• Momen-Momen Terbaik Keluarga Kerajaan di Tahun 2018

    Culture / News


    Momen-Momen Terbaik Keluarga Kerajaan di Tahun 2018

    Beberapa peristiwa penting terjadi di kehidupan Royal Family sepanjang tahun 2018, membuat tahun ini jadi masa kebesaran kerajaan Inggris.


    Bazaar merangkum 28 momen terbaik keluarga kerajaan Inggris selama tahun 2018, mulai dari acara pernikahan, kelahiran pangeran dan putri kecil, tur kerajaan, hingga potret keluarga yang mengagumkan. Tak ketinggalan juga adalah peran baru Meghan Markle sebagai Duchess of Sussex dan tingkah lucu para pangeran dan putri muda yang mencuri perhatian publik di setiap acara.


    1. Pernikahan Pangeran Harry dan Meghan Markle


    19 Mei 2018 adalah hari yang tak akan dilupakan oleh seluruh orang di dunia. Pada tanggal tersebut, Pangeran Harry dan Meghan Markle mengikat janji suci di Kastil Windsor dengan disaksikan oleh sekitar 29.2 juta pasang mata.

    Momen-momen bahagia nampaknya akan selalu membekas dalam ingatan tiap orang, mulai dari gaun pernikahan berlabel Givenchy milik Meghan yang memesona, ciuman kedua mempelai, hingga tingkah menggemaskan Pangeran George dan Putri Charlotte. Upacara pernikahan yang satu ini merupakan salah satu momen besar bagi keluarga kerajaan Inggris.  


    2. Kelahiran Pangeran Louis


    Selang dua hari setelah ulang tahun Ratu Elizabeth, Kate Middleton melahirkan putra keduanya yang diberi nama Pangeran Louis pada hari Senin tanggal 23 April 2018. Sama halnya dengan hari kelahiran Pangeran George dan Putri Charlotte, Kate menyapa dunia bersama sang pangeran kecil dan Pangeran William di depan Lindo Wing, London.

    Ia mengenakan gaun berwarna merah dengan sentuhan warna putih, mirip seperti yang dikenakan oleh Putri Diana saat ia baru saja melahirkan Pangeran Harry.


    3. Doria Ragland bergabung ke dalam keluarga kerajaan Inggris


    Pernikahan tak hanya menyatukan dua hati, namun juga mempersatukan dua keluarga. Demikian pula dengan keluarga kerajaan Inggris. Setelah Pangeran Harry dan Meghan Markle menikah, keluarga Ratu Elizabeth II menerima anggota keluarga baru yang merupakan ibu dari mempelai perempuan yaitu Doria Ragland.

    Tak heran bila Doria kemudian menjadi sorotan publik dan banyak orang yang menggali lebih dalam tentangnya, termasuk untuk mengetahui apakah ia merupakan golongan bangsawan dan bagaimana keluarga kerajaan Inggris bisa menerimanya.

    Sebuah momen di mana Doria, Pangeran Charles, dan Camilla keluar bersama-sama dari kapel St. George telah membuktikan bahwa kedua keluarga ini telah padu.


    4. Pengumuman kehamilan Duchess of Sussex


    Lima bulan setelah Pangeran Harry resmi menikah dengan Meghan Markle, kedua pasangan ini mengumumkan kepada dunia bahwa Meghan telah mengandung dan mereka sangat menantikan kelahiran anak pertama.

    Saat itu, Duke dan Duchess of Sussex baru saja tiba di Sydney untuk lawatan dari kerajaan Inggris. Secara tak terduga, pihak Kensington Palace mengabarkan melalui twitternya bahwa Pangeran Harry dan Meghan Markle akan segera menimang buah hati mereka pada musim semi tahun 2019 mendatang.


    5. Pernikahan Putri Eugenie dan Jack Brooksbank


    Royal Wedding kedua dihelat di Kapel St. George, Windsor, pada tanggal 12 Oktober 2018. Kali ini, Putri Eugenie dan Jack Brooksbank lah yang melangsungkan pernikahan. Sang mempelai perempuan nampak cantik dengan gaun yang menawan karya desainer Peter Pilotto, ditambah dengan hiasan tiara dari tahun 1919 yang ia pinjam dari Ratu Elizabeth II.

