• Mengenal Lebih Jauh Tentang Asia NewGen Fashion Awards

    Fashion / News


    Mengenal Lebih Jauh Tentang Asia NewGen Fashion Awards

    Ajang bergengsi bagi para desainer berbakat ini terus diadakan setiap tahunnya.


    Asia NewGen Fashion Award atau yang lebih dikenal dengan sebutan ANFA kini telah memasuki kali ke-6. Agenda tahunan ini menelurkan deretan desainer berbakat yang tak diragukan lagi kemampuannya. Mari bersama mengenal lebih dalam beberapa hal tentang perhelatan mode bergengsi ini. 



    Kompetisi ini digagas oleh majalah Harper's Bazaar di area Asia Tenggara (Thailand, Indonesia, India, dan Singapura), untuk menemukan sekaligus mewadahi desainer muda berbakat di negara masing-masing agar nantinya dapat hadir dan mewarnai panggung fashion secara global.

    Ajang bergengsi ini telah diadakan secara rutin sejak tahun 2013 dan antusiasme yang besar dari para desainer muda di Indonesia pun kerap diterima. Seperti yang diharapkan, kompetisi ini juga melahirkan nama-nama besar yang kiprahnya kian terdengar di dunia mode. 



    Para desainer yang terpilih pada tahun-tahun sebelumnya adalah: Peggy Hartanto dan Sheila Agatha Wijaya (Sean & Sheila) di tahun 2013, serta Cynthia Fransisca dan Audrey Chairunissa di tahun 2015, William Utama dan Wilsen Willim di tahun 2016, dan juga Michelle Kristiani Tjong dan Alifia Maqnuun di tahun 2017.

    Momen membanggakan tertoreh saat William Utama hadir sebagai pemenang penghargaan tertiggi yaitu Asia NewGen Fashion Award di tingkat regional, mengalahkan gran finalis dari negara-negara lain. Ia juga sekaligus menjadi pemenang pertama penghargaan ini yang berasal dari Indonesia di tahun 2016. Di tahun 2017, Michelle Kristiani Jong juga sukses menyabet titel sebagai juara runner up. Tak hanya sampai di situ, di tahun 2018, Anandika Surasetja yang mewakili Indonesia menduduki posisi first runner up di ajang ini.




    Pada tahun 2019, nama Indonesia kembali harum di ajang kompetisi ini. Desainer Kelly Vallerie didaulat sebagai pemenang ANFA 2019. Kelly menang lewat busana multifungsi yang didesainnya dan sukses membawa pulang hadiah beasiswa dari Istituto Marangoni serta uang tunai sebesar 10.000 SGD.




    ANFA Indonesia senantiasa mengundang tokoh mode Tanah Air untuk mendampingi Ria Lirungan selaku Editor-in-Chief Harper's Bazaar Indonesia, sebagai dewan juri setiap tahunnya. Tim juri biasanya terdiri dari desainer mode ternama serta perwakilan dari institusi fashion lainnya seperti ritel, pusat perbelanjaan, dan produsen tekstil.

    Hadiah yang dapat diraih pun beragam, mulai dari sejumlah produk dari sponsor hingga eksposur terhadap insan mode, baik di Indonesia maupun Asia Tenggara. Pemenang utama ANFA mendapat kesempatan untuk meneruskan pendidikan fashion ke jenjang magister di sebuah sekolah fashion bergengsi di Eropa. 

    Jika Anda tertarik mengikuti ajang ANFA di tahun 2020, silakan klik di sini.



    (Foto: Courtesy of Instagram/@bazaarindonesia dan Ashley Mak)







- RELATED ARTICLE -