• Google Makin Memudahkan Hidup & Pekerjaan Lewat Produk Ini

    Culture / News


    Google Makin Memudahkan Hidup & Pekerjaan Lewat Produk Ini

    Di Google for Indonesia 4, para pemakai Google akan semakin praktis dan terbantu di dunia digital. Apa saja?


    Beberapa hari yang lalu Bazaar diundang untuk menghadiri Google for Indonesia 2019 di Ciputra Artpreneur. Ini adalah kali keempat Google menyelenggarakan acara tahunan dengan agenda dan instalasi yang selalu menarik.

    Lewat tajuk Taman Ria Google, para pengunjung dapat mencoba satu per satu instalasi yang berkaitan dengan produk baru Google, di antaranya YouTube Premium, Google Lens, Google Assistant, dan lain-lain.

    Taman Ria Google Jakarta




    Acara pun dibuka oleh Randy Jusuf selaku Managing Director Google Indonesia, ia menyampaikan beberapa hal yang menjadi empat inisiatif Google di tahun ini, yakni membantu perluasan internet, memberi ketrampilan UKM dan generasi muda, menciptakan produk yang relevan untuk masyarakat Indonesia, dan berkomitmen serta berinovasi yang bertanggung jawab mencakup hal privasi dan keamanan online.

    Di sisi lain, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim, juga menyempatkan hadir dan menyampaikan pidato singkat seputar dunia digital yang tentunya telah sangat ia kuasai sebelumnya. Ia mengatakan jika Indonesia ingin maju sesuai visi Presiden Joko Widodo, dan menjadikan SDM yang unggul, kita tidak bisa mengikuti jalur yang sama seperti negara-negara lain.

    "Kita harus melakukan shortcut lewat digitalisasi dan pendidikan teknologi. Tetapi teknologi itu bukan perkara pentingnya software saja, namun bagaimana teknologi membentuk manusia. Teknologi harus meng-enhance kapabilitas manusia dalam roda ekonomi," ujar Nadiem.

    Nadiem Makarim Google Indonesia

    Ia juga menambahkan bila dalam membangun teknologi, cara bekerjanya harus berbeda, "Caranya adalah dengan mengolah produk secara user-centric. Cara membangun dan mengasahnya terbuka, tidak ada tempat untuk bersembunyi. Real time, jujur. Sebuah organisasi yang sangat user oriented sangat luar biasa, sebab user-centric itu melayani, bukan mengatur. Seperti pesan Pak Presiden, jangan hanya 'sent' saja namun juga perlu 'deliver'."

    Sebelum meninggalkan ruangan, Nadiem memberi pesan terakhir kepada Google dan seluruh perusahaan-perusahaan lainnya, bahwa ia meminta agar jadikan Indonesia prioritas nomor satu di dunia, "Jarang-jarang ada kabinet progresif yang siap berkolaborasi, yang mengimplementasikan OKR (Objective and Key Result). Ada momentum dan animonya, jadi dimohon pada pihak Google untuk kerja sama sangat intensif dengan pemerintah, komitmen mendukung 100%. Ada paradigma yang harus diubah, yakni jangan segan-segan dengan pemerintah. Langsung minta apa yang Anda butuhkan untuk mencapai hasil ini. Kami, khususnya di kementrian saya, sudah tidak bertindak sebagai regulator lagi melainkan enabler oleh ekosistem. Organisasi yang paling efektif adalah organisasi yang berinovasi secara otonomos, yang dapat dengan sendirinya menciptakan karya dan improvement," tegas Nadiem.

    Randy bersama tim juga menyampaikan program Google Indonesia bertema Maju Sama-Sama sehubungan dengan beberapa produk-produk baru yang dapat diakses melalui Google. Bazaar akan menjabarkan secara mendetail terkait produk-produk terbarunya yang dapat dikatakan semakin memudahkan para pengguna internet di Indonesia. Baik dalam beraktivitas, pekerjaan sampai berelaksasi.

    Memang secara global Google memiliki tujuan untuk menciptakan lebih banyak peluang bagi semua orang lewat program bertajuk Grow with Google. Program tersebut mempunyai fokus pada penyediaan akses gratis pada kursus, alat, produk, dan pelatihan tatap muka guna membantu masyarakat mendapatkan keterampilan yang tepat. 

