• Mural Karya Seniman Tanah Air Menghiasi RPTRA Kalijodo

    Culture / News


    Mural Karya Seniman Tanah Air Menghiasi RPTRA Kalijodo

    Wajah baru Kalijodo berhiaskan warna-warni mural yang mengisahkan perjalanan sejarahnya dari dulu hingga sekarang.


    Kalijodo kini tampil dengan wajah baru, membenahi diri untuk menjadi ruang terbuka yang lebih baik lagi bagi masyarakat sekitarnya.

    Dulu, Kalijodo lekat dengan label negatif, namun bangkit menjadi Ruang Publik Terbuka Ramah Anak (RPTRA) yang berfokus pada area hijau dan lokasi bermain bagi anak-anak.

    Baru-baru ini, RPTRA Kalijodo pun menjadi wadah bagi insan kreatif untuk merealisasikan ide-ide briliannya guna menyempurnakan cita-cita Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama yang baru saja meresmikan RPTRA Kalijodo sore tadi.




    Harper's BAZAAR Indonesia berkesempatan menghadiri acara peresmian RPTRA Kalijodo sekaligus berkeliling area publik yang berlokasi di Jalan Pangeran Tubagus Angke, No.19, Tambora, Penjaringan, Jakarta Barat tersebut.

     

    Saat berjalan memasuki area tengah RPTRA Kalijodo, Anda akan disambut sebuah dinding megah tepatnya di sisi barat rumah pompa Kalijodo yang dihiasi mural.

    Karya mural ini merupakan karya dari sebelas seniman yang sudah tidak asing bagi para pencinta seni, seperti Ryan "Popo" Riyadi, Darbotz, Marishka Soekarna, Tuyuloveme, Bujangan Urban, Tutugraff, Stereoflow, Older Plus, Wormo, Smokie, Sera Gigin.

    Hadirnya mural ini juga merupakan hasil dari gagasan para penggiat seni yang tergabung dalam ArtSip Jakarta, diantaranya Winda Malika Siregar, Hanafi Muhammad, Yori Antar Awal, Esti Nurjadin, Mia Maria, Renold Liem, Tazran Tanmizi, Sardjono Hadijojo, dan Amir Sidharta.

     

    Bukan tanpa alasan mural karya seniman lokal ini menghiasi dinding seluas 24 meter tersebut. Sebuah kisah sejarah dari perjalanan panjang Kalijodo dulu hingga sekarang menjadi kisah menarik yang disuguhkan oleh para kreatornya lewat kemasan seni yang memukau.


     

     

     

    Respon positif pun dilontarkan para pengunjung sore tadi. Tak sedikit pula yang mengabadikan keindahan RPTRA Kalijodo terutama area dinding berhiaskan mural tersebut.

    Jika belum menyusun agenda akhir pekan mendatang, RPTRA Kalijodo bisa jadi opsi menarik untuk destinasi bersama keluarga. Tertarik mengunjunginya?

     

    (Foto: dok. Bazaar)










- RELATED ARTICLE -