• Siapakah yang Bersalah Dalam Kontroversi Oscar 2017?

    Culture / News


    Siapakah yang Bersalah Dalam Kontroversi Oscar 2017?

    Apakah Warren Beaty? Atau Leonardo DiCaprio? Atau memang ini akal-akalan promosi?


    Hanya dua orang di dunia ini yang tahu daftar pemenang Oscar bahkan sebelum pestanya digelar. Dua orang tersebut adalah Martha Ruiz dan Brian Cullinan, yang bertanggung jawab untuk hasil voting pemenang Oscar, dari PricewaterhouseCoopers.

    Selama 83 tahun, firma akuntan tersebut telah menjadi bagian dari penghitungan dalam ajang Academy Awards, yang kini mengambil suara dari 6.000 anggota Academy of Motion Picture Arts & Sciences. Dan tidak pernah ada kesalahan, sampai Minggu malam lalu, di mana terjadi kesalahan penyebutan pemenang Best Picture

    Dan pada hari Senin pihak PwC akhirnya meminta maaf atas kesalahan tersebut.

    "Kami meminta maaf terhadap Moonlight, La La Land, Warren Beatty, Faye Dunaway, dan para penonton Oscar atas kesalahan yang kami perbuat pada malam penghargaan tersebut," ujar firma akuntan tersebut. 

    "Kedua presenter tersebut tak sengaja diberikan amplop berisikan nama pemenang untuk kategori yang lain, dan begitu kesalahan tersebut kami ketahui, tentunya langsung kami perbaiki. Saat ini kami tengah menyelidiki bagaimana kesalahan ini bisa terjadi, dan kami merasa menyesal atas terjadinya hal tersebut. Kami sangat menghargai bagaimana para peraih nominasi, pihak Academy, dan Jimmy Kimmel dalam mengatasi kesalahan tersebut," seperti pernyataan resmi dari pihak PwC.

    Seperti yang Warren sebutkan setelah kesalahan, "Saya membuka amplop dan tertulis 'Emma Stone, La La Land'. Oleh karena itu saya sempat terdiam sesaat, mengarahkan pandangan saya pada Faye dan penonton. Saya bukan sedang melucu saat itu."

    Akan tetapi masih belum jelas bagaimana kesalahan tersebut terjadi, yang patut disayangkan adalah produser La La Land tengah melakukan speech setelah akhirnya kesalahan tersebut disadari.

    Sementara itu, seperti yang dikutip oleh Fortune:

    Dari pengalaman bertahun-tahun PwC dalam menghitung hasil voting, mereka selalu membuat duplikat dari amplop yang berisikan nama pemenang. Hal ini bertujuan sebagai cadangan jika presenter menyebutkan nama yang salah. Martha dan Brian sendirilah yang berada di backstage dan menyerahkan amplop pada para presenter.

    Pihak PwC tetap berjanji untuk menganalisa lagi proses yang telah berjalan bertahun-tahun ini.

    Karena rupanya kesalahan terjadi karena Warren Beaty membaca amplop cadangan untuk Best Actress, yang memang bertuliskan nama Emma Stone dan La La Land. Kesalahan inilah yang akan diinvestigasi lebih lanjut.

    Sementara itu pihak Academy masih belum mengeluarkan pernyataan resmi mengenai kesalahan ini.

    Sebelumnya publik juga sempat melemparkan dugaan bahwa kesalahan mungkin terjadi akibat kelalaian Leonardo DiCaprio. Karena ialah orang yang terakhir memegang amplop kategori Actress in a Leading Role yang ia bacakan. Namun usai konferensi pers, Emma Stone sebagai peraih Piala Oscar untuk kategori tersebut, menjelaskan bahwa amplop Actress in a Leading Role selalu ia pegang setelah Leonardo menyerahkan kepadanya di belakang panggung.

     

    (Alih bahasa: Daniar Cikita. Foto: Getty Images)







- RELATED ARTICLE -