• 10 Momen Tak Terlupakan Royal Family Di Satu Dekade Terakhir

    Culture / News


    10 Momen Tak Terlupakan Royal Family Di Satu Dekade Terakhir

    Berbagai peristiwa terjadi di kalangan keluarga Kerajaan Inggris dalam sepuluh tahun, termasuk pernikahan, pensiun, dan perayaan yubelium.


    1. Pernikahan Duke dan Duchess of Cambridge tahun 2011


    Pangeran William menikah dengan kekasih yang telah dikencaninya selama delapan tahun yakni Catherine Middleton pada 29 April 2011. Upacara pernikahannya berlangsung di Westminster Abbey dan disaksikan oleh 26.3 juta penonton di Britania Raya dan total 36.7 juta pasang mata yang setidaknya menyaksikan sebagian dari momen sakral ini. Meski terkesan berlebihan, beberapa laporan media massa menyebutkan bahwa sebanyak dua milyar orang dari seluruh dunia turut melihat pernikahan Pangeran William dan Kate.

    Hari pernikahannya sendiri diumumkan sebagai hari libur nasional. Sebanyak 5.000 orang Inggris menggelar pesta sendiri untuk merayakan hari bahagia ini. Sang pengantin perempuan berhasil menyimpan rahasia soal gaun Alexander McQueen yang ia kenakan saat upacara pernikahan. Label busana luks tersebut lantas mendapat sorotan dan menjadikan Sarah Burton selaku direktur kreatifnya dipandang oleh mata dunia. Pasangan ini kemudian diberi gelar sebagai Duke dan Duchess of Cambridge.


    2. Yubilium Enam Puluh Tahun Ratu Elizabeth II Bertakhta tahun 2012


    Tanggal 6 Februari 2012, Ratu Elizabeth II genap menjadi pemimpim tertinggi Kerajaan Inggris kedua yang merayakan Diamond Jubilee. Perayaan ini digelar sebagai tanda bahwa ia telah bertakhta selama 60 tahun sejak dinobatkan menjadi Ratu Inggris. Dari sejumlah selebrasi yang diadakan, beberapa diantaranya yang tekenal adalah Thames Pageant di mana 1000 kapal dari seluruh Britania Raya, negara Commonwealth, serta seluruh dunia berkumpul dan berlayar sejauh 7 mil dari Chelsea menuju Tower Bridge.

    Ratu Elizabeth II berlayar bersama Pangeran Philip, Pangeran Harry, Pangeran Charles, serta Camilla Parker-Bowles menggunakan kapal Royal Barge yang telah didekorasi dengan 10.000 bunga. Selain itu, sebuah konser digelar sebagai bentuk penghormatan kepada Yang Mulia Ratu. Aksi panggung yang juga ditayangkan di televisi tersebut dimeriahkan dengan performa dari Kylie Minogue, Gary Barlow, Sir Elton John, Dame Shirley Bassey, Sir Paul McCartney, dan Stevie Wonder.


    3. Ketika James Bond Mengawal Ratu Elizabeth II di tahun 2012


    Pada 27 Juli 2012, Ratu Elizabeth II tampil dalam video singkat yang disutradarai oleh Danny Boyle dalam rangka upacara pembukaan olimpiade London. Diceritakan, Daniel Craig sebagai Agen 007 menjemput Yang Mulia Ratu dari Istana Buckingham menuju tempat acara pembukaan ajang olah raga musim panas tersebut digelar. Ia menyapa Daniel dengan ucapan, "Selamat sore, Tuan Bond," sebelum bangkit berdiri dari kursinya dan berjalan di sepanjang koridor sembari dikawal oleh Daniel serta sepasang anjing corgi. 

    Di adegan selanjutnya, Ratu Elizabeth II (atau kemungkinan adalah pemeran penggantinya) bersama James Bond pergi dengan sebuah helikopter yang melintasi kota London dan mengantar keduanya ke stadion di mana upacara pembukaan diadakan. Ratu Elizabeth II kemudian terjun dengan menggunakan parasut diiringi soundtrack 007. 

    Berdasarkan berita, Yang Mulia Ratu langsung setuju untuk menjadi cameo dalam video ini. Ia juga menegaskan ingin ambil bagian dalam dialognya. "Tentu saja saya harus mengatakan sesuatu. Lagipula, James datang untuk menyelamatkan saya,“ kata Ratu Elizabeth II sebagaimana dituturkan oleh Angela Kelly selaku penata busana kerajaan.


