• 35 Skandal & Momen Aneh yang Tak Terlupakan di Royal Wedding

    Culture / News


    35 Skandal & Momen Aneh yang Tak Terlupakan di Royal Wedding

    Mulai dari Putri Diana yang salah menyebut nama suaminya di depan altar dan Putri Charlene dari Monaco yang tak berhenti menangis.


    Siapa yang tak suka royal wedding? Keluarga kerajaan tahu bagaimana cara menciptakan pesta pernikahan yang memukau, mulai dari gaun-gaun anggun hingga lokasi yang mengagumkan. Namun seperti pernikahan pada umumnya, kemungkinan terjadinya petaka selalu ada. Berita pernikahan anggota keluarga kerajaan selalu dikabarkan melalui media massa di seluruh dunia, sehingga kamera pun juga selalu menangkap momen ketika ada sesuatu yang salah. Kami melihat kembali beberapa skandal terbesar royal wedding yang mengguncang dunia, baik skandal terbaru maupun yang masuk ke catatan sejarah. Kami juga menambahkan beberapa momen Pangeran George untuk meringankan suasana.


    1. Ratu Elizabeth melewatkan pernikahan Charles dan Camilla





    Setelah Pangeran Charles dan Camilla, Duchess of Cornwall menikah pada 9 April 2005, Ratu Elizabeth II terlihat berada di The Guildhall Kastil Windsor untuk menghadiri Service of Prayer and Dedication. Seperti yang dilaporkan oleh The Telegraph, ia tidak menghadiri upacara pernikahan putranya yang diadakan di waktu yang sama. "Ia lebih mendahulukan kewajibannya sebagai kepala Gereja Inggris daripada kepentingan keluarga." Dengan demikian, Ratu Elizabeth II tidak merasa bahwa dirinya dapat menghadiri upacara pernikahan sipil dan tidak "ingin memberikan contoh yang dapat merusak Gereja Inggris."


    2. Diana salah menyebut nama Charles saat mengucapkan janji pernikahan


    Putri Diana memiliki momen Ross Geller tersendiri di depan altar dan salah menyebut nama mempelai prianya. Dalam sebuah cuplikan video dari CBS News yang memperlihatkan momen pengucapan janji suci kedua pasangan kerajaan ini, kita dapat mendengar Diana berkata, "menerima Philip Charles Arthur George." Kesalahan kecilnya terletak pada nama pertama dan tengah Charles yang tertukar. Mengingat upacara sakral ini disaksikan oleh 750 juta penonton televisi di 74 negara sebagaimana dikabarkan oleh BBC, tidak heran bila Diana merasa gugup.


    3. Raja Edward VIII turun takhta untuk menikahi janda asal Amerika


    Ini adalah salah satu skandal paling terkenal sepanjang waktu dari kalangan Kerajaan Inggris yang telah diangkat di serial The Crown dan melibatkan Raja Edward VIII. Skandal muncul ketika sang raja jatuh cinta kepada Wallis Simpson yang merupakan seorang janda berdarah Amerika. Hubungan keduanya dimulai dengan kisah asmara yang dilakukan secara diam-diam saat Wallis masih memiliki suami yang kemudian ia ceraikan agar dapat hidup bersama Edward. Perceraian adalah hal yang tidak biasa saat itu dan belum pernah ada seorang anggota kerajaan yang menikahi janda ataupun duda. Seperti dikutip dari History Extra, "Edward memimpin hanya selama 324 hari sebelum meninggalkan takhtanya dan menikahi wanita yang ia cintai." Pasangan ini menikah di Prancis pada 3 Juni 1937.


    4. Fergie tidak diundang ke pernikahan Kate dan William


    Sarah Ferguson, Duchess of York, menarik perhatian publik dengan kehadirannya di pernikahan Putri Eugenie dan Jack Brooksbank, Namun sebelumnya, ia merasa kecewa karena tidak diundang ke pernikahan Kate Middleton dan Pangeran William yang diadakan pada 29 April 2011. Saat hadir di acara The Oprah Winfrey Show, Us Weekly memberitakan bahwa Fergie merasa ia menerima momen yang sulit. Ia menjelaskan, "Karena saya ingin berada di sana dengan putri-putri saya, menyiapkan gaun mereka, dan pergi sebagai keluarga."


