• 7 Film Dokumenter Terbaru yang Perlu Anda Saksikan

    Culture / News


    7 Film Dokumenter Terbaru yang Perlu Anda Saksikan

    Kisah-kisah nyata yang dapat mengundang kagum atau bahkan menakutkan.


    Film-film dokumenter biasanya mengangkat kisah nyata dari suatu peristiwa, baik sesuatu yang menyenangkan, mengagumkan, ataupun mengerikan. Berikut kami rangkum deretan film dokumenter yang layak Anda saksikan di tahun 2019.


    1. Conversations with a Killer: the Ted Bundy Tapes

    Conversations with a Killer: the Ted Bundy Tapes

    Ted Bundy dikenal sebagai salah satu pembunuh berantai terkejam di Amerika pada akhir abad ke-20. Ia bertanggung jawab atas lebih dari 30 tindak kriminal, termasuk kasus penculikan dan pemerkosaan. 30 tahun kemudian setelah ia dieksekusi mati, Netflix merilis empat serial dokumenter tentangnya dan mengungkap penuturan langsung dari pria berdarah dingin tersebut melalui rekaman suaranya.

    Film Conversations with a Killer: the Ted Bundy Tapes telah ditayangkan pada tanggal kematiannya yakni 24 Januari 2019, diikuti dengan film yang mengangkat sosok sama berjudul Extremely Wicked, Shockingly Evil and Vile di festival film Sundance dengan Zac Efron yang berperan sebagai Ted Bundy.




    2. Who Will Write Our History


    Selama ini kita menganggap bahwa sejarah adalah fakta. Nyatanya, sejarah lebih mengarah pada sebuah interpretasi dan tergantung pada siapa yang menafsirkannya.

    Sutradara film dokumenter, Roberta Grossman, menulis dan membuat film berjudul Who Will Write Our History yang akan mengajak kita kembali ke era holocaust Nazi. Film tersebut menceritakan tentang sebuah kelompok rahasia yang diketahui sebagai Oyneg Shabbes, terdiri dari jurnalis, cendekiawan, dan para pemimpin organisasi. Di bawah arahan sejarawan Emanuel Ringelblum, mereka melawan propaganda Nazi di tahun 1940-an, bukan dengan kekerasan dan senjata melainkan mereka mengusung fakta.



    3. Untouchable


    Untouchable yang akan dibahas kali ini bukanlah film dokumenter Harvey Weinstein yang juga akan tampil perdana di festival film Sundance 2019. Pada tahun 2016 lalu, David Feige juga membuat film dengan judul yang sama dan telah memenangkan berbagai penghargaan termasuk di Tribeca Film Festivals. Filmnya menelaah tentang pelecehan seksual dari sudut pandang korban, pelaku, dan hukum. Untouchable akan tayang di bioskop dengan footage terbaru pada musim dingin mendatang.



    4. Superpower Dogs


    Superpower Dogs mendapat pujian sebagai film dokumenter live-action dari Imax, mengangkat cerita tentang aksi mengagumkan sekaligus berbahaya dari regu penyelamat yang tak biasa. Yang menjadi pahlawan kali ini adalah anjing-anjing lucu dan terlatih dengan ketrampilan super bernama Reef, Tony, Tipper, Halo, Henry, dan Richocet. Anda sebaiknya tidak melewatkannya di bioskop pada tanggal 15 Maret mendatang.



    5. Our Planet


    Setelah membuat penontonnya kagum dalam rangkaian episode Planet Earth, David Attenborough akan kembali hadir untuk menarasikan film dokumenter alam yang berjudul Our Planet. Tayang di Netflix pada tanggal 5 April mendatang, film ini akan mengajak kita untuk memperdalam pengetahuan mengenai seluk beluk planet tempat kita tinggal termasuk beragam spesies yang mengisi ekosistemnya.



    6. Penguins


    Untuk menyambut hari bumi, Disneynature merilis dokumenter yang akan menyorot kehidupan penguin di benua Antartika. Di sini, seekor penguin Adelie bernama Steve akan menjadi bintang utamanya. Hewan lucu tersebut diceritakan tengah dalam perjalanannya untuk mencari pasangan hidup dan berkembang biak. Aksi-aksi penguin yang menggemaskan ini dapat Anda saksikan di bioskop pada tanggal 17 April.



    7. This One's for the Ladies


    Film kedua arahan sutradara Gene Graham ini mengusung tema kehidupan orang-orang keturunan Afrika-Amerika, melihat langsung pria-pria yang bekerja sebagai penari eksotis dan wanita-wanita yang menikmatinya. Tak hanya mengeksplorasi soal tarian sensual dari pria-pria berbadan kekar, film ini juga akan mengajak Anda untuk lebih memahami makna persahabatan, sehingga This One‘s for the Ladies layak masuk ke dalam daftar tontonan Anda pada musim semi mendatang.




    (Penulis: DeAnna Janes; Artikel ini disadur dari Bazaar US; Alih bahasa: Erlissa Florencia; Foto: Courtesy of Bazaar US)












- RELATED ARTICLE -