Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

10 Film Dokumenter Fashion Terbaik

Sepuluh film untuk Anda yang mencintai fashion.

10 Film Dokumenter Fashion Terbaik

Dari desainer hingga ikon fashion, inilah deretan film tentang fashion yang harus Anda tonton.

1. Dior and I


Film ini menunjukan bagaimana ketika Raf Simons menduduki posisi paling penting, sebagai creative director untuk Dior. Dior and I menampilkan delapan minggu pertama Raf ketika ia sibuk mempersiapkan debut couture collection dengan segala problematikanya.

2. Madamemoiselle C


Film yang disutradarai oleh Fabien Constant ini bercerita tentang perjalanan Carine Roitfeld setelah keluar dari Vogue Paris, dan mempersiapkan peluncuran fashion book miliknya, CR Fashion Book.

3. Dianne Vreeland: The Eye Has To Travel


Merupakan hasil dari gagasan Lisa Immordiano Vreeland, istri dari cucu Dianne Vreeland, film dokumenter ini mengupas betapa besarnya pengaruh seorang Dianne Vreeland serta bagaimana konflik personal dalam dirinya selama ini.

4. Iris


Wanita berusia 94 tahun yang masih menjadi ikon mode New York ini terkenal akan gayanya yang bold dan eklektik, plus kacamata yang menjadi ciri khasnya. Iris akan membawa penonton mengunjungi kediaman Iris Apfel, lemari pakaiannya, dan bagaimana ia melakukan shopping.

5. Lagerfeld Confidential


Untuk Anda yang merupakan penggemar sosok paling berpengaruh dan populer, Karl Lagerfeld, maka Lagerfeld Confidential ini adalah film wajib tonton. Dalam film dokumenter ini Anda bisa menyaksikan bagaimana Karl membagi fokus dan komitmennya untuk Chanel, Fendi, dan label pribadinya.

6. Inside Dior


Film dokumenter terbaru tentang rumah mode Dior ini menampilkan evolusi Dior dari pertama kali berdiri hingga saat ini. Melalui film ini Anda bisa menyaksikan seperti apa sosok Christian Dior dan bagaimana ia mengukuhkan rumah mode Dior menjadi salah satu brand luks terbesar di dunia. Selain itu Inside Dior juga memperlihatkan Dior di bawah kendali berbagai creative director dari mulai Yves Saint Laurent, John Galliano, serta yang terbaru Raf Simons.

7. Valentino: The Last Emperor


Saat menyaksikan film ini Anda akan memasuki dunia Valentino, sang couturier dari Italia. Film ini juga berfokus menunjukan bagaimana hubungan Valentino dengan rekan kerjanya Giancarlo Giammetti, serta bagaimana Valentino mengucapkan selamat tinggal pada rumah modenya setelah memimpinnya selama empat dekade.

8. The First Monday in May


Siapapun yang bekerja untuk dunia mode tahu bahwa hari Senin pertama dalam Bulan Mei adalah pesta fashion terbesar. Met Gala dihadiri oleh selebriti, fashion icon, desainer, model, serta sosok-sosok berpengaruh lainnya dalam dunia fashion. The First Monday in May menunjukan persiapan perhelatan Met Gala yang melibatkan banyak pihak, terutama Anna Wintour dan pihak Metropolitan Museum of Art's Costume Institute.

9. L'Amour Fou


Dalam L'AMour Fou, Pierre Berge selaku long-time partner dari Yves Saint Laurent, bercerita tentang sisi kreatif sekaligus isu depresi dan kecanduan alkohol yang diderita oleh sang desainer.

10. The September Issue


Membongkar kesibukan di balik edisi September miliki Vogue Amerika, sekaligus menampilkan dinamika antara editor in chief, Anna Wintour dan creative director Grace Coddington.


(Alih bahasa: Daniar Cikita. Foto: Dok. Bazaar)