    5. Pangeran Ernst-August V tidak menghadiri pernikahan putranya


    Pangeran Ernst-August V, saudara ipar Pangeran Albert dari Monako dan putra tiri Putri Caroline dari Monako tidak merestui wanita yang telah dipilih putranya untuk dinikahi. Ketika Pangeran Ernst-Auguts Jr. Dari Hanover menikah dengan Ekaterina Malysheva di tahun 2017, ayahnya tidak tampak berada di antara para tamu yang hadir. Pangeran Ernst-August V memiliki alasan mengapa ia tidak datang ke acara pernikahan tersebut yang diduga disebabkan karena masalah kepemilikan kastil. Mengutip People, ia mengatakan, "Keputusan ini bukan hal yang mudah bagi saya karena berkaitan dengan putra saya. Namun saya harus menjaga House of Hanover dan propertinya, termasuk properti budaya yang telah berada di sini selama berabad-abad." Baiklah.


    6. Putri Charlene dari Monako menangis selama hari pernikahannya


    Pengantin perempuan kerap menangis bahagia di hari pernikahannya. Namun semua mata tertuju pada Putri Charlene (terlahir sebagai Charlene Wittstock) saat ia menikah dengan Pangeran Albert II. Sebuah rekaman video menunjukkan bagaimana ia menangis berkali-kali di upacara pernikahannya tanggal 1 Juli 2011. Dikutip dari Vanity Fair, "Pengantin perempuan dikabarkan berusaha untuk lari dari Monako beberapa hari sebelum pernikannya setelah ia mengetahui bahwa Albert telah memiliki dua anak yang tidak sah dari hubungan asmara yang dilakukannya diam-diam ketika mereka berpacaran selama lima tahun." Kendati demikian, rumor ini masih belum diketahui jelas kebenarannya karena pasangan ini tetap menikah dan merawat kedua putri kembar mereka bersama-sama.


    7. Ratu Beatrix menikah dengan mantan anggota Hitler Youth


    Ketika Putri Beatrix dari Belanda bertunagan dengan diplomat Jerman bernama Claus von Amsberg, latar belakang sang pria sebagai anggota Hitler Youth memicu kemarahan. Berdasarkan People, orang-orang Belanda mengirimkan "petisi dengan 65.000 tanda tangan kepada parlemen untuk tidak menyetujui pernikahan ini." Namun Beatrix tetap melangsungkan pernikahannya dan keduanya tetap bersama hingga Pangeran Claus meninggal dunia di tahun 2002.


    8. Ayah Meghan Markle tidak hadir di pernikahannya


    Kerajaan Inggris sebelumnya telah mengumumkan jika Meghan Markle akan diantar oleh ayahnya yakni Thomas Markle saat berjalan di aisle. Tetapi Meghan merilis sebuah pernyataan dua hari sebelum pernikahannya yang menyatakan, "Sayangnya, ayah saya tidak akan menghadiri pernikahan kami. Saya selalu peduli terhadap ayah saya dan berharap ia bisa mendapatkan waktu yang dibutuhkannya untuk fokus pada kesehatannya." Dalam sebuah wawancara televisi setelah hari besar itu dilangsungkan, Thomas mengatakan, "Sungguh tidak beruntung, saya tidak menjadi bagian yang penting di salah satu momen terbesar dalam sejarah dan bukan sebagai ayah yang menemani putrinya berjalan di aisle. Jadi ini membuat saya agak kesal."


    9. Pangeran George berulah di pernikahan Putri Eugenie


    Momen ini tidak dapat dikatakan sebagai skandal yang besar. Pangeran George tertangkap kamera terngah berulah di hari pernikahan Putri Eugenie. Savannah Philip si pembuat onar berdiri di sampingnya dan George tak dapat berhenti tertawa tepat sebelum upacara pernikahan berlangsung, terutama saat partner in crime-nya berpura-pura bermain terompet. 


