• Cara Mudah Membuat Lilin Aromaterapi Sendiri

    Culture / Tips


    Cara Mudah Membuat Lilin Aromaterapi Sendiri

    Isi waktu luang dengan berkreasi bersama Bazaar.


    Memiliki banyak waktu senggang di musim liburan ini? Daripada menghabiskan waktu dengan terus menatap gadget dan spamming di sosial media, lebih baik berkreasi.

    Dapat dilakukan seorang diri atau bersama pasangan dan keluarga. Membuat lilin aromaterapi sendiri ternyata tidak sesulit yang dibayangkan.

    Hasilnya, ruangan pun semakin harum mewangi diiringi dengan ketenangan pikiran. Karena aroma memiliki dampak secara tidak langsung terhadap suasana hati kita.

    Meditatif rasanya untuk berada di sebuah ruangan dengan aroma harum menenangkan. Belum lagi saat lilin dinyalakan. Cahayanya akan membuat atmosfer ruang terasa hangat.

    Untuk itu, simak hingga tuntas langkah mudah membuat lilin aromaterapi sendiri di bawah ini.


    Tentukan terlebih dahulu aroma yang sesuai kepribadian




    Banyak bahan yang bisa digunakan sebagai sumber aroma lilin aromaterapi. Bunga kering atau essential oil dapat menjadi yang paling praktis serta sering digunakan. Pilihlah aroma yang sesuai dengan selera untuk hasil akhir maksimal.  


    Siapkan wadah dan serpihan lilin



    Ramah lingkungan. Anda dapat menggunakan wadah kaca atau keramik yang sudah lama terbengkalai di lemari dapur. Sembari memilih, panaskan serpihan lilin di panci berisi air hangat.


    Tambahkan potongan krayon berwarna



    Setelah lilin mulai mencair. Tambahkan potongan kecil crayon berwarna sembari tetap dihangatkan. Ingat lakukan perlahan, agar warna tidak lari.

    Misalkan, Anda ingin lilin berwarna merah muda. Cukup tambahkan sepotong kecil crayon berwarna merah.


    Teteskan essential oil



    Ketika warna mulai menyatu, tambahkan lima hingga sepuluh tetes essential oil pilihan Anda sebelumnya. Untuk banyaknya tetesan dapat disesuaikan.

    Apabila Anda ingin aroma yang lebih kuat dan tahan lama, lebih dari sepuluh tetesan juga tidak menjadi masalah.


    Pastikan sumbu berdiri tegak



    Untuk yang satu ini, perlu trik dan peralatan khusus. Tenang saja. Boleh khusus, namun tetap sederhana.

    Cukup gunakan sepasang sumpit kayu untuk mengikat sumbu. Sematkan di bibir wadah untuk memastikan sumbu tetap berdiri tegak selama proses pengeringan.


    Tunggu beberapa jam hingga kering




    Untuk proses pengeringan biasanya memakan waktu dua hingga tiga jam. Tergantung seberapa besar ukuran lilin aromaterapi Anda.

    Sembari menunggu, Anda dapat menyiapkan teh dan kue kering untuk menemani waktu bersantai bersama lilin aromaterapi buatan Anda nanti.

    Jangan lupa siapkan bacaan bermutu seperti majalah Bazaar keluaran edisi terbaru. Selamat berkreasi!


    (Foto: Oksana Mironova©123RF.com, Courtest of Instagram @delightscent, @zero.waste.collective, @younglivingeo, @my_flower_table)









- RELATED ARTICLE -