• 5 Model Indonesia yang Berkarya di Kancah Internasional

    Fashion / News


    5 Model Indonesia yang Berkarya di Kancah Internasional

    Mulai dari perhelatan fashion week sampai kampanye desainer ternama dunia telah dijajaki oleh sederet model Indonesia.


    Memiliki karier yang cemerlang tentu menjadi dambaan setiap orang, apalagi jika kiprah yang telah dilakukan bisa sampai ke luar negeri. Di tahun 1990-an, supermodel Tracy Trinita menjadi salah satu model pertama Indonesia yang berhasil mendobrak pintu internasional.

    Berawal sejak dirinya mendapatkan posisi ke 7 di kompetisi Elite Model Look International tahun 1995, membuat dirinya berpeluang untuk menjadi model di beberapa rumah mode ternama, seperti Yves Saint Laurent, Jean Paul Gautier, dan Kenzo.



    Melihat kesuksesan yang diraih oleh Tracy Trinita, membuat sederet model Indonesia termotivasi untuk menggapai mimpi mereka.

    Meski tidak semudah yang diharapakan, namun lewat kerja keras, lima model Indonesia ini akhirnya berhasil mewujudkan mimpi mereka untuk go international. Siapakah saja mereka? 


    1. Fahrani Empel



    Memiliki postur tubuh yang tinggi membuat Fahrani dilirik industri fashion dunia. Mengawali karier sejak berusia 15 tahun dengan bergabung ke dalam agensi Elite Model Look di New York, Fahrani mulai menghiasi sejumlah iklan dan mengikuti beragam pencarian model, mulai gadis sampul sampai kompetisi Elite Model Look di tahun 1999.

    Di kompetisi tersebut, ia meraih posisi runner up, sedangkan untuk tingkat internasional Fahrani hanya menjadi semifinalis. Hal tersebut tidak mengurung niatnya untuk menjadi model internasional, merubah penampilan menjadi nyentrik membuat sederet rumah mode ternama seperti Marcelo Burlon, Manish arora, dan Adidas, menjadikan dirinya sebagai model ataupun wajah kampanye mereka.





    Bahkan gaya Fahrani pun menjadi inspirasi sejumlah desainer muda. Beragam fashion week ternama mulai dari Milan, Paris, New York, Hong Kong, Tokyo, dan Singapore, telah dijajakinya. Tak sampai disitu, kiprah Fahrani pun semakin mendunia kala wajahnya menghiasi sejumlah majalah fashion ternama di seluruh dunia.

    Model yang mengidolakan Tracy Trinita ini juga merambah ke industri perfilman di Indonesia, Amerika, dan Australia. Bahkan, ia pernah meraih piala Citra di Tahun 2008 sebagai pemeran aktris utama terbaik.







    2. Mariana Renata



    Mariana Renata atau yang juga dikenal Mariana Dante adalah supermodel sekaligus aktris blasteran Indonesia-Prancis. Mengawali karier di usia 13 tahun, Mariana sudah terpilih untuk menjadi model sampul majalah nasional dan bintang iklan sabun kecantikan.

    Kini, pemenang aktris pendukung terfavorit di MTV Indonesian Movie Awards 2005 ini mulai terlihat mengikuti sejumlah fashion week ternama di Paris, Amerika, dan Australia. Kecantikan seorang Mariana Renata membuat dirinya banyak dipilih oleh brand ternama untuk menjadi wajah kampanye mereka, mulai dari Timberland, Levi’s, Rebecca Minkoff, sampai produk kecantikan Becca dan Tresemmé pun menjadi klien dari Mariana.






    Bukan hanya itu, Mariana juga sempat membintangi video klip musisi dunia seperti, Rivermaya musisi asal filipina dan Josh Groban untuk lagu “She's Out of My Life” versi Asia. Sempat menetap di Australia dan Paris, namun sekarang ini dirinya di bawah naungan Wilhelmina Agency, dan menetap di New York untuk memfokuskan diri menjadi model khusus untuk komersil. 



    3. Nadya Hutagalung


    Model, presenter TV, dan aktivis lingkungan, Nadya Hutagalung, memulai kariernya saat berusia 12 tahun dengan membintangi sejumlah iklan di Jepang. Nama Nadya Hutagalung kemudian populer kala dirinya menjadi VJ MTV Asia di tahun 1995 dan VJ MTV USA.

    Bukan hanya sampai disitu, model berdarah Indonesia-Australia ini pun mulai merambah dengan menjadi cover sejumlah majalah ternama, salah satunya adalah majalah Harper’s Bazaar.









    Ragam prestasi telah diraih dirinya, mulai dari Top 20 Singapore most Influence di tahun 2009 dan Best TV Host. Ia pun sempat menjadi pembawa acara untuk Asia’s Next Top Model selama 2 season dan Wondernesia di salah satu stasiun televisi Amerika, TLC. Dari segi fashion Nadya juga menjajaki ragam pergelaran dengan menjadi model beberapa desainer terkenal.

    Terakhir Nadya lebih memokuskan diri menjadi aktivis lingkungan, ia pun terpilih sebagai UN Environment Goodwill Ambassador. Nadya juga meluncurkan buku Walk with Me yang bercerita tentang kehidupan karier-nya serta kepeduliannya mengenai alam. 







    4. Ayu Gani



    Memenangkan kontes Asia’s Next Top Model Cycle 3 membuat nama Ayu Gani melambung tinggi. Selain menjadi cover dari majalah Harper’s Bazaar Singapore, Gani juga berkesempatan untuk mengembangkan kemampuannya dengan bergabung bersama salah satu agensi model terkenal di London, Inggris, yaitu Storm Management.




    Merintis karier di luar negeri memang tidak mudah, namun Gani mampu membuktikannya lewat foto editorial fashion dirinya bersama dengan sejumlah majalah di Inggris. Bahkan, ia pun pernah menjadi cover untuk majalah C Magazine London dan Ellements Magazine New York, Amerika.

    Tak hanya itu, Gani pun kerap tampil di London Fashion Week dan beberapa pegelaran desainer eropa seperti Alexandra Moura. Memiliki wajah yang eksotis menjadikan Gani terpilih dibeberapa kampanye brand ternama seperti The Body Shop, Tresemmé, dan Christoper Raeburn X Disney.









    5. Laras Sekar



    Jarang terdengar namanya di Indonesia, Laras Sekar malah mengguncang dunia lewat kemunculan dirinya di Paris Fashion Week. Berawal dari foto polaroid yang diunggah oleh Laras di akun sosial medianya, membuat Ford Agency di Paris melirik dirinya. Seketika itu pun model yang berasal dari Banjarmasin ini mulai merambah ke ranah internasional.

    Mulai dari iklan L’oreal Paris, sampai panggung Paris Fashion Week pun telah dijajakinya. Saint Laurent, Y/ Project, Harry Halim, dan Litany adalah rumah mode yang menggunakan Laras sebagai modelnya. Bukan hanya di Paris, Laras pun juga melebarkan sayapnya di berbagai negara lain, seperti India, Amerika, dan Jerman dengan tampil di majalah fashion ternama di negara tersebut.

    Selain Ford, Laras juga masuk ke agensi model Storm yang merupakan agensi dari Behati Prinsloo, Sui He, dan Ayu Gani. 













    (Foto Courtesy of Instagram @ganegani, @larasekar, @nadyahutagalung, @favelamunk, @marianadantecnyc, @tracytrinita)








- RELATED ARTICLE -