• Etika Resign dari Pekerjaan Anda

    Culture / News


    Etika Resign dari Pekerjaan Anda

    Bagaimana cara mengundurkan diri dengan anggun dan meninggalkan kesan positif


    Ketika Anda bekerja untuk sebuah organisasi atau perusahaan, tentunya pada suatu titik Anda akan menghadapi tantangan untuk mengundurkan diri. Pahamilah bahwa pengunduran diri merupakan salah satu langkah untuk melanjutkan hidup, dan ada trik untuk melakukannya dengan elok dan meninggalkan memori positif tentang diri Anda.

    1. Don't linger

    Perilaku Anda yang selalu beredar di sekitaran kantor atau di antara kolega Anda akan membuat orang lain termasuk Anda bingung, ditambah ini akan menghambat Anda fokus pada kesempatan lain di luar sana.

    Tentunya Anda memang harus menyelesaikan urusan-urusan Anda di kantor lama, tapi lakukan dengan produktif. Jangan biarkan Anda membuang-buang waktu dengan mengobrol dengan kolega di ruang kerja lama Anda.

    2. Samakan cerita

    Diskusikan dengan atasan atau decision-makers di kantor Anda tentang apa yang akan Anda dan mereka katakan tentang kepergian Anda. Satukan cerita yang akan kalian sampaikan dan konsisten dengan cerita tersebut.

    Memang gosip dan isu konspirasi selalu seksi untuk dibicarakan di antara kolega-kolega Anda, namun akan lebih baik jika Anda konsisten pada satu alasan tentang pengunduran diri Anda. Cara ini juga akan menghemat banyak tenaga ketika kolega Anda mulai sibuk bertanya-tanya.

    3. Be gracious

    Berbicara buruk tentang atasan atau perusahaan tempat Anda bekerja tidak akan bermanfaat bagi siapapun. Justru itu akan menghambat Anda untuk fokus menghadapi hal-hal di masa depan, dan membuat teman-teman serta atasan Anda tidak nyaman.

    Ingatlah bahwa di kemudian hari bukan tidak mungkin Anda membutuhkan surat rekomendasi dari mantan atasan Anda, atau mungkin Anda ingin bekerja kembali di tempat yang lama, atau malah menjadi klien bagi perusahaan lama Anda. Maka lebih baik untuk meninggalkan posisi lama Anda dengan cara yang baik.

    4. Rencanakan pesta perpisahaan sesuai kemauan Anda

    Andalah orang yang akan pergi, maka jika Anda merencanakan makan malam, acara minum-minum, atau pesta perpisahan, undanglah orang-orang yang memang Anda inginkan untuk berada di sana. Take your leave in the way you choose, not in the way others expect.

    5 Don't look back

    Jangan terlalu lama berkubang dalam masa-masa perpisahan. Ingatlah pelajaran positifnya dan move on!

     

    (Alih bahasa: Daniar Cikita. Foto: Courtesy of Bad Robot Productions)








- RELATED ARTICLE -