    4. Kelahiran Pangeran George di tahun 2013


    Duke dan Duchess of Cambridge menyambut kelahiran putra pertama mereka yaitu Pangeran George Alexander Louis Cambridge pada 22 Juli 2013 di Lindo Wing, Rumah Sakit St Mary‘s London. Pangeran George berada di garis ketiga penerus takhta Kerajaan Inggris setelah Pangeran Charles dan ayahnya. 

    Hari kelahirannya dirayakan di seluruh Britania Raya disertai lonceng yang berdentang dari Westminster Abbey dan gereja-gereja lainnya. Pangeran William dan Kate Middleton berpose di depan rumah sakit bersama buah hati mereka tak lama setelah persalinan. Momen inipun diabadikan oleh wartawan.

    Pangeran George kemudian dibaptis oleh Uskup Agung Canterbury di Chapel Royal, St. James‘s Palace pada 23 Oktober 2013. Putra yang kini berusia enam tahun ini kerap ikut kedua orang tuanya dalam tur kerajaan dan telah bertemu dengan tokoh-tokoh politik, termasuk di antaranya adalah Barack Obama yang ia sambut sambil mengenakan piyama di tahun 2016. 

    Pangeran George bukan menjadi anak satu-satunya dari pasangan keluarga Cambridge. Adik perempuannya yakni Putri Charlotte lahir pada 2 Mei 2015, kemudian disusul dengan kehadiran Pangeran Louis di tanggal 23 April 2019.


    5. Di tahun 2015, Ratu Elizabeth II menjadi pemimpin Kerajaan Inggris yang paling lama bertakhta


    Tanggal 9 September 2015 menjadi tanda bagi Ratu Elizabeth II sebagai pemimpin Kerajaan Inggris yang paling lama memegang takhta, melampaui masa abdi nenek buyutnya yaitu Ratu Victoria. 

    Hari itu dilewati oleh Ratu Elizabeth II dengan melakukan urusan pekerjaan seperti biasanya. Ia bersama Pangeran Philip selaku Duke of Edinburgh pergi dari Edinburgh menuju Tweedbank dengan kereta api uap untuk meresmikan Scottish Borders Railway, sebuah proyek yang menghabiskan biaya sebesar 294 juta Pound Sterling (atau kurang lebih 5,3 triliun rupiah).

    "Tidak bisa dipungkiri bahwa umur yang panjang telah melewati banyak pencapaian, tak terkecuali adalah usia saya," katanya saat berpidato. "Tetapi saya mengucapkan terima kasih atas ucapan Anda semua yang berada di sini, di rumah, maupun di berbagai negara lainnya.“


    6. Putra-putri Kerajaan Inggris meluncurkan kampanye Heads Together di tahun 2016


    Keluarga Kerajaan Inggris dikenal dengan sikapnya yang tak banyak bicara, sehingga peluncuran kampanye Heads Together ini merupakan sebuah gerakan perubahan besar dari mereka. Tanggal 16 Mei 2016, Duke dan Duchess of Cambridge beserta Pangeran Harry memperkenalkan gerakan inisiatif mereka untuk menghapus stigma tentang kesehatan mental. Mereka bekerja sama dengan badan-badan amal untuk mengubah pandangan nasional soal kesehatan mental dan mendorong orang-orang untuk tak takut mengatakan kesulitan yang dialaminya.

    Sebagai bagian dari kegiatannya, Pangeran William dan Pangeran Harry juga berbagi tentang kesedihan dan perjuangan mereka usai ditinggal oleh ibu mereka yaitu Putri Diana atau yang dikenal pula dengan nama Princess of Wales. Pangeran Harry mengungkapkan bahwa ia menjalani terapi untuk membantunya melewati tragedi ini dan berharap jika cerita tentangnya dapat membantu orang lain untuk terbuka dengan perjuangan mereka dengan kesehatan mental.


    7. Duke of Edinburgh pensiun di tahun 2017


    Duke of Edinburgh pensiun dari aktivitas publiknya pada 4 Mei 2017 di usianya yang ke-96. Keputusan yang juga telah disetujui oleh Yang Mulia Ratu ini diambil setelah selama lebih dari 65 tahun ia menjadi pendamping bagi Ratu Elizabeth dalam menjalankan perannya sebagai pemimpin kerajaan serta menghadiri kegiatan amalnya dan acara organisasinya sendiri.

