• Indonesia Data and Economic Conference 2020 Sukses Digelar

    People / Advertorial


    Indonesia Data and Economic Conference 2020 Sukses Digelar

    Menilik antusiasme para peserta di acara IDE Katadata 2020.


    Sukses digelar pada Kamis, 30 Januari 2020 di Grand Ballroom, Hotel Kempinski Grand Indonesia Jakarta, acara Indonesia Data and Economic Conference 2020 yang diselenggarakan oleh Katadata Indonesia atau yang lebih akrab disapa dengan nama IDE Katadata 2020 berhasil melangsungkan acaranya selama kurang lebih sembilan jam dan dengan peserta yang hampir mencapai 1.000 orang.



    Dengan mengusung tema “Indonesia’s New Landscape: Challenge and Opportunities”, acara ini menghadirkan sederet pembicara bergengsi dan kompeten mulai dari para menteri, pemimpin perusahaan, pendiri startup, akademisi, serta hadir pula finalis Pulitzer 2019. 



    Acara yang dibuka pada pukul 09.15 WIB ini menghadirkan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi sebagai pembicara kunci pertama yang membahas tentang “The Rise of Asia”. Secara komprehensif, Retno memaparkan kondisi geopolitik terkini, dan pengaruh ke perekonomian Indonesia ke depan. Selain Retno Marsudi, nama-nama lain yang tak kalah bergengsi seperti Direktur Astra International Paulus Bambang, Neneng Goenadi selaku Managing Director Grab, VP Marketing Halodoc Felicia Kawilarang Aluwi, dan Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia juga turut serta dalam konferensi tahunan yang membahas berbagai persoalan ekonomi dan bisnis yang berbasis kepada data.     



    Beralih ke pukul 11.00 WIB, Wakil Menteri Keuangan Republik Indonesia, Suahasil Nazara menjadi pembicara kunci kedua yang memaparkan tantangan serta peluang ekonomi Indonesia khususnya untuk tahun 2020.


     


    Pembahasan mengenai data kemudian terus bergulir dengan kehadiran pembicara tamu Carole Cadwalladr, seorang jurnalis investigasi dari surat kabar asal Inggris The Guardian dan yang juga merupakan finalis Pulitzer tahun 2019. Dalam sesi sekitar satu jam tersebut, Carole berdialog dengan seorang jurnalis senior Bambang Harymurti yang membahas tentang “Data Privacy in Digital Era“.



    IDE Katadata 2020 kemudian resmi ditutup oleh pemaparan dari Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan. Tercatat ada enam menteri atau pejabat setingkat menteri, satu wakil menteri, satu gubernur, dua bupati, dan sekitar 30 pembicara yang berbagi menyampaikan pemaparannya kepada para peserta yang hadir di acara ini.




    (Foto: Courtesy of Katadata)







- RELATED ARTICLE -