• 5 Resep DIY Masker

    Beauty / Tips


    5 Resep DIY Masker

    Resep masker menggunakan bahan organik di dapur Anda.


    Bersyukurlah jika Anda termasuk kategori wanita yang tidak pernah mengalami masalah kulit. Tanpa jerawat, noda hitam, kulit berminyak, bekas jerawat, atau garis-garis halus pada wajah. Dan seluruhnya Anda peroleh tanpa mengeluarkan biaya atau usaha ekstra.

    Namun faktanya, hampir sebagian besar wanita harus menghadapi permasalahan kulit. Sebagai respons, wanita rela mengeluarkan biaya untuk perawatan kulit dengan bantuan dokter atau produk skincare.




    Ada baiknya, bila usaha perbaikan terhadap eksterior kulit tidak hanya menggunakan dermatologi saja, namun sesekali diselingi oleh penggunaan bahan-bahan alami. Dalam hal ini, yang kami maksudkan adalah material raw atau asli, bukan produk olahan dengan kandungan organik. Selain untuk menghemat biaya, khasiatnya pun terbukti tidak kalah manjur dibandingkan produk natural dalam kemasan.

    Berikut adalah resep masker organik yang dapat Anda kerjakan sendiri di rumah menggunakan bahan-bumbu dapur atau bahan-bahan alami yang ada di dalam kulkas:

    Masker Gandum

     

     

    Selain berfungsi untuk menurunkan tekanan dan gula di darah, kandungan protein tinggi pada oatmeal memiliki khasiat untuk menyerap minyak dan meredakan inflamasi pada kulit yang merupakan dua pemicu utama jerawat.

    1 sdm oatmeal

    1 sdm greek yogurt

    1 sdt perasan lemon

    1 sdt madu murni

    Cara penggunaan:

    Terlebih dahulu haluskan oatmeal kering dengan menggunakan blender. Tambahkan yogurt (greek yogurt dapat diganti dengan yogurt polos tanpa rasa), aduk rata. Tambahkan perasan lemon, madu, dan aduk seluruh bahan hingga menyatu. Aplikasikan pada wajah dan leher dengan menggunakan kuas atau jari.

    Diamkan selama 10 – 15 menit hingga setengah kering, lalu gosok kulit wajah secara perlahan dengan gerakan melingkar. Gerakan peeling akan mengangkat serta lapisan kulit mati pada wajah. Cuci wajah dengan air hangat terlebih dahulu, lalu bilas dengan air mineral dingin, dan keringkan dengan handuk. Gunakan masker satu minggu sekali.

     

    Masker Telur

     

     

    Kandungan albumin dan protein yang tinggi pada putih telur berfungsi untuk mencerahkan wajah. Berkat tekstur yang lengket dan kencang, putih telur juga berkhasiat mengecilkan pori-pori besar pada kulit.

    1 putih telur ayam

    1 sdm wine merah/putih

    1 sdm susu putih cair

    1 sdt perasan lemon

    Cara penggunaan:

    Pisahkan putih telur dan kuning telur mentah. Tambahkan dengan wine merah/putih, susu, air lemon, untuk menghilangkan bau amis pada telur, dan aduk rata. Oleskan pada kulit wajah dan leher secara merata dengan jari atau kuas. Diamkan selama 15-20 menit hingga kering.

    Bilas dengan air hangat dan dingin. Simpan sisa adonan masker dalam toples atau botol kaca bening dan masukkan dalam kulkas. Aplikasikan setiap malam setelah membersihkan muka. Dan lanjutkan dengan penggunaan skincare malam hari Anda untuk mencapai hasil maksimal.

     

    Masker Alpukat

     

     


    Tidak hanya baik untuk dikonsumsi secara langsung, kandungan folic acid, potasium, dan serat tinggi pada alpukat, menjadi sumber vitamin terbaik yang dibutuhkan oleh kulit dan rambut.

    ¼ alpukat

    1 putih telur ayam

    1 sdt yogurt polos

    Cara penggunaan:

    Pilih alpukat dengan tekstur lembut dan berlemak. Haluskan dengan sendok makan. Kemudian tambahkan putih telur dengan suhu ruangan yang sudah dipisah dari kuningnya. Aduk hingga rata. Tambahkan yogurt polos, dan ratakan. Aplikasikan pada wajah dan leher.

    Diamkan selama 15 menit, kemudian bilas dengan air hangat. Keringkan wajah secara perlahan (tepuk handuk secara lembut ke wajah). Dan lanjutkan dengan rangkaian skincare malam untuk mengunci mineral natural yang berasal dari alpukat. Gunakan 1-2 kali dalam seminggu.

     

    Masker Cuka Apel

     

    Kandungan asam alpha hydroxyl dalam cuka apel berkhasiat untuk mengecilkan pori kulit, meredakan peradangan kulit, sekaligus mengembalikan pH yang dibutuhkan oleh kulit wajah. Sedangkan khasiat antioxidant pada green tea, berfungsi memperbaiki kerusakan pada kulit akibat radiasi sinar UV dan memperlambat proses penuaan kulit. Maka kombinasi dari keduanya berfungsi untuk mengurangi produksi minyak di bawah kulit penyebab jerawat.

    1 sdt cuka apel

    2 sdt daun teh (atau bisa diganti teh celup)

    1 sdt madu

    1 sdt perasan air lemon

    Cara penggunaan:

    Rebus daun teh dengan air panas, dan ambil airnya. Tambahkan cuka apel, madu, dan lemon. Aduk. Dengan menggunakan kapas, usapkan pada seluruh permukaan wajah terutama di bagian kulit berjerawat. Diamkan selama 10-15 menit dan bilas dengan air suhu normal. Aplikasikan setiap hari, pagi atau malam hari setelah membersihkan wajah.

     

    Masker Kunyit + Cinnamon

     

     

    Kandungan antioksidan, anti bakteri, dan anti-inflamatory, menjadikan kunyit dan kayu manis berkhasiat untuk menyembuhkan luka bekas jerawat sekaligus mengontrol produksi minyak di bawah kulit.

    1 sdt bubuk kunyit kuning

    1 sdt bubuk kayu manis

    1 sdt madu

    1 sdt perasan lemon

    1-2 sdt susu putih cair

    Cara penggunaan:

    Campur dan aduk rata semua bahan hingga tekstur mengental seperti saus pasta. Oleskan pada wajah dan leher dengan menggunakan kuas. Bilas dengan air hangat setelah 10 menit. Apabila kulit anda masih berwarna kekuningan, bersihkan dengan kapas yang sudah direndam dalam susu. Dan bilas kembali dengan air suhu normal. Gunakan 1-2 kali dalam seminggu.

    Selamat mencoba!

     

    (Foto: Adi Setyo, Layout: Ika Wahyuni)










- RELATED ARTICLE -