    10. Putri Stéphanie dari Monako menikahi pengawalnya


    Anak perempuan Grace Kelly yakni Putri Stéphanie menikah dengan Daniel Ducruet yang sebelumnya ditugaskan sebagai pengawalnya. Mereka sudah dikaruniai dua orang anak ketika keduanya mengikat janji suci. Saat itu The Associated Press mendeskripsikan Daniel sebagai "eks penjual hewan peliharaan dan ikan hias yang diketahui bertemperamen tinggi," dan menyebut bahwa ayah Stéphanie yakni Rainier III menentang hubungan cinta mereka. Pernikahan Stéphanie dan Daniel digelar pada 1 Juli 1995 di Monaco Town Hall. Namun sayangnya asmara mereka harus berakhir sekitar setahun kemudian ketika Daniel "tertangkap paparazzi sedang bersenang-senang di pinggir kolam renang bersama penari striptis Belgia."


    11. Duchess of Alba menikah dengan pria yang usianya jauh lebih muda


    Dikutip dari BBC, Duchess of Alba dari Spanyol menikah kembali untuk ketiga kalinya di usianya yang ke-85 pada tahun 2011 dengan seorang pegawai negeri sipil yang berusia 24 tahun lebih muda darinya bernama Alfonso Diez Carabantes. Tetapi anak-anak sang Duchess tidak menginginkan ibunya untuk menikah lagi. Berdasarkan The Telegraph, ia berkata kepada Hola! Di tahun 2008, "Mereka tidak ingin saya menikah, tetapi mereka lebih sering berganti pasangan dibandingkan saya." Pernikahan keduanya bertahan hingga Duchess of Alba meninggal dunia di tahun 2014.


    12. Henry VIII mendirikan gereja baru agar ia dapat bercerai


    Henry VIII masih berada dalam ikatan pernikahan dengan istri pertamanya yaitu Catherine dari Aragon ketika ia jatuh cinta pada Anne Boleyn. Sebagai seorang penganut agama Katolik, sang raja tidak diperbolehjan untuk bercerai. Lalu, apa solusinya? Ia menjadi pimpinan tertinggi gereja Inggris atau Supreme Head of the Church of England, membubarkan biara-biara di negara itu, dan menikahi wanita yang sudah mengandung anaknya. Pada dasarnya, keinginannya untuk bercerai dan menikah kembali menyebabkan reformasi agama besar di Inggris.


    13. Pangeran Harry mengundang dua mantan kekasihnya ke acara pernikahannya


    Sebagai bukti bahwa ia masih menjalin hubungan yang baik dengan mantan kekasihnya, Pangeran Harry mengundang Cressida Bonas dan Chelsy Davy untuk ikut hadir ke acara pernikahannya dengan Meghan Markle di bulan Mei 2018. Sungguh luar biasa keduanya ternyata hadir dan menyaksikan pria eks kekasih mereka mengucapkan janji sucinya.


    14. BBC menolak untuk menyiarkan pernikahan Putri Eugenie...


    Ketika royal wedding biasanya disiarkan di saluran BBC di Britania Raya, pernikahan Putri Eugenie justru ditayangkan di saluran pesaingnya yakni ITV. Saat itu seorang sumber diduga mengatakan kepada Mail on Sunday bahwa BBC "menolak untuk menyiarkannya karena mereka menyangka pernikahannya tidak akan disaksikan banyak orang." Sumber tersebut kemudian melanjutkan, "Pihak istana merasa bahwa BBC melakukan kesalahan."


    15. … atau pernikahan Putri Beatrice


    Seperti halnya dengan pernikahan Putri Eugenie, BBC tidak menayangkan hari besar Putri Beatrice dan Edoardo Mapelli Mozzi. The Mirror melaporkan bahwa BBC tidak akan menyiarkan keseluruhan acaranya dan justru menawarkan liputan beritanya secara berkala sepanjang hari. Belum jelas apakah ITV akan mendapatkan hak tayang tersebut.