    Mereka ingin orang-orang mendapat peluang baru seperti mencari pekerjaan, memajukan karier, atau mengembangkan bisnis. Program Grow with Google dapat dicari tahu di g.co/GrowIndonesia, namun lengkapnya di bawah ini: 

    Memudahkan Pelatihan Keterampilan Diri

    Gapura Digital

    Sebuah program untuk membantu pemilik usaha kecil mengembangkan keterampilan dan kepercayaan diri di bidang online. Akan ada kelas gratis yang dibagi ke dalam tiga kategori:

    - Siap Digital

    - Handal Digital

    - Profesional Digital

    Pembahasannya mencakup beragam topik dari mulai tren digital sampai SEO dan SEM.


    Women Will

    Program yang bertujuan membantu menciptakan kesempatan ekonomi untuk perempuan di manapun, agar mereka dapat berkembang dan sukses melalui pemanfaatan teknologi, mendapat inspirasi, dan memperluas koneksi bersama sesama wirausahawan lewat pelatihan dan kegiatan.


    Primer

    Sebuah aplikasi seluler gratis yang dapat diakses hanya lewat aplikasi di smartphone. Aplikasi ini akan memberikan pelajaran tentang bisnis dan pemasaran digital yang membutuhkan waktu tidak lebih dari 5 menit, sehingga mudah dipelajari apapun levelnya.

    Tiap mata pelajaran dirancang sedemikian rupa sampai pada akhirnya yang belajar harus merasa yakin untuk mempratikkan pengetahuan mereka di dunia nyata. Tersedia 100 pelajaran dalam Bahasa Indonesia.


    Bangkit

    Sebuah program pelatihan dan pendidikan bagi developer yang bekerja sama dengan Gojek, Tokopedia, dan Traveloka. Tujuannya adalah untuk menghasilkan tenaga tekins berkaliber tinggi bagi para startup dan perusahaan teknologi kelas dunia yang ada di Indonesia.

    Program pilotnya punya fokus utama pada kurikulum Machine Learning yang disusun berdasarkan Machine Learning Crash Course Google. Selain itu juga ada pengembangan keterampilan non-teknis yang berpusat pada metodologi pemikiran desain.


    Google Developer Groups

    Berhubungan dengan komunitas untuk membantu orang lain belajar juga. Jadi ada acara pertemuan GDG yang mencakup pembahasan berbagai topik teknis untuk mempelajari keterampilan baru lewat lokakarya.

    Komunitas ini melibatkan semua orang dan siapapun yang tertarik pada industri teknologi, baik dari pengembang pemula sampai profesional berpengalaman.


    Developer Students Club

    Sebuah grup komunitas berbasi universitas untuk siswa yang tertarik dengan teknologi pengembang Google. Siswa dari semua program sarjana atau pascasarjana yang berminat dapat bergabung, mereka bisa menumbuhkan pengetahuan mereka di lingkungan pembelajaran peer-to-peer dan membangun solusi bisnis lokal dan komunitas mereka.

    Komunitas ini juga berfungsi sebagai jembatan kesenjangn antara teori dan praktik.


    Google for Education

    Memperluas kesempatan belajar bagi semua orang dan membantu lebih banyak orang, terutama mereka yang berada di komunitas kurang terlayani. Mereka akan mendapat manfaat dari pengembangan teknologi di kelas dan di luar.


    Google News Initiative (GNI)

    Sebuah upaya untuk bekerja sama dengan industri berita dan membantu jurnalisme berkembang di era digital. Ada pelajaran mengenai peluang pendanaan utnuk mendorong inovasi dalam organisasi berita lewat GNI Innovation Challenges. 

    Ada lebih 40 pelajaran tentang produk dan alat Google yang dirancang khusus untuk jurnalis di Pusat Pelatihan. Lalu juga terhubung dengan News Lab, tim Google yang fokus mendorong inovasi di ruang redaksi di seluruh dunia.


    Memudahkan Mencari Pekerjaan dan Berbisnis

    Google Bisnisku

    Profil Bisnis gratis ini memungkinkan pemilik usaha secara mudah menjangkau pelanggan di Google Penelurusan (Google Search) dan Google Maps. Pemilik usaha hanya cukup mengunggah foto dan menampilkan keunikan bisnisnya serta memberi pelanggan alasan untuk memilih produk setiap waktu.

    Kelebihan lainnya adalah pelanggan dapat langsung berinteraksi (melalui telepon, SMS, atau menulis ulasan), ditambah lagi dengan banyaknya cara untuk bertransaksi maka pelaku usaha dapat melakukan lebih banyak bisnis.


