• 5 Kiat Bijak Menggunakan Kartu Kredit

    Culture / Tips


    5 Kiat Bijak Menggunakan Kartu Kredit

    Strategi cerdas seputar pemakaian credit card agar tak terjerat lilitan hutang.


    Meski banyak memberikan kemudahan tertentu kepada nasabahnya, kartu kredit sebetulnya ibarat pisau bermata dua yang dapat menjebloskan Anda ke dalam penjara finansial jika tidak dikelola secara benar. Bagaimana siasatnya? Simak tip dari Bazaar!

    1. Ingat jumlah uang di rekening

    Prinsipnya, jangan pernah menggesek kartu kredit apabila total pembelian akan melebihi saldo Anda di tabungan. 




    2. Bedakan antara keinginan dengan kebutuhan

    Ketika Anda mendambakan tas kulit terbaru di waktu yang sama saat buah hati harus membayar uang pangkal sekolahnya, tentu hati nurani tahu yang mana yang harus didahulukan.

    3. Disiplin dalam membayar

    Sebisa mungkin, tuntaskan 100 persen tagihan sebelum tenggat waktu. Menunda-nunda pelunasan atau terjebak dengan sistem minimum payment hanya akan mencekik Anda dengan lonjakan bunga yang semakin lama semakin tidak masuk akal.

    4. Cek informasi kartu kredit secara berkala


    Saat ini, pergerakan kartu kredit dapat Anda lacak dengan mudah lewat internet. Selain berguna untuk mengontrol pengeluaran, Anda juga dapat menangani potensi transaksi mencurigakan secepat mungkin.

    5. Proteksi diri dari pembajakan 

    Lakukan langkah-langkah proaktif agar rekening Anda tetap aman selama bertransaksi dengan kartu kredit. Gunakan PIN yang sukar ditebak dan hindari menyimpan data perbankan selain dalam komputer pribadi seperti kata sandi, nomor kartu kredit, alamat rumah, tanggal lahir, dan lain sebagainya.


    (Foto: Alex Brylov/Shutterstock.com)









- RELATED ARTICLE -