    16. Pasangan Pangeran Carl memicu kemarahan


    Pangeran Carl Philip dari Swedia menikah dengan Sofia Hellqvis yang sekarang dikenal sebagai Putri Sofia, Duchess of Värmland di tahun 2015. Namun berdasarkan Vanity Fair, tidak semua orang senang dengan Sofia, "seorang eks pelayan bertato yang pernah muncul di sebuah reality show bernama Paradise Hotel tentang para lajang yang masuk ke sebuah hotel mewah dan memberi mereka alkohol untuk bercinta." Pasangan tersebut telah dikaruniai dua orang anak yaitu Pangeran Alexander dan Pangeran Gabriel.


    17. Putri Eugenie dipaksa untuk menunda pernikahannya


    Putri Eugenie secara resmi mengumumkan pertunangannya dengan Jack Brooksbank di bulan Januari 2018 dan pernikahan mereka akan dilangsungkan tahun depan. Mengutip Vanity Fair, seorang sumber mengatakan, "Sepengetahuan saya, Eugenie dan Jack telah memutuskan beberapa waktu yang lalu bahwa mereka ingin menikah. Kemudian ada pembicaraan tentang sebuah pernikahan di tahun 2017 namun mereka harus menunggu Harry menikah terlebih dahulu." Pada dasarnya, Pangeran Harry mengungguli sepupunya, jadi pertunangannya dengan Meghan Markle diumumkan terlebih dahulu dan pernikahan keduanya dilaksanakan sebelum hari besar Putri Eugenie.


    18. Sayako, Putri Nori, kehilangan status bangsawannya


    Putri Nori dari Jepang meninggalkan famili monarkinya ketika ia menikah dengan orang biasa dan pengusaha bernama Yoshiki Kuroda di usianya yang ke-36. Menurut The Independent, "Putri tunggal Raja Akihito tersebut membawa laci dan meja dari Imperial Palace Tokyo dan uang negara sebesar 700.000 Pound Sterling untuk membantu kehidupan barunya." Sementara itu, The Telegraph memberitakan, "Satu alasan untuk pernikahan Putri Sayako, ia akan kehilangan status kebangsawanannya di bawah hukum Jepang dan menjadi orang biasa."



    19. Putri Charlotte menjulurkan lidahnya di pernikahan Pangeran Harry


    Meski bukan tindakan yang serius, Putri Charlotte terlihat nakal saat ia menjulurkan lidahnya di pernikahan Pangeran Harry dan Meghan Markle di bulan Mei 2018. Tetap saja, kami tidak bisa menahan diri untuk mengidolakan putri yang nakal.


    20. Savannah Phillips menginjak gaun Putri Eugenie


    Sebagai bagian dari sebuah pesta pernikahan, Savannah Phillips ikut berpose di foto pernikahan resmi Putri Eugenie dan Jack Brooksbank di bulan Oktober 2018. Tetapi si putri kecil tertangkap kamera menginjak gaun panjang sang mempelai perempuan dengan suatu ekspresi yang tampak di matanya. Nakal sekali!


    21. Mia Tindall meramaikan internet ketika ia menjadi pengiring pengantin


    Jelas ini bukanlah skandal dan justru lebih terlihat seperti misteri di royal wedding. Dunia internet dihebohkan saat melihat Mia Tindall memegang sesuatu di foto pernikahan Putri Eugenie. Kesimpulannya? Ia memegang sebuah inhaler. Case closed.


    22. Putri Diana terpukul saat melihat Camilla di pernikahannya


    Di hari pernikahan Putri Diana dengan Pangeran Charles pada 29 Juli 1981, ia mencari Camilla Parker Bowles. Mengutip Good Housekeeping, di tahun 1991 ia mengungkapkan kepada Andrew Morton, seorang penulis biografi, dengan berkata, "Saya tahu dia di sana, dan tentu saja saya mencarinya. Jadi saat saya berjalan di aisle, saya melihat Camilla yang mengenakan topi pillbox berwarna abu-abu pucat dan putranya, Tom, berdiri di kursi. Hingga sekarang ini menjadi memori yang nyata."


