• Kenali Istilah ‘Self Love’ dan 7 Kiat Mempraktikkannya

    Culture / Tips


    Kenali Istilah ‘Self Love’ dan 7 Kiat Mempraktikkannya

    Langkah awal untuk mencintai diri sendiri.


    Istilah ‘self love’ belakangan banyak terdengar. Baik melalui internet, maupun topik dari buku dan seminar bertema motivasi hidup. Tidak dapat menutup mata, saat ini depresi sangat mudah melanda. Entah karena kemajuan zaman yang bergerak terlalu cepat atau tuntutan pekerjaan, lingkungan dan komunitas.

    Menurut penelitian World Health Organization, lebih dari 30 juta penduduk dunia mengalami depresi atau sama dengan 4,4% dari populasi! Semakin hari jumlahnya terus meningkat, diikuti dengan gangguan mental. Hal ini juga sempat dikaitkan dengan keberadaan media sosial.

    Ada satu hal sederhana namun berdampak besar yang dapat dilakukan, self love, atau mencintai diri sendiri. Menurut ilmu psikologi, self love merupakan upaya terampuh untuk mencegah depresi dan gangguan mental lainnya.

    Sama sekali tidak egois apabila kita bicara untuk mencintai diri sendiri terlebih dahulu sebelum kita mencintai orang lain. Jika kita sendiri tidak dapat menghargai diri kita sendiri apa adanya, bagaimana kita dapat mencintai orang lain dengan benar?

    Bagi para pembaca Bazaar yang ingin mempraktikkan sejumlah metode self love, berikut 7 langkah awal tepat untuk melakukannya.


    1. Mulai menulis jurnal


    Menulis memberikan efek terapeutik. Fakta ini telah diteliti sejak lama oleh berbagai lembaga penelitian ternama. Menuangkan pikiran dan emosi melalui tulisan memberikan efek positif. Untuk itu, cobalah membuat jurnal mengenai keseharian Anda. Mulai dari yang sederhana terlebih dahulu, catat tiga poin yang membuat Anda bersyukur di hari itu.


    2. Traktir diri sendiri


    Jangan lupa untuk menyayangi diri sendiri. Salah satu caranya dapat dilakukan dengan mentraktir diri sendiri sesekali. Tidak perlu sesuatu yang mewah, cukup dengan sesuatu yang membawa senyum kecil dan rasa senang di hati. Wujudnya dapat berupa barang atau perawatan diri. Jangan menganggap hal tersebut sebagai pemborosan, karena sesekali memanjakan diri juga sangat diperlukan.


    3. Belajar katakan “tidak” terhadap orang lain.


    Jika selama ini Anda termasuk sebagai pribadi yang selalu berkata “iya” terhadap segala ajakan dan permintaan, sudah saatnya Anda berubah. Mulailah lebih mendengarkan kemauan diri sendiri. Apabila Anda harus menolak, lakukan tanpa ragu. Jangan sampai segala janji yang dibuat kepada orang lain malahan menjadi tekanan bagi diri sendiri. Anda yang paling tahu batas kemampuan diri.


    4. Traveling solo minimal setahun sekali.


    Berada di luar rutinitas, bertualang di tempat baru di antara komunitas baru menjadi hal yang paling menarik dari traveling. Anda tidak akan pernah tahu kejutan apa yang menanti. Dan, Anda bisa diperkaya dengan perspektif hidup yang lebih luas. Jangan menganggap remeh wujud self love yang satu ini, karena traveling merupakan salah satu cara untuk menghilangkan stres dan meredakan depresi yang paling ampuh!


    5. Sesekali beri kejutan kecil untuk dirimu sendiri.


    Mengapa tidak? Jika selama ini Anda telah menjadi pribadi yang loyal terhadap sesama, jangan sampai Anda merupakan diri sendiri. Anda adalah yang utama. Tidak ada salahnya untuk sesekali memberikan kejutan kecil kepada diri sendiri. Misalnya saja, saat hari raya tertentu. Berikan hadiah yang selama ini selalu didambakan. Bukan kepada siapa-siapa, melainkan kepada diri sendiri. Sweet surprise.


    6. Maafkan diri sendiri untuk setiap kesalahan


    Tidak ada manusia yang pernah luput dari kesalahan. Sekeras apapun kita berusaha, kesalahan pasti tetap menghampiri. Kesalahan pula yang membuat kita tidak pernah berhenti belajar dan lebih menghargai hidup. Jangan terlalu keras terhadap diri sendiri. Ekspektasi yang kadang tidak sengaja terlanggar, kembali menjadi pengingat untuk selalu menerima sekaligus memaafkan diri sendiri dan kembali bangkit.


    7. Istirahat


    Sebuah kata yang sederhana, namun tidak sesederhana itu bagi kebanyakan dari kita. Kesibukan serta aktivitas membuat kita sering lupa untuk beristirahat. Hal tersebut dapat memulihkan kita dari segala pikiran negatif dan beban emosional. Jika Anda sedang merasa depresi, cobalah istirahat sejenak dan habiskan waktu dengan diri sendiri. Dengarkan apa kata hati Anda, itulah wujud self love terbaik yang dapat dilakukan.




    (Foto: Courtesy of Nicoline Patricia Malina, Stylist Michael Pondaag, Busana Denny Wirawan & Fendi, Instagram @wengskyte, @reamingo, @sofia.joan.short, @alpenrose_flower, @therandomstories, @emotions_theraphy, @simplicityarchives)









- RELATED ARTICLE -