• Sejarah Kalung Nizam Hyderabad yang Dikenakan Kate Middleton

    Culture / News


    Sejarah Kalung Nizam Hyderabad yang Dikenakan Kate Middleton

    Kate memakai kalung cantik rancangan Cartier milik Ratu Elizabeth II untuk menghadiri resepsi diplomatik.


    Semua pandangan mata tertuju pada Duchess of Cambridge ketika ia tiba di acara resepsi korps diplomatik yang digelar oleh Ratu Elizabeth pada 11 Desember yang lalu. Kate Middleton tampak anggun dengan gaun beledu mewah dari Alexander McQueen dan tiara Lover‘s Knot yang menjadi favorit Putri Diana dan dirinya. Tak ketinggalan, ia memakai selendang kehormatan kerajaan Inggris yang melambangkan perannya. Bukan hanya itu, wanita berusia 37 tahun ini juga terlihat semakin memesona dengan kalung yang ia pinjam dari Ratu Elizabeth II yakni kalung Nizam of Hyderabad.

    Perhiasan cantik tersebut dirancang oleh Cartier di tahun 1930-an dan merupakan salah satu aksesori paling berharga milik sang Ratu yang jarang ia keluarkan dari lemari penyimpanannya. Sebelumnya, Kate pernah mengenakannya di tahun 2014 saat menghadiri gala tahunan National Portrait Gallery. Ia memadukannya dengan gaun malam berwarna biru navy dari Jenny Packham.







    Kalung ini adalah hadiah yang diterima oleh Ratu Elizabeth II di hari pernihakannya dengan Pangeran Philip tahun 1947 dari Nizam Hyderabad terakhir yakni Mir Osman Ali Khan. Kala itu, Nizam Hyderabad merupakan salah satu pemimpin terkaya di dunia dan kini perhiasan dari Nizam menjadi salah satu yang terbesar dan termahal di India. Mengutip dari Express, kalung Nizam Hyderabad memiliki harga yang fantastis yakni sebesar 70 juta dolar Amerika atau kurang lebih 980 milyar rupiah saat dibeli oleh pemerintah India di tahun 1995. Oleh karena itu, perhiasan ini masih menjadi barang kesayangan Yang Mulia Ratu sampai sekarang.




    Kalung Nizam Hyderabad dihiasi oleh 38 berlian, ditambah dengan 13 berlian dari batu zamrud dan batu mulia besar yang tergantung di bagian tengahnya. Bersama dengan perhiasan Cartier lainnya, kalung ini menjadi aksesori pelengkap bagi Ratu Elizabeth dan Duchess Kate di acara-acara khusus. 



    (Penulis: Bianca Betancourt; Artikel ini disadur dari Bazaar US; Alih bahasa: Erlissa Florencia; Foto: Courtesy of Bazaar US) 










- RELATED ARTICLE -