    23. Duchess Meghan hanya ditemani oleh satu orang keluarga di hari pernikahannya


    Meskipun pernikahan Meghan dan Pangeran Harry di kapel St. George Kastil Windsor dihadiri oleh 600 orang, hanya ada satu orang keluarga dari sang mempelai perempuan yakni Doria Ragland ibunya. Ia tetap terlihat memesona sepanjang hari. Doria adalah sosok yang dibutuhkan Meghan untuk berada di sampingnya.


    24. Grace van Cutsem dikenal sebagai "Grumpy Bridesmaid."


    Hari pernikahan Kate Middleton dan Pangeran William akan lebih terasa sempurna, terutama saat keduanya berciuman di atas balkom di depan banyak pasang mata. Namun tampaknya Grace van Cutsem yang menjadi gadis pembawa bunga tidak merasa terkesan dengan momen ini. Ia menutup telinganya dan wajahnya terlihat muram. Kejadian ini mungkin bukan merupakan sebuah skandal, hanya momen seorang gadis nakal yang tak terlupakan.


    25. Dutch Royal House tidak menyetujui pasangan pengantin Pangeran Friso dari Orange-Nassau


    Pangeran Friso dari Orange-Nassau menanggalkan mahkota kerajaannya di tahun 2004. Pernikahannya dengan Mabel Wisse Smit (yang seharusnya menjadi Putri Mabel dari Orange-Nassau) tidak mendapatkan restu karena pasangannya tersebut memilliki hubungan dengan "Klaas Bruinsma, gangster dan baron narkoba yang telah meninggal dunia secara gangland di tahun 1991," sebagaimana dikutip dari The New York Times. Pasangan tersebut masih tetap menjadi suami-istri hingga Pangeran Friso meninggal pada Agustus 1991.


    26. Tanggal pernikahan Duke dan Duchess of Cambridge yang mencurigakan


    Kemungkinan ada pasangan yang memilliki tanggal pernikahan yang sama dengan Kate Middleton dan Pangeran William sangat terbuka. Spectator Life menyebut bahwa keduanya menikah pada 29 April 2011, sementara Adolf Hitler dan Eva Braun juga menikah di tanggal yang sama tahun 1945.


    27. David Beckham salah menempatkan lambang OBE


    Ketika David Beckham menghadiri pernikahan Kate Middleton dan Pangeran William, ia terlihat "memasuki gereja dengan mengenakan lambang OBE miliknya di kerah yang kanan (di sebelah kanan)," sebagaimana disampaikan oleh Spectator Life. Berdasarkan media tersebut, "seseorang pasti mengingatkannya, karena ia meninggalkan gereja dengan lambang di sebelah kiri." Kesalahan yang sepele.


    28. Mantan suami Camilla menghadiri pernikahannya dengan Pangeran Charles


    Duchess Camilla masih menjalin hubungan yang dekat dengan eks suaminya yaitu Andrew Parker Bowles yang menjadi ayah dari kedua anaknya dan nyatanya Andrew hadir ke Service of Prayer and Dedication untuk merayakan pernikahan Camilla dengan Pangeran Charles pada 9 April 2005. Ia terlihat hadir di sana bersama putranya, Tom Parker Bowles.


    29. Ratu Elizabeth II membayar gaun pernikahannya dengan kupon


    Ratu Elizabeth terlihat sangat memesona di hari pernikahannya dengan Pangeran Philip pada 20 November 1947. Berdasarkan situs resmi keluarga kerajaan Inggris, "Putri Elizabeth harus menggunakan kupon jatah untuk membayar gaunnya akibat sistem jatah yang terjadi usai Perang Dunia kedua." Situs tersebut juga mencatat, "Ratusan orang di seluruh Britania Raya mengirim kupon jatah mereka untuk membantu sang Putri mendapatkan gaunnya, meskipun kupon-kupon tersebut harus dikembalikan karena ilegal untuk menggunakannya."


