• Pantone Merilis Classic Blue Sebagai Warna Tahun 2020

    Culture / News


    Pantone Merilis Classic Blue Sebagai Warna Tahun 2020

    Mengingatkan kepada birunya langit dan laut!


    Memulai tahun 2020 dengan ketenangan, demikian klaim dari Pantone mengenai dirilisnya pemilihan warna Pantone 19-4052 Classic Blue sebagai warna tahun ini. Seperti kita ketahui, setiap tahunnya Pantone secara rutin merilis Pantone Color of The Year. 

    Uniknya, pemilihan warna Pantone Classic Blue untuk tahun 2020 didasarkan kepada fenomena yang saat ini melanda, di mana perasaan depresi serta ketakutan tengah melanda sebagian besar penduduk dunia.




    Secara psikologis, Pantone berharap jika warna Pantone Classic Blue akan memberi rasa damai serta ketenangan. Warna biru mengingatkan kita akan langit, laut, dan kebesaran alam itu sendiri.




    Dan, berdasarkan ilmu psikologi, warna biru memang memberikan efek tenang. “Saat ini, banyak dari kita yang mengalami beban berlebih dan stres yang rutin menyerang,” ujar pihak Pantone saat memperkenalkan warna terbarunya untuk tahun 2020 ini.



    Di tahun-tahun sebelumnya, Pantone memang pernah memilih warna biru sebagai pilihan untuk Pantone Color of The Year. Namun, tahun 2020 memang istimewa. Classic Blue merupakan palet tergelap dari warna biru yang pernah dipilih oleh Pantone.

    Sebelumnya terdapat Aqua Sky di tahun 2003, Blue Turqouise di tahun 2005, Blue Iris di tahun 2008, dan Serenity di tahun 2016 yang dirilis bersamaan dengan Rose Quartz.


    “Warna Classic Blue menyerupai warna buah blueberries, kaleng Pepsi, dan birunya langit di saat hari akan berakhir,” ujar Leatrice Eiseman, selaku Direktur Eksekutif dari Pantone Color Institute.




    Pantone Classic Blue diharapkan akan menjadi tren yang membawa dampak positif bagi sebagian besar industri di dunia, termasuk di antaranya fashion, kecantikan, desain, seni, hingga travel.



    Lebih daripada itu semua, kehadiran warna Pantone 19-4052 Classic Blue sebagai warna Pantone 2020 tidak hanya diharapkan memberikan efek positif secara visual saja, melainkan juga dari sisi psikologis.

    Di mana dunia akan menjadi tempat yang lebih baik melalui keajaiban warna.



    (Foto: Courtesy of Instagram @pantone, @cntraveler)









- RELATED ARTICLE -