Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Hotel di Lokasi Gerhana Matahari

Akomodasi untuk Anda yang hendak berburu fenomena gerhana matahari total di berbagai lokasi di Indon

Hotel di Lokasi Gerhana Matahari

Mendekati akhir Februari, masyarakat Indonesia terutama, semakin tak sabar menanti fenomena gerhana matahari total yang super langka. Peristiwa alam yang telah ditunggu-tunggu ini akan terjadi tepatnya pada 9 Maret 2016 mendatang, dan hanya dapat dilihat secara jelas di Indonesia.

Oleh karena itu tak hanya wisatawan domestik, namun turis asing dan para peneliti luar negeri juga berbondong-bondong datang ke Indonesia agar tak ketinggalan fenomena langka ini. Total ada 12 provinsi di Indonesia yang dilewati gerhana matahari total, dan diantara 12 provinsi tersebut terdapat beberapa titik untuk menyaksikan gerhana secara jelas.

Berikut Bazaar merangkumnya untuk Anda, plus memberikan tips akomodasi jika Anda tak ingin ketinggalan peristiwa alam ini.

1. Palembang. Menyambut gerhana matahari total, pemerintah setempat telah menyusun berbagai agenda istimewa yang juga bisa diikuti sembari menanti gerhana matahari. Salah satu akomodasi terbaik di kota ini adalah The Arista Hotel Palembang, yang selain unggul dalam hal akomodasi juga menawarkan Palembang City River Tour yang bisa menjadi opsi aktivitas menikmati kota ini.

2. Pulau Belitung. Selain untuk menikmati gerhana matahari total, tak ada salahnya Anda tinggal lebih lama di Pulau Belitung. Pasalnya lokasi ini memiliki sejumlah pantai cantik, plus sebuah resort mewah, Arumdalu Private Resort, yang akan membuat waktu tinggal Anda semakin berkesan. 

3. Palangkaraya. Jika Anda memutuskan Palangkaraya sebagai lokasi untuk menikmati gerhana matahari total, Anda bisa mengunjungi Swiss-Belhotel Danum Palangkaraya sebagai akomodasi yang akan memberikan fasilitas lengkap selama Anda tinggal.

4. Balikpapan. Kota di Kalimantan Timur ini adalah salah satu titik terbaik untuk menyaksikan gerhana matahari total. Salah satu akomodasi yang bisa Anda pilih adalah Aston Balikpapan Hotel & Residence. Poin terbaik? Lokasi hotel ini tak jauh dari bibir pantai, membuat Anda bisa menikmati pemandangan laut selama menginap di sini.

5. Palu. Memiliki pemandangan ke Teluk Tomini yang indah dan seantero Kota Palu, Hotel Mercure Palu merupakan salah satu opsi akomodasi dengan fasilitas lengkap di kota ini. Palu sendiri menjadi salah satu destinasi paling populer untuk menyaksikan gerhana matahari total, terbukti dengan begitu banyaknya wisawatan serta peneliti internasional, yang datang ke Palu khusus untuk mengamati fenomena langka ini.

6. Ternate. Salah satu spot terbaik menyaksikan gerhana matahari total di Maluku Utara adalah Ternate. Jika Anda memilih kota ini sebagai lokasi untuk menikmati gerhana, belum banyak akomodasi berbintang di tempat ini. Salah satu opsi yang bisa Anda pilih adalah Amara Bela Hotel. Alternatif lainnya adalah Weda Resort, sebuah eco resort yang ramah lingkungan dan mendayagunakan sumber daya manusia sekitar.

 

(Daniar Cikita. Foto: Johnny Zhang/Shutterstock/Click Photos)