• Cara Mencegah Insomnia

    Beauty / Tips


    Cara Mencegah Insomnia

    Jujur, apakah Anda masuk ke dalam klub insomnia? Segera baca beberapa tip cepat tidur di malam hari


    Jujur, apakah Anda masuk ke dalam klub insomnia? Segera baca beberapa tip cepat tidur di malam hari rekomendasi dari sleep expert.

    Dengan segala kecanggihan yang ada, banyak orang ditemani tidur bersama alat elektronik seperti televisi, smartphone, tablet, dan lain-lainnya. Apalagi kegiatan stalking sosial media di malam hari dapat membuat individu ketagihan sehingga lupa waktu, kemudian terjaga hingga larut malam. Yang ada Anda akan mengulang ritual serupa seperti tidur larut, bangun pagi, pekerjaan terhambat karena lelah, namun ketika malam tiba Anda justru kembali sulit tidur. Oleh karena itu Rebecca Michi sebagai salah satu sleep expert bercerita bagaimana cara tidur cepat layaknya seorang bayi.

    1. Perhatikan jadwal kopi di dalam keseharian, terkadang Anda mengonsumsinya lima hingga enam kali. Padahal butuh waktu enam jam bagi tubuh untuk mengeliminasi efek kafein dari tubuh Anda.

    2. Buat temperatur sejuk semisal 18°C sebagai suhu sempurna untuk tidur. Dan biarkan Anda merasa nyaman di dalam selimut hangat dan duvet yang lembut.

    3. Aplikasikan krim kaki atau pelembap tubuh pada kaki Anda, kemudikan raih kaos kaki super nyaman yang Anda miliki. Jika kaki dan tangan Anda terasa hangat, biasanya akan memicu Anda jadi lekas terlelap.

    4. Matikan seluruh perangkat gadget Anda. Lupakan Instagram, Facebook, bahkan Snapchat. "Waktu menjelajah screen satu jam sebelum tidur justru mengganggu proses menuju tidur. Karena layar gadget mencegah produksi melatonin, sebuah hormon yang mampu membujuk Anda untuk tidur," kata Rebecca lagi.

    5. Mencatat apapun yang ada di dalam kepala Anda di atas kertas. "Mencatat jurnal sebelum tidur, sambil duduk di atas kasur akan membuat otak Anda lebih nyaman, dan semakin mudah mengantuk," ujar Rebecca.


    (Erica Arifianda: Foto: Margo_Black/iStock/Thinkstock)








- RELATED ARTICLE -