• 5 Manfaat Red Wine untuk Kesehatan

    Culture / Tips


    5 Manfaat Red Wine untuk Kesehatan

    Telah dikonfirmasi oleh para ahli.


    Anda mungkin tidak perlu alasan untuk meminum segelas anggur merah pada Jumat malam, tetapi jika Anda perlu, ada lima manfaat anggur merah untuk kesehatan yang telah diuji oleh para ahli.

    Wine merah mengandung antioksidan, terutama polifenol yang terdapat dalam anggur," kata Gabby Geerts, ahli diet dari Green Chef. "Polifenol telah terbukti meningkatkan fungsi untung jantung dan tekanan darah, sehingga mengurangi risiko penyakit kardiovaskular."

    Tetapi, untuk mendapatkan peningkatan kesehatan tersebut, Anda harus segeran berhenti meminumnya setelah lima gelas wine. Kalau tidak, Anda akan kehilangan manfaatnya dan akan meningkatkan risiko hungover di hari berikutnya, ujar Gabby.

    Jadi, ketika mengkonsumsinya, ingatlah bahwa hanya sedikit wine yang Anda butuhkan untuk mendapatkan manfaat besar ini.

    Mari simak fakta-fakta lain tentang manfaat anggur merah:


    1. Bisa mencegah gigi berlubang

    Dalam sebuah penelitian tahun 2014 yang diterbitkan dalam Journal of Agriculture and Food Chemistry, para peneliti menemukan bahwa anggur merah (bahkan yang tidak beralkohol) membunuh lebih banyak bakteri di rongga gigi daripada air yang diberikan alkohol.


    2. Bisa mengontrol alergi Anda

    Dalam ulasan baru-baru ini, hampir 80 studi yang diterbitkan dalam jurnal Diseases, para peneliti menyarankan bahwa flavonoid, antioksidan yang ditemukan dalam anggur merah, dapat mengurangi gejala alergi dan asma. Diperlukan lebih banyak penelitian untuk mengonfirmasi temuan ini, tetapi, ini menjanjikan.


    3. Bisa menunda timbulnya penyakit Alzheimer dan Parkinson

    Dalam sebuah studi dari 2017, para peneliti menambahkan wine-derived human gut metabolites atau zat yang terbentuk setelah tubuh Anda mencerna wine dan ditemukan di feces untuk memperburuk sel-sel neurologis. Kemudian, sesuatu yang tidak terduga terjadi yaitu metabolitnya mencegah sel-sel agar tidak mati.


    4. Bisa mengurangi risiko depresi Anda

    Meskipun banyak minum minuman keras sering dikaitkan dengan masalah kesehatan mental, menjaga asupan wine Anda antara dua dan tujuh gelas lima seminggu sebenarnya dapat mengurangi peluang Anda untuk menghindari risiko itu. Hal ini menurut sebuah studi tahun 2013 yang diterbitkan dalam jurnal BMC Medicine.


    5. Dapat membantu menjaga kadar gula darah Anda, jika Anda menderita Diabetes Tipe 2

    Dalam sebuah studi tahun 2015 yang diterbitkan dalam jurnal Annals of Internal Medicine, Ilmuwan membagi 224 pasien dengan Diabetes Tipe 2 menjadi tiga kelompok. Kelompok pertama diperintahkan untuk minum 5 ons anggur merah dengan makan malam setiap malam selama dua tahun.

    Yang kedua harus minum 5 ons anggur putih. Kelompok terakhir minum air mineral saja. Pada akhir penelitian, para peneliti menemukan bahwa peminum anggur memiliki kontrol gula darah yang lebih baik daripada mereka yang bergantung pada air mineral. Selain itu, kelompok anggur merah meningkatkan kadar kolesterol mereka.


    (Penulis: Ashley Oerman; Artikel ini disadur dari Bazaar UK; Alih bahasa: Danes Wara; Foto: Courtesy of Bazaar UK)








- RELATED ARTICLE -