• Kutipan Film Titanic Ini Enggan Diucapkan Leonardo DiCaprio

    Culture / News


    Kutipan Film Titanic Ini Enggan Diucapkan Leonardo DiCaprio

    Kutipan ini langsung tercetus oleh James Cameron dan menjadi kata-kata paling ikonis dari film Titanic.


    Titanic dapat dikatakan sebagai salah satu film paling terkenal yang pernah dibintangi oleh Leonardo DiCaprio. Di balik itu, Anda perlu tahu bahwa ada satu kutipan yang sebenarnya enggan ia ucapkan. 

    James Cameron selaku sutradara baru-baru ini berbicara mengenai detail pembuatan film peraih Oscar tahun 1998 tersebut dalam wawancaranya bersama Radio 1. Ia kembali mengingat reaksi sang aktor saat diminta untuk meneriakkan kata-kata ikonis dari salah satu adegan Titanic, yaitu "I‘m king of the world!"

    Pria berusia 64 tahun tersebut mengatakan, "Kata-kata tersebut muncul begitu saja. Saat itu saya sedang berada di atas crane dan apa yang kami lakukan rasanya kurang bernyawa. Kami telah mencoba segala hal termasuk berbagai ujaran namun tidak ada satu pun yang benar-benar pas."




    Ia melanjutkan, "Saya bertaruh dan berkata padanya 'Baiklah, coba ucapkan ini, 'I’m the king of the world' sambil rentangkan tanganmu. Resapi dan nikmati kebahagiaan dari momen ini.'"

    Leonardo yang memerankan Jack Dawson kala itu nampak tak percaya. Ia menanggapinya dengan satu pertanyaan, "Apa?"

    James melanjutkan, "Saya mendengar Leonardo berkata demikian melalui walkie-talkie lalu mengatakannya kembali padanya, 'I’m the king of the world ' ucapkan saja seperti itu. Tapi kau harus bisa menjiwainya.' Dia tetap membalas dengan pertanyaan yang sama dan saya pun hanya berujar, 'Katakan saja dengan sungguh-sungguh!'"

    Leonardo saat itu dipenuhi keraguan, namun kata-kata yang ia teriakkan di atas haluan kapal ini sekarang menjadi sangat tenar di sepanjang sejarah budaya populer.

    Dan James pun sempat mengutipnya dalam pidato yang ia sampaikan ketika berhasil menyabet penghargaan sebagai sutradara terbaik di perhelatan piala Oscar tahun 1998.

    "Sekarang saya menyadari apa yang salah dengan pilihan kata saya saat itu," tutur James pada Vanity Fair. "Bukan karena makna yang terkandung di dalamnya atau karena saya mengutip dari film saya sendiri. Saya tidak menyadari kesalahannya saat itu. Meskipun Anda berhasil menang, ada kesan angkuh yang muncul dengan menganggap bahwa semua orang telah menyaksikan film Anda, atau mengganggap mereka semua memang penggemar filmnya."

    "Semua perkataan telah saya rangkai sedemikian rupa dengan sangat hati-hati. Namun kesalahannya ada pada saya yang bersikap sombong terhadap kemenangan yang saya raih dan mengatakannya lewat kutipan dari film saya sendiri," lanjutnya.


    (Penulis:  Danielle Fowler; Artikel ini disadur dari Bazaar UK; Alih bahasa: Erlissa Florencia; Foto: Courtesy of Bazaar UK)










- RELATED ARTICLE -