• Apakah Puasa Karbohidrat Jadi Kunci Penurunan Berat Badan?

    Culture / News


    Apakah Puasa Karbohidrat Jadi Kunci Penurunan Berat Badan?

    Banyak diet rendah karbohidrat menjanjikan penurunan berat badan, namun dr. Sally Norton jelaskan bahwa itu tergantung tipe karbohidratnya.


    Kita tahu bahwa diet seimbang adalah kunci tubuh yang sehat, tetapi dengan rentetan penelitian demi penelitian baru, mungkin sulit mengetahui dengan pasti makanan mana yang paling sehat bagi kita.

    Salah satu kelompok makanan yang telah diberi reputasi buruk selama beberapa tahun terakhir adalah karbohidrat. Persepsi umum sekarang adalah bahwa semakin sedikit karbohidrat yang kita makan, semakin baik, dengan beberapa dari kita menghindari karbohidrat sama sekali. Tetapi apakah ini benar-benar pilihan yang sehat?

    Penurun berat badan dan konsultan kesehatan NHS, dr. Sally Norton, memberi tahu kami tentang karbohidrat:





    Haruskah kita melewatkan karbohidrat?

    Terus terang, tidak. Tentu saja, kita tahu bahwa karbohidrat bertabur tepung dan tepung tidak bagus untuk kita dan kita makan terlalu banyak dari mereka, jadi jika hanya sekadar memotong jelas merupakan hal yang baik. Tapi sama sekali menghilangkan karbohidrat?

    Karbohidrat dapat membantu kita merasa kenyang dan memberi kita banyak nutrisi sehat dan serat esensial - kita hanya perlu memastikan kita makan jenis yang tepat. Sayuran adalah sumber yang bagus, dan kelompok khusus lain yang semakin terabaikan adalah gandum.


    Karbohidrat dapat membantu kita merasa kenyang dan memberi kita banyak nutrisi sehat dan serat esensial.


    Sebuah studi dari British Journal of Nutrition menemukan bahwa 80 persen dari kita sama sekali tidak makan makanan yang mengandung gandum yang sehat - dan satu dari lima mungkin tidak makan sama sekali. Itu tidak selalu mengejutkan dengan begitu banyak orang yang menjelekkan karbohidrat, atau, ketika mereka menuruti keinginannya, memilih karbohidrat putih yang lebih populer dan bertepung.

     

    Kenapa kita harus makan gandum utuh

    Biji-bijian terdiri dari sekam yang tidak termakan, pelindung dan kernel yang memiliki tiga lapisan - dedak, kuman dan endosperma. Wholegrains mengandung ketiga bagian dari kernel - dan karenanya menjaga nutrisi maksimum.

    Memproses biji-bijian ini membuat karbohidrat olahan berarti menghilangkan bekatul dan kuman, yang mengandung sejumlah besar antioksidan, vitamin B, protein, mineral, lemak dan serat yang sehat, hanya menyisakan endosperma.

    Pemurnian berarti bahwa sekitar 25 persen protein hilang, bersama dengan setidaknya tujuh belas nutrisi utama. Dimungkinkan untuk menambahkan kembali beberapa vitamin dan mineral untuk memperkaya biji-bijian olahan ini. Tapi mengapa tidak berpegang teguh pada gandum utuh yang tidak tercemar dan sehat?

    Terlebih lagi, produk-produk yang terbuat dari karbohidrat putih olahan lebih cenderung mengandung kadar lemak dan gula yang lebih tinggi, tetapi karena mereka disuling, mereka tidak mengisi, artinya kita makan porsi yang lebih besar agar merasa kenyang.

    Yang tidak membantu upaya penurunan berat badan kita dan menjelaskan mengapa begitu banyak dari kita akan merasa kembung, atau lemas setelah makan semangkuk besar pasta atau nasi putih. Sebaliknya, gandum lebih tinggi seratnya - artinya kita akan merasa kenyang lebih lama, dengan jumlah lebih sedikit.



    "Produk yang dibuat dari karbohidrat putih olahan lebih cenderung mengandung kadar lemak dan gula yang lebih tinggi"


    Yang penting, meskipun, studi menghubungkan gandum ke semua jenis manfaat kesehatan, termasuk berat badan lebih rendah, BMI dan kadar kolesterol, serta pengurangan risiko penyakit seperti penyakit kardiovaskular, diabetes tipe 2 dan kanker tertentu juga.


    Berapa banyak karbohidrat yang harus kita makan?

    Minimum yang disarankan adalah 48g. Ini sama dengan:

    - 3 potong roti gandum

    - Semangkuk bubur dan sepotong roti gandum

    - Sebagian dari nasi gandum / pasta / quinoa atau biji-bijian lainnya

    Mengganti karbohidrat olahan dengan karbohidrat wholegrain adalah usaha yang bagus untuk memulai dan mencoba mencapai minimum 48g jika Anda bisa. Berhati-hatilah, beberapa produk mungkin tampak lebih sehat daripada yang sebenarnya.

    Misalnya, roti yang hanya diwarnai cokelat untuk membuatnya tampak lebih sehat, dan biji-bijian dan roti malt dibuat dari tepung putih dengan sedikit dedak ditambahkan setelahnya.




    (Penulis: Dr Sally Norton (MB CHB MD FRCS) ; Artikel ini disadur dari Bazaar US; Alih bahasa: Janice Mae; Foto: Courtesy of Bazaar US)










- RELATED ARTICLE -