• Kiat Menjaga Kesehatan di Tempat Kerja

    Culture / Tips


    Kiat Menjaga Kesehatan di Tempat Kerja

    Tempat kerja Anda mungkin tidak terbebas dari wabah penyakit, namun ada beberapa cara untuk mencegahnya


    Lebih banyak orang yang mengambil jatah cuti di bulan Februari dibanding waktu lainnya dalam setahun. Cuaca mendung, kerjaan yang menumpuk, dan wabah flu yang menjangkit semua penghuni kantor. Jadi, adakah cara untuk meminimalisir kemungkinan tertular flu yang diidap oleh hampir semua kerabat kantor Anda? 

    Tempat kerja -dimana Anda menghabiskan sebagian besar waktu dalam sehari- merupakan sasaran empuk bagi bakteri. Terlebih belakangan ini, ketika penyakit batuk dan influenza tak dapat dihindari. Hanya sedikit yang peduli akan kebersihan kantor, namun ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kesehatan di tempat kerja.


    Bersihkan Keyboard Secara Berkala

    Terkenal sebagai penghasil kotoran yang cukup besar, keyboard menarik lebih dari 3.295 bakteri per meter persegi. Hindari hal ini dengan menyeka dan membersihkan peranti elektronik tersebut secara seminggu sekali.


    Atur dan Bersihkan Meja

    Rata-rata sebuah meja dapat mengakomodasi bakteri 400 kali lebih banyak dari dudukan toilet. Jadi, kecuali Anda mau menjadi wabah berjalan di tempat kerja, bersihkanlah meja setiap dua minggu sekali dengan tissue basah anti bakteri atau cairan yang mengandung cuka. 


    Simpan Satu Kemasan Berocca Dalam Laci Meja

    Merasa tidak enak badan? Jangan menunggu hingga flu datang menghampiri, lindungi diri Anda dengan minum Berocca dan menggunakan balsam Vick's.


    Cari Cara Untuk Berolahraga Kecil di Tempat Kerja

    Manusia membutuhkan rata-rata satu jam olahraga untuk menjaga keseharan, namun jika Anda terikat pada meja sepanjang hari, ini mungkin akan menjadi sesuatu yang sulit. Siasati cara itu dengan turun di satu stasiun lebih awal supaya Anda dapat berjalan lebih jauh atau berjalanlah untuk berdiskusi dengan kolega daripada mengirim email.


    Minumlah Air Putih Yang Banyak

    Mungkin terdengar sepele, namun menjaga kadar hidrasi di tempat kerja merupakan hal yang penting. Diperkirakan, pekerja pada umumnya hanya mampu beroperasi pada kadar 65% dari potensi penuh jika mereka tidak terhidrasi sebagaimana mestinya. 


    Jauhi Microwave

    Bakteri butuh temperatur hangat untuk bertahan hidup. Bisakah Anda bayangkan bagaimana microwave dapat menjadi area berkembang biak untuk kuman?


    Sembunyikan Kudapan

    Godaan untuk mengisi perut dengan persediaan kudapan yang diletakan di meja kantor adalah sesuatu yang sangat sulit dihindari, namun hal tersebut mempunyai efek negatif yang besar bagi tubuh Anda. Kudapan sehat dapat menjadi opsi untuk Anda yang gemar mengemil. Mereka pun tidak selamanya membosankan -entah keju atau dark chocolate, semuanya masih tergolong dalam kategori makanan sehat. Kacang juga dapat menjadi pengganti yang tepat.


    Jangan Abaikan Mouse

    Tangan Anda terletak pada mouse untuk kurang lebih delapan jam per hari. Jadi pastikan Anda membersihkan mouse sekurang-kurangnya seminggu sekali. 


    Luangkan Waktu Untuk Rehat Makan Siang

    Memang rasanya lebih mudah untuk menyantap makan siang di meja, namun pastikan Anda keluar ruangan untuk menghirup udara segar dan secercah vitamin D. Berjalanlah dan segarkan kembali diri Anda, ini merupakan hal yang baik untuk kesehatan mental dan fisik Anda. 


    Artikel ini disadur dari www.harpersbazaar.co.uk

    Alih bahasa: Arinta Wirasto

    Foto: Getty Images


    Tags :






- RELATED ARTICLE -