• 10 Negara Paling Aman di Dunia

    Culture / News


    10 Negara Paling Aman di Dunia

    Berdasarkan data Global Peace Index dan Travel Risk Map.


    Selain karena pesona destinasi, tingkat keamanan juga menjadi faktor yang memengaruhi seseorang untuk berpelesir. Global Peace Index setiap tahunnya merilis daftar negara paling aman di dunia yang ditentukan dari tiga domain yaitu Safety and Security (terkait dengan dampak terorisme dan tindak kekerasan), Ongoing Conflict, dan Militarization. Dari 163 negara yang ada, kami telah merangkum 10 urutan teratas dengan keamanan sangat tinggi yang dapat Anda jadikan opsi berlibur tahun 2020. 

    Mulai dari kawasan Nordik hingga Asia, 10 negara ini juga masuk di kategori Insignificant dan Low Travel Risk dari peta keamanan terbaru yang dirilis oleh Travel Risk Map. Berkaitan dengan hal medis, wilayah-wilayah berikut juga digolongkan dalam kategori Low Medical Risk yang artinya mereka memiliki layanan kesehatan mumpuni dan tersebar di seluruh daerah. 





    1. Islandia


    Negara Nordik berpenduduk sekitar 362 ribu orang ini telah menjadi pemuncak daftar negara teraman Global Peace Index sejak tahun 2011. Dengan tingkat kriminalitasnya yang rendah, hampir tidak ada polisi yang membawa senjata di sana. Warga Islandia juga menjunjung sikap toleransi dan kesetaraan gender.

    Posisinya sebagai negara paling aman di dunia juga didukung dengan data yang ditampilkan oleh Travel Risk Map. Islandia tercatat sebagai negara dengan kategori insignificant travel risk dan risiko masalah kesehatan yang rendah. Oleh karena itu, Anda tak perlu terlalu khawatir saat menikmati indahnya northern light di sana.


    2. Selandia Baru


    Kia Ora! Selandia Baru menduduki posisi nomor dua di daftar Global Peace Index 2019 secara keseluruhan dan nomor satu di wilayah Asia Pasifik. Sama halnya dengan Islandia, Selandia Baru juga merupakan salah satu negara di mana nyaris tidak ditemui polisi yang membawa senjata. Selain itu, penduduk negeri Kiwi ini dikenal ramah kepada para pendatang.


    3. Portugal


    Meskipun pencurian dan scam masih kerap menjadi ancaman bagi para turis yang melancong ke Portugal, salah satu negara tertua di benua Eropa ini justru berhasil naik satu peringkat dan tercatat berada di posisi ketiga. Kestabilan politik serta rendahnya ancaman terorisme, diskriminasi, pelecehan, dan bencana menjadi faktor lain yang menjadi pertimbangan bahwa Portugal layak dikategorikan sebagai negara yang aman secara garis besar.


    4. Austria


    Diapit oleh negara-negara Eropa dengan tingkat keamanan yang tergolong tinggi membuahkan keuntungan yang sama untuk Austria. Negara seluas 84 kilometer persegi ini secara umum juga aman untuk dikunjungi para solo traveler wanita. Berdasarkan data yang dihimpun oleh Women’s Danger Index, Austria cukup aman bagi wanita yang berjalan sendirian di malam hari, memiliki risiko kekerasan terhadap wanita yang rendah, dan tingkat kesenjangan antar gender yang kecil. Travel Risk Map juga memberi Austria label sebagai negara dengan risiko medis yang rendah. 


    5. Denmark


    Orang-orang Denmark dikenal dengan budaya Hygge yang memiliki arti menikmati hidup dengan menciptakan suasana nyaman, aman, dan harmonis. Inilah yang membuat Denmark menjadi salah satu negara paling bahagia di dunia serta menjadi faktor yang memungkinkan terciptanya negara yang relatif jauh dari bahaya serius. Selain itu, tingginya stabilitas politik dan tingkat kriminalitas yang cenderung rendah menjadikan Denmark negara yang aman untuk dikunjungi.


    6. Kanada


    Kanada jauh lebih aman dibandingkan dengan negara tetangganya yakni Amerika Serikat yang menempati ranking ke-128 di Global Peace Index 2019. Tingkat kriminalitas di negara yang multikultural ini semakin menurun sejak puncaknya di tahun 1980 dan Justin Trudeau selaku Perdana Menteri berjanji akan memperketat undang-undang penggunaan senapan api di masa jabatannya yang kedua. 



    7. Singapura


    Sudah bukan menjadi rahasia bahwa Singapura memiliki aturan yang sangat ketat dengan sanksi serius. Bahkan, Anda bisa saja didenda apabila tertangkap membawa atau mengunyah permen karet. Guna meningkatkan keamanan dan ketaatan hukum, kamera CCTV dipasang di setiap sudut kotanya. Kota Singa ini dinobatkan menjadi kota teraman nomor dua versi The Safe Cities Index 2019 dan naik satu peringkat ke posisi ketujuh Global Peace Index 2019.


    8. Slovenia


    Dalam waktu satu tahun, Slovenia berhasil naik tiga peringkat ke posisi kedelapan Global Peace Index 2019. Sebagaimana diterangkan di situs Overseas Security Advisory Council, Slovenia minim risiko ancaman terorisme (terutama di Ljubljana) dan minim terjadi kerusuhan warga sipil. Belum ada laporan tentang kerusuhan umat beragama di sana dan pelayanan polisi dinilai sangat baik. Jalur transportasinya juga dikembangakan dengan sungguh-sungguh sehingga aman untuk digunakan berkendara.


    9. Jepang


    Mengutip Medium, Jepang dikategorikan sebagai negara yang aman atas dasar beberapa faktor, di antaranya yaitu tingginya moralitas setiap individu, keberadaan aparat keamanan di setiap properti dan lokasi bisnis, dan rendahnya tingkat kriminalitas karena senjata tajam dan senjata api. Koban atau pos polisi dapat ditemukan di setiap jalan untuk membantu memberikan pelayanan sehingga Anda akan merasa lebih tenang. Ditambah lagi, The Safe Cities Index 2019 menempatkan Tokyo dan Osaka di peringkat satu dan ketiga kota paling aman di dunia.


    10. Republik Ceko


    Sayang sekali Ceko harus turun dari posisinya yang ketujuh di daftar Global Peace Index 2018. Namun setidaknya, negara yang memiliki banyak kastil ini masih berada di peringkat sepuluh teratas. Secara umum Ceko masih aman dan ramah bagi para pelancong, hanya saja diharapkan Anda tetap berhati-hati dengan barang-barang milik Anda di kawasan wisata populer.


    Lalu, bagaimana dengan Indonesia?


    Tanah air masih berada di kategori aman dengan menduduki peringkat ke 41 dari 163 negara dan nomor tujuh paling aman di kawasan Asia Pasifik. Masih adanya catatan kekerasan, demonstrasi, situasi politik yang kurang stabil, dan kemungkinan bahaya iklim membuat Indonesia ditandai sebagai negara dengan status keamanan medium oleh Travel Risk Map. 




    (Foto: Courtesy of Instagram/@arnarkristjans_photography, @purenewzealand, @visitportugal, @viennatouristboard, @denmarkdotdk, @explorecanada, @visit_singapore, @lensbible, @visitjapanjp, @cityofprague, @indtravel)



    Tags : travel







- RELATED ARTICLE -