tubuh setelah berolahraga adalah salah satu cara mencegah timbulnya jerawat di punggung. Jika Membiarkan keringat dan kotoran menempel di kulit Anda setelah berolahraga dapat menjadi kontributor besar untuk timbulnya jerawat di punggung. Perlu diingat, mandi sesegera mungkin setelah berolahraga dan jangan terlalu lama mengenakan pakaian yang berkeringat dan kotor jika tidak ingin timbul jerawat di punggung. 


    6. Menggunakan Tea Tree Oil


    Tea tree oil sudah dikenal mampu mengatasi berbagai masalah kulit, termasuk jerawat di punggung. Minyak ini memiliki sifat anti-bakteri yang dapat membunuh bakteri penyebab jerawat dan mencegah munculnya jerawat di punggung. Caranya, tuang satu sampai dua tetes tea tree oil pada kapas atau cottonbud, lalu oleskan pada area kulit yang berjerawat. 


    7. Menggunakan Kunyit


    Kunyit dipercaya sebagai obat alami yang efektif menyembuhkan kulit yang berjerawat, berkat sifat anti-bakterinya. Caranya, cukup parut kunyit dan balurkan di punggung. Diamkan selama kurang lebih 15 menit, gosok perlahan dan bilas dengan air bersih. 


    8. Menggunakan lidah buaya


    Selain kunyit, lidah buaya atau aloe vera juga mampu menghilangkan jerawat di punggung. Bahan alami ini memiliki kandungan astringent dan anti-jamur yang sangat baik untuk mendinginkan kulit, mengurangi peradangan jerawat dan iritasi. 


    (Foto: Courtesy of Iryna Kalchenko©123RF.com)









- RELATED ARTICLE -