• Pameran Seni Kontemporer di Headquarter Fendi

    Culture / News


    Pameran Seni Kontemporer di Headquarter Fendi

    Apa jadinya jika rumah mode Fendi bekerja sama dengan pemahat ternama asal Italia?


    Rumah mode Fendi memang selalu dikenal akan inovasinya dalam dunia fashion. Namun ternyata, Fendi juga menaruh perhatian besar di ranah seni dan budaya. Komitmen ini dibuktikan dengan gelaran seni bertajuk Matrice yang menampilkan karya bertema lanskap alam dari seniman Giuseppe Penone di lantai satu Palazzo della Civiltà Italiana, yang merupakan headquarter Fendi di Roma.








    Giuseppe Penone sendiri adalah salah satu seniman prominen asal Italia yang dikenal luas karena menjadi anggota termuda dalam gerakan Arte Povera. Sebuah kampanye seni kontemporer yang berusaha menghancurkan kesenjangan antara seni dan kehidupan dalam karya-karya berbentuk instalasi, patung, dan karya di atas kertas pada era tahun 1960an.

    Sedangkan karya Giuseppe sendiri, selalu berhasil menggabungkan antara lanskap alam yang begitu hidup dan organik, dengan konsep waktu dan sejarah. Elemen-elemen tersebut sekaligus menjadi metafora akan kehidupan manusia dan elemen-elemen yang bersinggungan di dalamnya.






    Dalam pameran yang akan berlangsung hingga tanggal 15 April ini, Giuseppe menampilkan 15 kreasi dari tahun 1970 hingga yang paling anyar. Beberapa di antaranya bahkan belum pernah terlihat dipamerkan untuk publik sebelumnya. Salah satunya adalah karya Giuseppe dari tahun 2015 berupa patung setinggi 30 meter yang dibuat dari batang pohon cemara. Seluruh bagian dalamnya dilumuri lapisan perunggu sehingga terlihat begitu menakjubkan.








    Karya-karya Giuseppe tidak hanya menghiasi bagian dalam gedung, namun juga sekaligus menjadi eksterior spektakuler yang menggabungkan antara bentuk gedung geometris dengan wujud natural yang impresif.


    Foto: Courtesy of Fendi


    Tags :






- RELATED ARTICLE -