    Sebelumnya, Pangeran Philip pernah bergurau soal masa pensiunnya yang semakin dekat dan berkata kepada celebrity chef Prue Leith, "Saya sedang mencari tahu bagaimana rasanya berada di hari-hari terakhir Anda." Di penghujung masa baktinya, ia bertemu dengan Royal Marines yang telah menyelesaikan trek sejauh 1.666 mil. 


    8. The Meghan Effect di tahun 2018


    Meghan Markle yang kini bergelar Duchess of Sussex bukanlah satu-satunya anggota keluarga Kerajaan Inggris yang kerap dikaji soal penampilannya dalam berbusana. Putri Diana, Putri Margaret, dan Duchess of Cambridge semua memiliki gaya busana yang sama, namun mantan aktris ini adalah figur yang paling berpengaruh di antara ketiganya.

    Pada tahun 2019, WWD memberitakan bahwa penyedia data bernama SEMrush telah mengkaji bagaimana pengaruh Kate Middleton dan Meghan Markle terhadap retail. Hasilnya, orang-orang yang mencari tahu soal Meghan berada pada angka 35 persen lebih banyak dibandingkan dengan Kate. Sementara itu berdasarkan Lyst, pilihan busana Meghan dua kali lebih banyak diminati daripada pilihan busana Kate. Secara rata-rata, gaya berpakaian Kate telah meningkatkan animo online sebanyak 119 persen, berbeda dengan Meghan yang berhasil menumbuhkan minat orang-orang di dunia maya pada angka 216 persen. Gaya busananya yang modern dan mudah didapat adalah alasan mengapa pasangan Pangeran Harry tersebut lebih berpengaruh. 


    9. Pernikahan Duke dan Duchess of Sussex di tahun 2018


    Pernikahan Duke dan Duchess of Sussex di Kastil Windsor pada 19 Mei 2018 menjadi pusat perhatian dunia sehingga perayaan ini menjadi momen besar bagi keluarga Kerajaan Inggris dalam hal modernitas. Upacaranya dipimpin oleh pendeta Michael Curry, seorang pemimpin uskup berkulit hitam pertama dari Gereja Episcopal dan dimeriahkan dengan grup penyanyi gospel, The Kingdom Choir, yang menyanyikan lagu Stand By Me dari Ben E. King.

    Tamu undangan yang hadir pun beragam, termasuk di antaranya adalah Oprah, Idris Elba, keluarga Beckham, George dan Amal Clooney, serta tentunya anggota dari keluarga kerajaan. Di hari bahagianya, Meghan mengenakan gaun elegan rancangan Clare Waight Keller untuk Givenchy. Ia memutuskan untuk tidak mengikuti tradisi pernikahan dengan berjalan sendiri hingga ke bagian tengah aisle gereja sebelum akhirnya ditemani oleh Pangeran Harry hingga ke depan altar. Di situ, adik Pangeran William itu berkata padanya, "Kau terlihat luar biasa."


    10. Archie Harrison Mountbatten Windsor lahir di tahun 2019


    Archie Harrison Mountbatten Windsor lahir di dunia dari pasangan Duke dan Duchess of Sussex pada 6 Mei 2019. Status Pangeran Harry sebagai anak kedua dari Prince of Wales membuat putra pertamanya tidak memiliki gelar pangeran maupun Yang Mulia. Archie bisa saja memiliki nama belakang yang sama dengan nama titel ayahnya, namun kedua orang tuanya memutuskan untuk memberinya nama Master Archie Harrison Mountbatten-Windsor dengan harapan ia akan tumbuh dan hidup sebagai orang biasa.

    Pasangan Sussex semakin menarik perhatian masyarakat karena mereka memilih untuk tidak berpose di depan rumah sakit usai kelahiran putra kecil mereka. Tradisi ini dianggap kuno dan tidak penting bagi beberapa orang. Pada akhirnya, Pangeran Harry dan Meghan memperkenalkan Archie kepada dunia di St. George‘s Hall di Kastil Windsor beberapa hari kemudian.

    "Saya sangat bangga terhadap istri saya," kata Harry dengan wajah berseri. "Seperti yang dikatakan oleh setiap ayah dan orang tua bahwa bayi Anda sangat luar biasa, namun saya rela berkorban demi si kecil yang satu ini dan merasa begitu bahagia. Apa yang dilakukan oleh setiap wanita adalah hal yang sulit untuk dipahami," lanjutnya.



    (Penulis: Ella Alexander; Artikel ini disadur dari Bazaar UK; Alih bahasa: Erlissa Florencia; Foto: Courtesy of Bazaar UK) 


    Tags : royal family





- RELATED ARTICLE -