    Pernikahan kedua pasangan ini tak kalah istimewa dengan kehadiran selebriti ternama dan momen-momen candid yang mampu membuat setiap orang ikut bersuka cita.


    6. Pangeran George dan Savannah Philips sebagai duo favorit


    Sejak seremoni Trooping of Colour bulan Juni lalu, Pangeran George dan sepupunya, Savannah Philips, hingga kini turut menjadi pusat perhatian di setiap acara kerajaan Inggris. Keduanya beberapa kali tertangkap kamera dengan tingkah-tingkah jahilnya, mulai dari ketika Savannah mendorong George di atas rerumputan saat pertandingan polo hingga saat mereka menirukan permainan terompet dan saling bercanda tawa di pernikahan Putri Eugenie.


    7. Hari pertama sekolah bagi Putri Charlotte


    Pada awal tahun 2018, pihak Kensington Palace mengunggah dua foto lucu Putri Charlotte saat ia memasuki hari pertama di Willcocks Nursery School. Kedua foto tersebut diambil langsung oleh ibunya, Duchess of Cambridge, sebelum ia berangkat sekolah.

    Gadis kecil yang baru berusia dua tahun tersebut berpose dengan senyum menggemaskan, tampil dalam mantel merah yang dipadukan dengan syal warna merah muda dan sepasang sepatu Mary Janes. Para penggemar keluarga kerajaan pun dibuat heboh sebab Putri Charlotte nampak mirip dengan Ratu Elizabeth dan Putri Diana dalam foto ini.


    8. Pernikahan sesama jenis pertama di kalangan Royal Family


    Sebuah momen bersejarah terjadi di keluarga kerajaan Inggris tepatnya pada tanggal 22 September 2018 lalu. Sepupu Ratu Elizabeth II yaitu Lord Ivar Mountbatten resmi menikah dengan suaminya, James Coyle.

    Peristiwa ini merupakan pernikahan sesama jenis yang baru pertama kali diadakan di kalangan Royal Family dan tentunya menjadi perhatian khalayak ramai. Lord Ivar Mountbatten kemudian membagikan kebahagiaannya dengan mengunggah foto-foto dari upacara pernikahannya melalui Instagram.

    9. Ketika The Fab Four tampil bersama


    The Fab Four merupakan sebutan yang disematkan kepada Pangeran Harry, Meghan Markle, Pangeran William, dan Kate Middleton. Mereka berempat sebelumnya memang pernah berkumpul untuk pertama kali saat perayaan Natal bulan Desember 2017 lalu.

    Lain halnya dalam konteks formal, mereka tampil bersama secara resmi untuk pertama kalinya sebagai anggota keluarga kerajaan dalam acara pembukaan Royal Foundation Forum di bulan Februari.

    Banyak hal yang dibicarakan mengenai yayasan tersebut, mulai dari filosofi, program yang berkaitan dengan kesehatan mental, dan United for Wildlife. Tak hanya itu, mereka juga bercanda tentang bagaimana perjuangan mereka saat harus bekerja bersama keluarga.


    10. The Trooping of the Colour


    The Trooping of the Colour nampaknya tak kalah menarik dengan acara-acara kerajaan lainnya. Beberapa minggu setelah pernikahan Duke dan Duchess of Sussex, seluruh anggota kerajaan berkumpul bersama untuk menyaksikan seremoni ini yang juga menjadi perayaan hari ulang tahun ke-92 Ratu Elizabeth II.

    Acara dimeriahkan dengan parade militer dan Royal Air Force yang terbang di langit kota London. Ditambah lagi dengan kehadiran Kate Middleton dan Meghan Markle yang tampil menawan hingga anak-anak kecil dari royal family, peryaan The Trooping of the Colour tidak mengecewakan.


