• Jurus Makanan Sehat

    Beauty / News


    Jurus Makanan Sehat


    Ketika meyinggung tentang kata sehat, pikiran kita langsung tertuju pada pola makan, gaya hidup, dan lingkungan. Tiga faktor tersebut saling mendukung apabila Anda ingin bebas dari penyakit, memiliki umur panjang, dan tampil awet muda. Pola makan sehari-hari termasuk salah satu faktor yang berperan penting demi terwujud nya impian Anda untuk tetap fit di usia lanjut.

    Makan sehat adalah makanan yang dipenuhi dengan nutrisi lengkap untuk tubuh kita yang mengandung karbohidrat, protein, lemak sehat, vitamin, dan mineral. Tidak perlu diet ketat, yaitu mengurangi porsi makan supaya langsing. Berikut ini adalah tips yang perlu Anda ketahui tentang apa itu makan sehat ?

    1. Kuantitas makanan
    Makanan yang dikonsumsi harus sesuai kebutuhan. Tidak boleh dilebihkan ataupun dikurangkan agar tubuh tetap mendapatkan gizi seimbang. Tubuh membutuhkan 50-65% karbohidrat, usahakan karbohidrat komplek yang bisa Anda temukan pada beras merah. Konsumsi ikan, tahu, tempe, dada ayam, dan kacang-kacangan karena tubuh juga membutuhkan protein dan lemak sekitar 20-30% untuk beraktivitas.
    2. Variasikan jenis makanan
    Beragam jenis makanan yang dikonsumsi sebaiknya bervariasi dan kaya akan nutrisi. Perbanyak asupan buah dan sayur yang berwarna-warni paling tidak 5-10 warna dalam sehari. Semakin banyak warna, semakin banyak zat fitokimia yang masuk ke tubuh kita.
    3. Atur skedul pada saat makan
    Waktu makan sebaiknya dilakukan 3x makan besar. Jika membutuhkan selingan, pilih camilan sehat yang bisa Anda buat secara praktis seperti sandwich tuna karena merupakan camilan rendah kalori atau secangkir yoghurt tanpa lemak.
    4. Cara memasak
    Pola makan sehat Anda tentunya ditentukan oleh bagaimana cara anda mengolah dan memasaknya. Masak atau menggoreng yang terlalu lama dan membakar sampai gosong akan membuat nutrisi dari makanan tersebut hilang.

    (Mira Moies, Photo Credit: Smart Eating)

    -->






- RELATED ARTICLE -