    30. George IV menikahi seorang penganut Katolik secara ilegal, lalu menikahi sepupunya


    Kehidupan George IV tampaknya penuh dengan skandal. Menurut BBC, ia "diam-diam dan secara ilegal menikah dengan seorang penganut Katolik yang kemudian ia tinggalkan untuk menikahi sepupunya, Caroline dari Brunswick." Pasangan ini tidak bertahan lama dan setelah melihat pengantin barunya, George IV dikabarkan berkata, "Saya tidak dalam kondisi yang baik; beri saya segelas brandy." Spectator Life mengabarkan bahwa Caroline memberikan apa yang terbaik darinya dan menyebut suami barunya, "tidak setampan potretnya."


    31. Pernikahan Anne dari Cleeves dengan Henry VIII bertahan sangat singkat


    Berdasarkan situs History, Henry VIII memilih istri keempatnya melalui lukisan. "Setelah bertemu langsung, sang raja kecewa akan penampilannya, pesonanya yang dinilai kurang, dan bau badan." Media tersebut menyampaikan bahwa pernikahannya kemudian dibatalkan, dan setelah hanya satu malam Henry diduga berkata, "Saya sebelumnya tidak menyukainya, tetapi sekarang lebih buruk lagi." Setidaknya, ia tidak dipenggal.


    32. Augusta dari Saxe-Gotha muntah di hari pernikahannya


    Augusta dari Saxe-Gotha tiba di Inggris saat berusia 17 tahun dan ia bertunangan dengan putra tertua Raja George II. Situs History menyampaikan bahwa di hari besarnya "pengantin yang ketakutan itu muntah di atas gaun dan rok ibu mertua barunya, Caroline dari Brandenburg-Ansbach." Inilah salah satu cara untuk menyikapi ibu mertua.


    33. Ratu Elizabeth II membawa seekor corgi saat berbulan madu


    Sebagaimana disampaikan di situs resmi keluarga kerajaan Inggris, Pangeran Philip dan Ratu Elizabeth II "pergi ke Hampshire dengan kereta dari stasiun Waterloo. Anjing corgi Putri Elizabeth yang dinamai Susan ikut bersama mereka." Berita yang menyenangkan ini bukan merupakan skandal, melainkan sebuah anekdot manis dari kisah bulan madu keduanya. Kami membayangkan bagaimana Philip berusaha untuk memberikan perhatian ekstra di vakansi romantisnya.


    34. Louis XVI tidak hadir di hari pernikahannya sendiri


    Ketika Louis XVI menikah dengan Marie Antoinette yang berusia 14 tahun, ia bahkan tidak melakukannya secara langsung. Berdasarkan History, pernikahannya "dilakukan secara langsung di tempat asal mempelai perempuannya yaitu Wina; kakanya, Ferdinand, berdiri di altar sebagai pengantin pria." Bukan sebuah hal yang lumrah. History juga menuliskan bahwa "istrinya membiarkan setitik besar tinta di atas surat penikahannya yang menutupi setengah tulisan namanya dan ini dilihat sebagai suatu pertanda yang buruk."


    35. Puyi, raja terakhir China, melarikan diri


    Puyi menikah dengan Empress Wanrong "pada tanggal 1 Desember 1922, tanggal dan waktunya telah dipilih oleh pakar astronomi kerajaan," demikian dikutip dari History. Situs ini juga mengutip beberapa sumber yang menyampaikan bahwa Puyi "sangat lelah dengan kemeriahan malam yang panjang dan terganggu oleh dekorasi merah yang menghiasi tempat tidurnya, panik, dan kemudian pergi melarikan diri." Mungkin ini bukanlah indikator terbaik dari kebahagiaan sebuah pernikahan. 




    (Penulis: Amy Mackelden; Artikel ini disadur dari Bazaar US; Alih bahasa: Erlissa Florencia; Foto: Courtesy of Bazaar US) 









- RELATED ARTICLE -