    Kormo

    Aplikasi pekerjaan dan karier yang menghubungkan pencari kerja dengan bisnis yang ingin merekrut mereka. Jika perusahaan dapat mudah mengunggah lowongan pekerjaan, maka para pelamar dapat membuat dan menyimpan CV digital dalam satu aplikasi.


    Google Bisnisku

    Google Bisnisku adalah alat gratis dan praktis yang bisa dipakai bisnis lokal agar menarik, menjangkau, dan berinteraksi dengan pelanggan yang sedang menari mereka di Google Search maupun Maps.

    Para pemilik bisnis dapat membagikan informasi penting seperti jam buka, memberikan promosi penawaran atau program khusus, serta berinteraksi dengan pelanggan sampai menjawab ulasan.


    JakEvo

    Google juga bemitra bersama Pemda Jakarta (JakEvo), sehingga Google Bisnisku akan menjadi bagian dari proses perizinan online untuk UKM. Ketika pemilik usaha yang memiliki lokasi fisik mengajukan permohonan izin melalui JakEvo, mereka juga akan didaftarkan serta diverifikasi di Google Bisnisku.


    Google Shopping Merchant Center

    Sekarang toko-toko bisa mencantumkan produk dan penawaran mereka di Google Shopping secara gratis. Yang perlu dilakukan hanyalah membuka Google Shopping Merchant Center (situs Google yang ditujukan khusus untuk para penjual), dan mengunggah produknya.



    Selain untuk memperkaya diri lewat fitur yang begitu bermanfaat, Google juga kini melakukan inovasi lewat fitur-fitur terbarunya seperti di bawah ini:

    Memudahkan Membaca Sebuah Artikel atau Tulisan Panjang

    Google Go menawarkan fitur pembaca yang memungkinkan Anda untuk mendengarkan isi halaman atau artikel di web mana pun. Ketika sedang dibacakan, kalimat akan automatis ditandai sehingga Anda dapat mengikutinya.


    Memudahkan Menerjemahkan Beragam Bahasa

    Tentu dengan Google Translate, sekali menekan, Anda dapat menerjemahkan bacaan atau artikel apa saja ke dalam Bahasa Indonesia, atau bisa juga bahasa daerah seperti, Sunda dan Jawa.


    Memudahkan Anda Mencari Momen Penting di Sebuah Video

    Google Search sekarang mampu membantu Anda menemukan momen-momen penting dalam video tertentu. Misalnya Anda sedang mencari tutorial gitar sebuah lagu, Anda cukup mengetik kata kunci 'tutorial gitar lagu xxx', dan jika si pengunggah video mencantumkan link ke momen tersebut ke dalam video, maka automatis akan keluar di hasil pencarian.

    Intinya, sang kreator konten di YouTube sebelumnya harus mencantumkan link ke momen-momen berdasarkan penunjuk waktu dalam deskripsi video. Sementara bagi para partner video lokal lainnya, fitur ini dapat diaktifkan dengan menambah markup data terstruktur ke dalam video.


    Memudahkan Mencari Benda atau Barang yang Diinginkan Lewat Foto

    Fitur Lens yang ada di Google Image Search dapat membantu Anda mencari gambar dengan cara yang baru! Misalnya saat Anda ingin mencari motif batik, cukup foto motif tersebut memakai fitur Lens (jangan lupa dalam bahasa Indonesia ya), maka automatis hasilnya akan dieksplorasi lewat Google Image Search.


    Memudahkan Anda Memesan Makanan 

    Google Assistant kini bukan hanya sekadar dapat membantu Anda menghubungkan seseorang untuk ditelepon, atau membantu Anda masuk ke sebuah aplikasi di smartphone. Sekarang, Google Assistant dapat membantu Anda terhubung dengan aktivitas yang berintergrasi dengan brand lokal.

    Misalnya Anda ingin memesan makanan lewat aplikasi GoFood, maka Anda cukup memberi perintah "Pesan martabak dari Gojek", maka perintah itu akan langsung memunculkan daftar penjual martabak terdekat, dan bisa langsung melacak pesanan juga.


    Memudahkan Anda Mengontrol Privasi

    Sekarang Anda dapat menghapus aktivitas Asisten dengan mudah, hanya dengan mengatakan "OK Google, hapus hal terakhir yang saya bilang" atau "OK Google, hapus semua yang saya katakan minggu lalu". 

    Hal ini disebabkan Asisten adalah hal yang sangat pribadi untuk Anda, dan Google menangani data dan privasi dengan sabgat serius. Anda dapat mengontrolnya secara penuh lewat perintah suara sederhana.


