Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Aplikasi Orientalisme

Aplikasi Orientalisme
Gucci SS 2015 - Puisi Cina

Menyambut tahun baru lunar yang akan datang, Bazaar merangkum gaya orientalism dalam 5 acuan busana.

Banyak yang kerap mengartikan istilah Orientalism kepada satu kebudayaan yaitu budaya Cina. Namun Orientalism merupakan interpretasi kebudayaan Timur baik secara akademis maupun artisik oleh kaum Barat yang mencakup area sepanjang sepanjang pesisir Timur Tengah hingga Cina dan Jepang. Berdasarkan sebuah riset yang dilakukan oleh The Metropolitan Museum of Art, elemen oriental ditemukan pada dekorasi interior, arsitektur, lukisan, dan tekstil berupa kain dan busana, sejak era Renaissance hingga Baroque dan Rococo. Sehingga mendorong munculnya istilah baru Chinoiserie dan Japonisme, yang mengacu pada penerapan elemen Cina dan Jepang. Sudut pandang kaum Barat akan Orientalism pun diwujudkan dalam karya – karya yang respektif. Contohnya potongan kimono yang diadaptasi oleh Paul Poiret, hingga gaun metalik berkerah cheongsam pada koleksi Marc Jacobs untuk Louis Vuitton Spring/Summer 2015. Kemeriahan tahun baru Cina tidak selalu harus dirayakan dengan cheongsam saja. Berikut adalah garis besar panduan untuk meraih nuansa Timur dari mata desainer busana internasional yang patut Anda simak.

1. Puisi Cina
Dress dengan bordiran burung bangau menyerupai lukisan Cina kuno, atau padanan atasan dan celana bermotif keramik Cina, menjadi alternatif busana cheongsam.
Runway: Gucci, Giambatista Valli


2. Inspirasi Jepang
Penerapan busana Jepang Zaman Edo kuno dalam potongan minimalis. Marni dan The Row memberi tips untuk meraih gaya Jepang ini dengan menambahkan lilitan sabuk panjang di atas celana siluet lebar.
Runway: Marni, The Row

3. Sakura styles
Beri statement gaya oriental dengan sematan ornamen bunga sakura.
Runway: Alexander McQueen, Antonio Marras


4. Nafas Timur
Raih gaya etnik dengan layering coat dan celana panjang bermotif gelap atau jaket dengan aplikasi kain tradisional.
Runway: Dries Van Noten, Yohji Yamamoto


5. Hiasan Leher
Tumpukan aksesori kalung dari batu dan rantai menjadi salah satu cara termudah untuk mencapai padu padan bernuansa Timur yang khas.
Runway: Saint Laurent, Etro

 

(Vero Arviana. Foto; Dok. Imaxtree)