• Tips Mengatasi Pengeluaran Finansial Berlebih

    Culture / Tips


    Tips Mengatasi Pengeluaran Finansial Berlebih

    Hentikan kebiasaan Anda menghabiskan uang untuk Latte Factor


    Latte Factor merupakan jenis pengeluaran kecil yang sebenarnya tidak terlalu diperlukan namun dilakukan berulang kali. Misalnya kopi yang seringkali kita minum di kedai kopi, aksesori baru tiap bulan, membeli air mineral botol, termasuk biaya transaksi perbankan yang seringkali Anda anggap remeh.

    Pengeluaran Latte Factor ini banyak menjadi masalah bagi generasi milenial yang terbiasa dengan gaya hidup serba instan, dan memburu kesenangan yang instan. Latte Factor memang merupakan gratifikasi instan yang sebenarnya tidak terlalu penting.

    Berdasarkan survei yang dilakukan oleh PermataBank, Latte Factor yang dikeluarkan oleh orang Indonesia tiap bulannya bisa mencapai Rp.990.000. Hal ini tentunya sangat disayangkan mengingat jumlah tersebut bisa digunakan untuk kebutuhan lain atau menabung.

    Fakta ini kemudian menjadi dasar dari gerakan Sayang Uangnya yang diciptakan oleh PermataBank selaku salah satu penyedia jasa perbankan di Tanah Air.

    Dalam sebuah kesempatan talkshow, Ajeng Raviando selaku psikolog berbagi tips mengenai cara menghentikan Latte Factor ini, yang dinamakannya dengan STOP (Stop, Thinking, Observe, Proceed)

    Stop

    Biasakan untuk berhenti sejenak setelah melihat barang yang Anda inginkan. Tindakan ini mencegah Anda bertindak impulsif merogoh kocek untuk kesenangan sesaat.

    Think

    Pikirkan apakah barang tersebut benar-benar Anda butuhkan? Atau Anda hanya sekedar menginginkannya dan bisa ditunda pembeliannya? Atau benda tersebut tidak terlalu penting namun kritis untuk Anda miliki sekarang juga?

    Observe

    Cermati juga kondisi finansial Anda. Apakah ada kebutuhan lain yang mendesak? Apakah Anda harus menabung untuk liburan di bulan depan? Pastikan untuk bijak dalam mengamati pengeluaran Anda.

    Proceed

    Jika pada akhirnya Anda berkeputusan untuk membeli barang tersebut, maka proses dengan memikirkan dulu bagaimana tindakan pembayaran yang bijak? Apakah dengan cash atau menggunakan kartu kredit? Atau berapa lama Anda akan mencicil jika memutuskan membayar menggunakan kartu kredit.

    Pastikan untuk membuatkan perhitungan yang bijak dan sesuai dengan kemampuan Anda.

     

    (Foto: Courtesy of Walt Disney Studios)







- RELATED ARTICLE -