    Memudahkan Anda Mendapat Informasi Tanpa Data atau Koneksi Internet

    Google beberapa bulan ini telah melakukan uji coba Phone Line Indosat Ooredoo bersama Asisten Google (Google Assistant). Lewat layanan ini pengguna Indosat dapat menghubungi nomor 696 (bebas pulsa) untuk mendapat informasi yang berguna dari Asisten Google tanpa terkena biaya data maupun pulsa.

    Sejak proyek ini dimulai, ribuan orang telah menguji layanan ini di Sukabumi, Medan, Kediri, Karawang, dan Jombang. Mereka biasanya menanyakan info hingga 50 pertanyaan untuk mencari informasi semisal skor pertandingan sepakbola, mendengarkan berita, dan hal-hal unik seperti teka-teki atau fakta menarik.

    Tidak perlu handphone tipe smartphone untuk menggunakan layanan ini.


    Memudahkan Anda Mencari Kuliner Lezat di Area Tertentu

    Google Maps memiliki program agar penggunanya mendapat rekomendasi tempat-tempat makanan yang harus dicoba di area tertentu, entah mereka sedang berpergian untuk pelesir atau sedang melakukan perjalanan bisnis. Lewat tajuk Local Guide, Anda akan mendapat rekomendasi restoran atau tempat makan favorit setempat. 

    Caranya mengoperasikan Local Guide di Google Maps:

    1. Buka aplikasi Google Maps

    3. Buka tab "Untuk Anda" - yang berisi feed yang disesuaikan dengan preferensi Anda

    3. Lihat profil Local Guide yang menarik bagi Anda

    4. Jika suka, klik "Ikuti" untuk mendapat info saat mereka mengulas sesuatu, foto, atau daftar.

    Enaknya, Local Guide sendiri juga memiliki kebebasan untuk mengubah profil mereka menjadi "terbatas" dan memilih siapa yang bisa mengikuti mereka, atau bahkan memblokir pengguna tertentu.


    Memudahkan Anda Dalam Berkendara Sehingga Tetap Aman dan Tidak Tersasar

    Masih dari Google Maps, kini Anda dapat memastikan dan memonitor bahwa rute perjalanan aman. Dengan tombol Stay Safer, penumpang bisa mendapat peringatan jika pengemudinya melenceng dari rute sejauh lebih dari 0.5 km.

    Selain itu fitur tersebut juga memungkinkan penumpang membagikan lokasi mereka secara real time dengan teman atau keluarga.


    Memudahkan Anda Berbelanja

    Lewat Google Shopping, Anda akan mendapat pengalaman berbelanja yang seru, sebab Anda dapat menemukan informasi belanja dari toko, baik toko offline maupun offline. Fitur Shopping Homepage dipersonalisasi agar Anda melihat rekomendasi produk yang relevan, serta bagian-bagian yang akan membantu Anda memesan ulang produk yang sering dibeli. Anda juga bisa memilih untuk membelanjakannya di toko terdekat atau lewat e-commerce.

    Memudahkan Anda Mendengarkan Musik

    Lewat aplikasi YouTube Music, Anda dapat menikmati musik yang dilengkapi dengan teknologi dan fitur-fitur terbaik dari YouTube, di antaranya lagu resmi, album, ribuan playlist, dan radio artis, ditambah katalog remix, pentas live, lagu cover, dan video musik.

    Biaya berlangganan YouTube Musik dimulai dari harga 59.000 rupiah per bulan.

    Taman Ria Google Jakarta

    Memudahkan Anda Menonton Video Tanpa Iklan

    YouTube Premium menyajikan fitur-fitur terbaik seperti dapat menyaksikan video tanpa terganggu iklan. Selain itu Anda juga dapat tetap membuka aplikasi YouTube meskipun sudah keluar dari aplikasi. Fitur yang sangat berguna bagi mereka yang suka multi-tasking.

    Anda pun dapat menikmati konten favorit tanpa koneksi internet, sebab Anda dapat mengunduh video-video tersebut. Jadi Anda dapat menikmati YouTube Premium saat sedang di pesawat terbang, atau saat sedang tidak ada koneksi WiFi.

    Biaya berlangganan YouTube Premium dimulai dari harga 59.000 rupiah per bulan. Atau lebih hemat dengan paket khusus YouTube Music Family Plan dan YouTube Premium Family Plan untuk 6 akun, dengan harga dimulai dari 75.000 rupiah per bulan.


    (Foto: Courtesy of Google)
















- RELATED ARTICLE -