• Leonardo DiCaprio Dituduh Sebagai Penyebab Kebakaran Amazon

    People / News


    Leonardo DiCaprio Dituduh Sebagai Penyebab Kebakaran Amazon

    Aktor itu akhirnya telah memberikan responnya terhadap klaim ganjil tersebut.


    Presiden Brazil, Jair Bolsonaro, menuduh Leonadro DiCaprio sebagai sosok yang bertanggung jawab atas kebakaran hutan hujan Amazon yang terjadi tahun ini. Ia menganggap bahwa Leonardo mendanai suatu kelompok untuk membakar hutan tersebut. Hanya saja, Jair tidak menyertakan bukti yang menguatkan klaimnya.

    "Leonardo DiCaprio itu pria yang keren, bukan? Ia memberikan uangnya untuk membakar hutan Amazon," demikian ujar Jair pada para pendukungnya pada hari Jumat lalu.

    Deadline melaporkan bahwa di hari yang sama Jair juga telah melayangkan klaim serupa lewat live broadcast di Facebook. "Leonardo DiCaprio, sial sekali, Anda bekerja sama dengan mereka yang membakar hutan Amazon," katanya dan menambahkan bahwa aktor kenamaan tersebut adalah bagian dari kampanye internasional yang bergerak untuk melawan Brazil.



    Kritik ini dilayangkan oleh sang presiden menyusul penangkapan dua organisasi non-profit dan empat pemadam kebakaran sukarela oleh polisi setelah mereka dituduh menjadi bagian dari kelompok pembakar hutan untuk meningkatkan penggalangan dana bagi sebuah organisasi non-pemerintah yang tidak disebutkan namanya.

    Para pemadam kebakaran itu membantah telah melakukan tindak kejahatan dan akhirnya dibebaskan setelah muncul protes publik.

    Dalam investigasinya, penegak hukum federal menyebut bahwa para pengambil lahan adalah kelompok yang lebih bertanggung jawab dibandingkan dengan organisasi non-profit dan pemadam kebakaran.



    Bukan hanya Jair, putranya yakni Eduardo Bolsonaro pun mengeklaim melalui Twitter pada hari Thanksgiving bahwa Leonardo telah mendonasikan 300.000 dolar Amerika ke organisasi non-pemerintah yang sengaja membakar hutan Amazon. Ia pun menuuduh jika aktivis konservasi WWF membayar mereka untuk foto-foto hutan yang terbakar.

    Sementara itu, WWF menyanggah tuduhan tersebut. Melalui pernyataan di situsnya, WWF menyatakan bahwa mereka tidak terlibat dalam kebohongan yang menyangkut nama mereka termasuk segala serangan yang mereka terima di media sosial seperti pembelian foto-foto yang terkait dengan donasi dari Leonardo DiCaprio.

    Tahun ini, sebuah gerakan aktivis lingkungan bernama Earth Alliance yang didukung oleh Leonardo menjanjikan dana sebenar 5 juta dolar Amerika untuk membantu melestarikan Amazon yang telah mengalami penggundulan hutan parah.

    Dalam pernyataannya yang dimuat dalam The Association Press, Leonardo menampik bahwa kelompoknya telah mendanai dua organisasi non-profit yang disebutkan oleh para investigator.

    "Walaupun mereka membutuhkan dukungan, kami tidak mendanai organisasi-organisasi yang dimaksud,“ demikian tulisnya. "Masa depan ekosistem yang tak tergantikan ini kini sedang berada di ujung tanduk dan saya bangga untuk mendukung kelompok-kelompok yang melindunginya."

    Klaim yang dituduhkan oleh Jair juga mengundang sanggahan dari politisi-politisi lainnya. Iban Valente sebagai pihak oposisi menyampaikan lewat akun Twitternya, "Kegilaan Jair Bolsonaro tidak ada batasnya. Menuduh Leonardo DiCaprio sebagai orang yang mendanai kebakaran hutan Amazon adalah tindakan yang payah. Akan tetapi, kebohongan yang sengaja mereka buat juga terungkap."



    (Penulis: Jessica Rappana; Artikel ini disadur dari Bazaar UK; Alih bahasa: Erlissa Florencia; Foto: Courtesy of Bazaar UK) 








- RELATED ARTICLE -