Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Usia Pasien Operasi Plastik di Inggris Semakin Muda?

Menurut seorang dokter dari Harley Street, 37 adalah umur rata-rata baru pasien bedah plastik wajah perdana.

Usia Pasien Operasi Plastik di Inggris Semakin Muda?

Tren ‘bedah sejak muda’ di kalangan milenial (mereka yang berumur dibawah 35 tahun) telah mencapai umur termuda di mana orang-orang melakukan bedah.

Menurut sebuah penelitian baru yang dilakukan seorang dokter bedah kosmetik wajah dari Harley Street, dr. Julian De Silva, usia rata-rata pasien bedah plastik perdana adalah 37 tahun untuk wanita, dan 43 untuk pria.

Dengan melihat 1,000 rekapan pasien di UK selama dua tahun terakhir, dr. Julian menyimpulkan bahwa penurunan usia rata-rata ditemukan pada pria dan wanita yang menjadi pasien bedah plastik wajah, dari 39 tahun untuk wanita dan 45 tahun untuk pria.



Sebelumnya, ia mengatakan bahwa budaya "Love Island” memberi pengaruh yang signifikan, dengan kontestannya di tahun 2018, Megan Barton Hanson sebagai contoh. Dr Julian memperkirakan prosedur yang dijalani Megan untuk “mengubah penampilan wajahnya seluruhnya” kurang lebih memakan biaya £40,000 (atau sekitar 723,000,000 rupiah). Bukan sesuatu yang mampu dibayar seorang berumur 24 tahun pada umumnya, walaupun (sayangnya) sangat ingin dilakukan.

Kemudian, ia tidak menyangkal adanya pengaruh dari media sosial yang membuat banyaknya milenial ingin melakukan prosedur bedah kosmetik. “Sudah dipastikan bahwa budaya Instagram memiliki efek pada beberapa pasien muda. Anda bisa melihatnya pada beberapa tren lain seperti pemutihan gigi,” katanya. “Filter foto memberikan perbaikan penampilan instan dan mungkin itulah yang menanamkan niat pada pikiran beberapa pasien.”

Penemuan terakhir dari BAAPS (British Association of Aesthetic Plastic Surgeons) menampilkan bahwa 28,315 prosedur bedah dilakukan setiap tahun pada wanita dan pria di UK, walaupun yang paling populer bukanlah bedah wajah.

Pembesaran payudara masih berada di urutan pertama untuk pilihan wanita (naik tujuh persen dari tahun sebelumnya), diikuti dengan bedah hidung (naik satu persen).

Jika Anda tertarik melakukan bedah kosmetik, berikut adalah beberapa poin kesehatan yang perlu diperhatikan sebelumnya.

(Penulis: Bridget March; Artikel ini disadur dari Bazaar UK; Alih bahasa: Bella Konstantin; Foto: Courtesy of Bazaar UK)