• 13 Momen Paling Canggung di Ajang Penghargaan Piala Oscar

    Culture / News


    13 Momen Paling Canggung di Ajang Penghargaan Piala Oscar

    Ketika Jennifer Lawrence jatuh di panggung dan kesalahan John Travolta dalam penyebutan nama.


    Perhelatan Oscar 2019 sudah semakin dekat. Banyak peristiwa yang telah terjadi selama gelaran paling bergengsi di dunia perfilman tersebut dilangsungkan. Tak terkecuali di antaranya adalah momen-momen canggung dan memalukan yang tak hanya muncul satu atau dua kali.

    Melalui rangkuman 13 momen berikut, mari kita menyimak kembali hal-hal tak biasa apa saja yang pernah tercatat dalam sejarah Oscar. Mulai dari Jennifer Lawrence yang jatuh saat naik menuju panggung, pidato-pidato yang terdengar aneh, hingga tingkah unik selebriti selama di red carpet. Semua kejadian tersebut membuat ajang ini semakin menarik untuk dinantikan.


    1. Pidato emosional Gwyneth Paltrow pada tahun 1999






    Piala emas paling bergengsi di jagat perfilman ini akan membuat semua penerimanya merasa emosional. Salah satunya adalah Gwyneth Paltrow ketika ia memenangkan penghargaan sebagai aktris terbaik.

    Namun, ada satu hal yang membuatnya menjadi sorotan saat itu, yakni ketika ia menyampaikan pidato singkat kemenangannya sambil berurai air mata. Bintang film Shakespeare in Love tersebut berusaha untuk menyebutkan satu per satu nama anggota keluarganya, bahkan sampai dua kali.


    2.  Angelina Jolie dan saudaranya saat menghadiri acara Oscar tahun 2000



    Angelina Jolie tertangkap kamera saat memamerkan kemesraannya di red-carpet bersama kakaknya, James Haven. Bahkan, keduanya juga sempat berciuman. Ia kemudian memuji James di tengah pidatonya saat memenangkan penghargaan aktris pendukung terbaik untuk film Girl, Interrupted.

    "Saya terkejut, dan saya sangat mencintai saudara saya," begitu ucapnya. "Dia memeluk dan mengatakan bahwa dia mencintai saya. Saya tahu kalau dia sangat bahagia untuk saya."




    3. John Travolta kesulitan saat mengucapkan Idina Menzel di Oscar tahun 2014


    Siapakah Adele Dazeem? Itulah nama yang keluar dari bibir John Travolta saat ia memperkenalkan penyanyi di balik lagu Let It Go dari film Frozen. Padahal, ia seharusnya mengatakan Idina Menzel dan kedua nama itu terdengar jauh berbeda.


    4. Lagi-lagi John Travolta. Kali ini dengan Scarlett Johansson di red carpet Oscar 2015




    Aktor film Grease tersebut tiba-tiba memeluk dan memberikan ciuman pada Scarlett saat sang aktris tengah berpose di karpet merah.


    5. Jennifer Lawrence terjatuh di panggung perhelatan Oscar tahun 2013


    Jennifer Lawrence berhasil menang dalam kategori aktris terbaik lewat perannya sebagai Tiffany di film Silver Lining Playbook. Sayangnya, perayaan ini harus diwarnai dengan sebuah insiden saat ia berjalan menuju panggung dan terjatuh. Kendati demikian, ia masih tampil begitu anggun dalam balutan gaun Dior.


    6. Dan ia terjatuh lagi saat melangkah di karpet merah Oscar tahun 2014


    Aktris berambut pirang itu kembali jatuh untuk kedua kalinya secara berturut-turut. Kali ini, ia baru saja keluar dari mobil limousine-nya, berjalan sembari melambaikan tangannya sebelum kemudian jatuh.


    7.  Sacha Baron Cohen sebagai The Dictator menumpahkan abu ke Ryan Seacrest



    Sascha tampil di karpet merah perhelatan Oscar 2012 sebagai Jendral Aladeen, tokoh yang diperankannya dalam film The Dictator. Ia membawa sebuah guci emas dan mengatakan bahwa di dalamnya terdapat abu mantan pemimpin Korea Utara, Kim Jong-Il.

    Aktor tersebut menumpahkannya ke badan Ryan Seacrest dan mengotori pakaian sang pembawa acara saat mewawancarainya. Ryan nampak tak senang dengan lelucon ini.


    8. Anne Hathaway dan James Franco menjadi pembawa acara di tahun 2011


    Aksi keduanya saat itu sangat kacau hingga mereka menuai kritik dan dijadikan sebagai bahan pembicaraan di sosial media.


    9. Bjork 'bertelur' di atas red carpet Oscar 2001


    Penyanyi asal Islandia tersebut menarik perhatian saat ia hadir mengenakan baju angsanya. Sebagai pelengkap penampilannya, ia juga menjatuhkan telur ketika berjalan di atas karpet merah.


    10. Brad Pitt, Angelina Jolie, dan Jennifer Aniston berkumpul saat Oscar 2009


    Brad dan Jennifer mengakhiri hubungan mereka setelah lima tahun menikah. Berita menyebutkan bahwa hal tersebut disebabkan Brad menjalin hubungan asmara dengan Angelina Jolie, rekan aktrisnya di film Mr & Mrs Smith. Mengingat akan hal ini, mereka bertiga pasti merasa tidak nyaman saat harus berada di tempat dan waktu yang sama.

    Pada gelaran Oscar ke-81, Brad dan Angelina sama-sama hadir sebab nama mereka masuk ke dalam daftar nominasi. Jennifer saat itu menjadi presenter, berdiri di hadapan mantan suami dan istri barunya yang duduk berdampingan di barisan depan.


    11. Lagu 'We Saw Your Boobs' di Oscar tahun 2013


    Seth MacFarlene mendapatkan giliran sebagai pembawa acara Oscar ke-85 dan sayangnya hal ini tidak berlangsung memuaskan. Ia sempat membawakan sebuah lagu yang menyinggung tentang belahan dada para aktris yang pernah ia lihat di sejumlah film. Dalam video ini, Anda bisa melihat bagaimana Charlize Theron nampak tak nyaman saat menyaksikan aksi aktor asal Amerika tersebut.


    12. Kemunculan Yesus bersama Patricia Arquette di atas panggung Oscar 2015



    Aktris berdarah Amerika tersebut nampaknya mendapat berkat dengan kehadiran Yesus saat ia menyampaikan pidato kemenangannya usai meraih penghargaan sebagai aktris pendukung terbaik dari film Boyhood. Namun nyatanya, sosok yang menyerupai Yesus itu adalah Jared Leto.


    13. Dan tentu saja, peristiwa envelopegate di tahun 2017


    Peristiwa ini akan selalu tercatat dalam sejarah ajang penghargaan piala Oscar. Kesalahan terjadi saat Faye Dunaway dan Warren Beaty yang menjadi presenter saat itu menerima amplop yang salah untuk penghargaan Best Picture. Mereka mengumumkan La La Land sebagai pemenang film terbaik, sementara jawara sebenarnya adalah Moonlight.


    (Penulis: Anna Lewis; Artikel ini disadur dari Bazaar UK; Alih bahasa: Erlissa Florencia; Foto: Courtesy of Bazaar UK, www.oscars.org, IMDb)










- RELATED ARTICLE -