    11. Acara pertama Meghan Markle bersama Ratu Elizabeth


    Sekitar satu bulan setelah pernikahannya dengan Pangeran Harry, Meghan Markle tampil di depan publik dalam acara pertamanya bersama Ratu Elizabeth II. Ia beruntung menjadi anggota The Fab Four pertama yang berkesempatan untuk menaiki kereta api pribadi milik sang Ratu.

    Keduanya nampak begitu dekat saat mereka membuka jembatan Mersey Gateway. Mengenai penampilan Meghan hari itu, ia mengenakan gaun Givenchy dan memakai anting mutiara dan berlian yang merupakan hadiah dari Ratu.  


    12. Pippa Middleton melahirkan anak pertamanya


    Beberapa hari setelah menghadiri acara pernikahan Putri Eugenie, Pippa Middleton menyambut kehadiran anak laki-lakinya di tempat yang sama saat Kate Middleton melahirkan ketiga anaknya, yakni Lindo Wing di London. Pippa bersama James Matthew suaminya kemudian memberi nama anak pertamanya tersebut Arthur Michael William.


    13. Potret manis Pangeran Louis bersama Putri Charlotte dirilis


    Kensingston Palace merilis potret Pangeran Louis bersama kakak perempuannya melalui akun sosial media mereka. Nampak Putri Charlotte menunjukkan rasa sayangnya dengan mencium lembut dahi adiknya yang tengah tertidur dalam pangkuannya.

    Foto ini diambil langsung oleh ibu mereka, Duchess of Cambridge, pada tanggal 2 Mei 2018 yang bertepatan dengan hari ulang tahun Putri Charlotte. Sungguh satu momen manis yang menghangatkan hati setiap orang.


    14. Ketika Duke dan Duchess of Sussex mengikuti tur kenegaraan


    Pangeran Harry dan Meghan Markle melakukan kunjungan kenegaraan selama 16 hari di Australia, Fiji, Tonga, dan Selandia Baru. Tur yang dimulai dari tanggal 16 Oktober 2018 tersebut tentu tak lepas dari pemberitaan berbagai media. Perjalanan mereka dapat dikatakan penuh kejutan dan kasih sayang. Setibanya di Australia, pihak kerajaan mengumumkan kabar gembira bahwa Meghan telah mengandung seorang buah hati. Selanjutnya, kedua calon orang tua ini nampak mesra di sepanjang perjalanan mereka mulai dari momen romantis di pantai Bondi hingga saling menatap dengan penuh kasih sayang di bawah payung saat hujan turun.   


    15. Camilla dan Meghan Markle menjalin hubungan yang akrab


    Sejak Meghan resmi menjadi anggota keluarga kerajaan, ia nampaknya berhasil menjalin hubungan kekeluargaan dengan ibu mertuanya, Duchess of Cornwall. Keduanya pernah tertangkap kamera tengah tertawa bersama dan terlihat sangat dekat di pesta kebun untuk merayakan ulang tahun Pangeran Charles yang ke-70. Keakrabannya bersama Camilla Rosemary Shand diharapkan akan terus berlanjut di acara-acara kerajaan selanjutnya.

    16. Proyek pertama Meghan Markle sebagai Duchess of Sussex


    The Duchess of Sussex merilis buku memasak berjudul Together: Our Community Cookbook sebagai proyek solo pertamanya. Buku ini ditulis sebagai bentuk dukungan kepada sekelompok wanita korban kebakaran menara Grenfell. Untuk merayakan peluncuran bukunya, Meghan yang juga ditemani oleh Pangeran Harry dan Doria Ragland mengundang wanita-wanita tersebut untuk makan bersama dan menikmati masakan dari resep yang tertulis di bukunya tersebut.

    17. Lambaian anggun Putri Charlotte


    Tahun 2018 menjadi masa di mana Putri Charlotte banyak mencuri perhatian dunia. Kita telah melihat bagaimana ia tumbuh menjadi gadis menggemaskan yang selalu tampil di setiap acara keluarga kerajaan Inggris. Sebut saja ketika ia menjadi si pembawa bunga baik di pernikahan Pangeran Harry dan Putri Eugenie. Lalu ia juga muncul di depan publik saat hari kelahiran dan pembaptisan adik laki-lakinya. Satu hal yang perlu diperhatikan adalah Putri Charlotte kini sudah lihai melambaikan tangan bak putri kerajaan lainnya di usia tiga tahun.


