• Inilah Ide Berbusana Agar Sukses Saat Interview Kerja

    Fashion / Tips


    Inilah Ide Berbusana Agar Sukses Saat Interview Kerja
    Courtesy of serezniy©123RF.com

    Ciptakan impresi pertama yang baik dan tak terlupakan saat melakukan wawancara kerja dengan busana yang stylish.


    Ketika akan pergi melakukan wawancara kerja tentu perasaan Anda sedikit campur aduk dan banyak hal yang harus dipersiapkan sejak sehari sebelumnya.

    Meski konten dari resume milik Anda adalah hal yang paling penting saat melakukan wawancara, busana yang Anda kenakan juga memiliki peran penting untuk meninggalkan impresi yang baik kepada calon atasan Anda.

    Namun seiring dengan berjalannya waktu, perubahan busana saat melakukan wawancara kerja pun turut berubah yang mana busana Anda saat melakukan wawancara tidak hanya harus rapi dan presentable. Tetapi juga sejalan dengan industri yang akan Anda masuki. 




    Setiap industri kerja memiliki ciri khas berpakaian yang berbeda-beda, jika Anda akan bekerja di sebuah perusahaan yang bergerak di bidang finansial tentu dibutuhkan busana formal konservatif layaknya setelan blazer dan celana atau rok. Berbeda dengan industri kreatif yang rata-rata membebaskan sang pekerja untuk mengenakan busana yang lebih kasual. 

    Namun bukan berarti Anda diperbolehkan mengenakan busana yang tampak asal saat melakukan wawancara di sebuah agensi industri kreatif, Anda tetap wajib mengenakan ansambel terbaik yang dapat mendukung impresi pertama Anda sebagai calon karyawan. Karena Anda tetap harus ingat, saat akan melakukan wawancara kerja tetap lebih baik tampil overdressed dibandingkan tampil terlalu kasual yang menyebabkan penampilan Anda terlihat terlalu 'plain' atau kurang memiliki karakter yang memorable di antara kandidat lainnya. 

    Berikut inspirasi berpakaian saat wawancara kerja yang dapat Anda aplikasikan dengan mudah sekaligus cukup memorable dan menonjolkan karakteristik diri Anda. 


      


    Blazer dress dengan strap sandals dapat menjadi kombinasi yang tepat jika Anda akan melakukan wawancara di perusahaan yang mengharuskan Anda mengenakan busana formal. 

    Jadikan seluruh ansambel Anda menggunakan item fashion monokrom, untuk pilihan tampilan yang 'aman' buat seluruh tampilan Anda menjadi serba putih, hitam, atau krem dari kepala hingga kaki.  Jika Anda akan bekerja di dunia kreatif seperti di architecture firm, interior design firm, atau galeri seni dan sejenisnya, injeksikan warna vibran atau pastel dari atas hingga kaki yang memberi sedikit kesan playful dan artistik.



    Untuk Anda yang akan bekerja di sebuah perusahaan yang bergerak di bidang finansial, mode, label desainer, atau publikasi gaya hidup, kenakan ansambel layering yang memiliki desain clean. 

    Desain clean akan membuat diri Anda tampak lebih berkarakter serta setelan vest dan celana panjang juga tak pernah gagal membuat tampilan tampak sophisticated meski terlihat minimal. Jika Anda ingin tampil lebih feminin, kenakan setelan dengan rok A-line yang berhenti di bagian lutut dan tambahkan sepasang stocking berwarna senada.

    Jika Anda penyuka sedikit sentuhan berani di ansambel, tak ada salahnya untuk mengenakan sepasang sepatu sneakers berwarna serba putih yang semakin mengelevasi gaya clean milik Anda. Jika Anda tetap ingin mengenakan sepatu yang formal, Anda bisa mengenakan sepasang sepatu dengan kitten heel atau pointed stiletto yang elegan.




    Apakah Anda akan bekerja di sebuah agensi industri kreatif atau start up company? Anda bisa mengenakan sesuatu yang memang terlihat sedikit kasual, namun tetap rapi, presentable, dan sophisticated. 

    Kenakan terusan maxi berlengan panjang dari bahan wol, jersey, atau katun. Pilih desain terusan yang membuat Anda tampak chic untuk kemudian Anda padankan dengan aksesori minimal seperti tas berbentuk boxy atau briefcase yang klasik. 


      


    Aplikasikan juga modifikasi gaya di antara aliran maskulin dan kasual untuk wawancara kerja, meski ansambel ini terlihat 'santai', Anda tetap akan tampak rapi dan sopan untuk mengenakannya saat wawancara kerja.

    Jika tak pede dengan celana bermaterial kulit, Anda bisa memilih material lain dengan siluet high waisted yang akan membuat Anda tampak jenjang. Padankan celana panjang tersebut dengan kemeja putih dan luaran blazer hitam yang chic


    Selain mengenakan busana dengan styling yang tepat, Anda juga perlu memerhatikan detail-detail lain untuk ansambel wawancara kerja Anda, yakni:

    1. Perhatikan kerapian busana Anda, pastikan busana yang Anda kenakan tidak memiliki noda dan dalam keadaan sudah disetrika.

    2. Hindari mengenakan parfum dengan wewangian yang terlalu mencolok, kenakan parfum dengan wangi yang lembut dan jangan semprotkan terlalu banyak.

    3. Jangan mengenakan perhiasan yang berlebih atau perhiasan yang akan mengganggu ruang gerak Anda. 

    4. Kenakan juga riasan wajah yang subtil serta tatanan rambut yang rapi dan bersih.

    5. Pilih sepatu yang meskipun memiliki heels tidak berpotensi membuat Anda merasa tidak nyaman dan sulit untuk berjalan.




    (Foto: Courtesy of Imaxtree.com & Szymon Brzoska/IMAXtree.com)









- RELATED ARTICLE -