• Apakah Itu Sulam Alis?

    Beauty / Tips


    Apakah Itu Sulam Alis?

    Harus dibaca sebelum Anda membuat janji di salon.


    Perjalanan untuk mendapatkan alis yang lebih tebal tidak harus selalu dengan cara yang rumit. Dari pensil alis yang terpercaya hingga serum untuk menumbuhkan bulu alis, kami memiliki banyak pilihan agar alis Anda terlihat lebih tebal.

    Tetapi, jika Anda mencari pilihan yang lebih tahan lama, maka opsi sulam alis ini mungkin tidak cocok untuk Anda. Bersama ahli bedah kulit dr. Tiffany Jow dan CEO juga pendiri Shobha Salon, Shobha Tummala, kami mengumpulkan semua informasi yang perlu Anda ketahui tentang pekerjaan pewarnaan alis semi permanen.


    Apa Itu Sulam Alis?

    Sulam alis adalah proses pengaplikasian pewarna semi permanen untuk alis agar menambah, membentuk, dan menegaskan alis Anda. Terapi ini dapat dilakukan di salon, dengan dokter, dan bahkan dengan peralatan tertentu di rumah.

    “Proses ini akan memberikan penampilan alis yang lebih tebal dan lebih muda," ujar Shobha. "Kami tidak membuat alis menjadi lebih gelap tetapi, kami hanya akan mencocokkan warnanya dengan warna asli bulu alis Anda."


    Berapa Lama Prosesnya?

    Rata-rata, proses sulam alis hanya memakan waktu sekitar 15 menit. Pertama-tama, Anda harus konsultasi dengan seorang spesialis untuk membahas seberapa banyak dan apakah tampilan alis Anda akan terlihat natural.

    Kemudian, mereka akan menyiapkan peralatan dan tempatnya. Lalu mereka akan membersihkan alis Anda dan mengaplikasikan sedikit lapisan petroleum jelly di sekitarnya untuk mencegah pewarnaan kulit di area yang tidak dinginkan.

    Pewarna tersebut kemudian dicampur dan dioleskan dengan hati-hati, pertama ke arah rambut alis Anda, lalu lapisan kedua akan diaplikasikan ke arah yang berlawanan. Setelah itu, biarkan selama beberapa menit untuk mendapatkan warna yang optimal, kemudian bersihkan sisa-sisa pewarna yang tidak diinginkan dengan tisu basah.

    Anda tidak perlu panik apabila melihat pewarna pada kulit di bawah alis Anda. Tummala mengatakan bahwa itu akan hilang setelah satu atau dua hari kemudian. Jangan lupa membuat janji temu pertama dengan speliaslis Anda pada hari Jumat, sehingga Anda dapat memantau hasilnya selama akhir pekan.


    Untuk Siapa Perawatan Dianjurkan?

    Sulam alis cocok digunakan pada semua jenis kulit, warna kulit, dan warna rambut. Tetapi, jika Anda mencoba untuk mewarnai bulu alis yang berwarna abu-abu atau putih, prosesnya akan sedikit lebih rumit.

    "Pastikan Anda menemui spesialis yang tahu cara mewarnai alis dengan baik dan yang sering mempraktekkan," ujar Shobha. “Bulu alis berwarna abu-abu lebih susah untuk diwarnai dan cenderung stubborn, jadi Anda mungkin perlu lebih sabar dalam menghadapi prosesnya.”


    Berapa Lama Hasilnya Akan Terlihat?

    Anda tidak boleh membasahi alis yang sehabis di sulam selama 12 jam. Hanya bersihkan di sekitar area luar alis dengan gel atau pembersih berbahan dasar krim. "Alis Anda akan terlihat menonjol dan lebih tebal dalam beberapa saat" kata Shobha.

    "Anda dapat mengurangi beberapa produk alis yang biasa digunakan dalam rutinitas kecantikan Anda." Sulam alis ini berlangsung antara tiga sampai enam minggu. Untuk mempertahankan warnanya, Shobha menyarankan untuk mengunjungi spesialis alis Anda setiap empat hingga enam minggu untuk melakukan touchup. Ia juga menyarankan untuk menghindari pengelupasan atau penggunaan produk berbasis minyak di daerah alis karena akan menyebabkan pemudaran warna yang lebih cepat.

    Dr. Tiffany merekomendasikan untuk menghindari produk apa pun yang dapat membuat kulit alis yang tipis menjadi iritasi, seperti retinoid dan retinol. Selalu gunakan produk seperti Vaseline atau Aquaphor di daerah kulit tersebut sebagai perlindungan antara pewarna dan kulit Anda.



    Seberapa Amankah Pewarna Ini?

    Fakta yang harus Anda ketahui tentang pewarna alis adalah hal tersebut tidak disetujui oleh FDA. Menurut Dr. Tiffany, tidak ada standarisasi pada formulasi pewarna alis karena terdapat beragam pewarna yang digunakan di luar sana.

    Tentunya beberapa di antaranya mengandung bahan pengawet yang tidak baik. Hal tersebut bahkan ilegal di California untuk semua profesional atau pekerja di salon yang mempunyai sertifikasi untuk membawa langsung pewarna alis untuk klien.

    “Risiko utama dengan sulam alis adalah reaksi alergi dan infeksi, termasuk kulit di sekitar mata karena mereka lebih tipis dibandingkan dengan kulit di seluruh tubuh dan lebih rentan terhadap reaksi alergi dan iritasi, ”tambahnya.

    "Beberapa pewarna bulu mata dan alis mengandung bahan kimia yang menyebabkan reaksi alergi yaitu para-phenylenediamine (PPD). Ini dapat menyebabkan reaksi alergi yang parah dan bahkan luka pada alis." ujar dr. tiffany. Ia pun merekomendasikan untuk melakukan patch test untuk melihat apakah Anda alergi terhadap pewarna tersebut atau tidak sebelum berkomitmen untuk melakukan perawatan.

    Sama seperti perawatan kecantikan yang lain, selalu ingat untuk mencari tahu lebih tentang perawatan ini sebelum melakukannya. Tanyakan sekitar Anda untuk referensi, dan baca testimonial orang-orang sebelum membuat janji di tempat tersebut.

    (Penulis: Audrey Noble; Artikel ini disadur dari Bazaar US; Alih bahasa: Danes Wara; Foto: Courtesy of Bazaar US)


    Tags : sulam alis






- RELATED ARTICLE -