    18. Final Wimbledon bersama Kate dan Meghan


    The Duchess of Cambridge dan Duchess of Sussex untuk pertama kalinya mengabiskan waktu berdua saat menghadiri final olahraga tenis perempuan di ajang Wimbledon 2018. Keduanya hadir mendukung Serena Williams, tampak saling bercengkrama dan berbagi canda tawa di tribun penonton. Kate Middleton tampil cantik dengan gaun chic bermotif polkadot, sementara Meghan memilih mengenakan kemeja  bergaris dari Ralph Lauren yang dipadukan dengan celana putih.

    19. Foto ulang tahun Pangeran Charles ke-70


    Dalam rangka merayakan hari ulang tahun Pangeran Charles yang ke-70, beberapa foto candid terbaru dirilis oleh Royal Family. Fotografer resmi keluarga kerajaan, Chris Jackson, mengabadikan potret keluarga dengan suasana yang lebih santai. Pangeran Charles bersama dengan Duchess Camilla, Pangeran William, Kate Middleton, Pangeran George, Putri Charlotte, Pangeran Louis, Pangeran Harry, dan Meghan Markle berpose di halaman Clarence House, tampil padu dengan kombinasi pakaian berwarna biru dan putih.  


    20. Ratu Elizabeth menanti kedatangan Donald Trump


    Donald Trump berkunjung ke Kastil Windsor untuk menemui Ratu Elizabeth II pada 13 Juli 2018. Pada hari itu ada sesuatu yang tak biasa terekam oleh media, sang Ratu berdiri di bawah tenda di halaman depan kastil sembari beberapa kali melihat jam yang melingkar di tangannya. Ia tengah berdiri menunggu Donald dan Melania Trump yang belum menampakkan diri. Momen ini sempat meramaikan dunia Twitter dan menyiratkan satu pesan, yaitu jangan sesekali membiarkan Ratu Inggris menunggu.

    21. Kate Middleton menerima penghargaan Royal Family Order


    Kate Middleton hadir ke jamuan makan malam kenegaraan di Buckingham Palace pada bulan Oktober lalu dengan penampilan yang anggun dan sempurna. Ia tampil cantik saat mengenakan gaun Alexander McQueen.

    Kalung berlian dan mutiara yang pernah dipakai oleh Ratu Alexandra di tahun 1863 tergantung manis di lehernya, ditambah dengan tiara Lover‘s Knot yang menghiasi kepala. Satu hal penting yang tak boleh diabaikan adalah sebuah pin Royal Family Order of Queen Elizabeth II, dengan potret sang Ratu yang dikelilingi berlian pada pita berwarna kuning.

    Pin ini adalah penghargaan khusus dari Ratu Elizabeth sendiri bagi anggota keluarga kerajaan untuk pengabdian yang telah diberikan.   


    22. Dirilisnya foto ulang tahun kelima Pangeran George


    Sehari menjelang ulang tahun Pangeran George yang kelima, Duke dan Duchess of Cambridge merilis foto anak pertama mereka. Pangeran muda itu berpose di depan kamera Matt Porteous (fotografer keluarga kerajaan Inggris) dengan kaus putih dan celana pendeknya sambil memperlihatkan senyum lebarnya yang menggemaskan.


    23. Meghan Markle menghadiri acara Royal Ascot pertamanya


    Tepat satu bulan setelah pernikahan, Meghan Markle menghadiri acara Royal Ascot pertamanya sebagai Duchess of Sussex. Royal Ascot merupakan suatu perhelatan terbesar tahunan bagi orang-orang Inggris yang dari kalangan kelas atas. Ia hadir ditemani oleh Pangeran Harry dengan diantar menggunakan kereta kuda. Meghan nampak memesona dengan balutan gaun dengan sabuk dari label Givenchy dan topi Philip Tracy.


    24. Foto keluarga pasca pembaptisan Pangeran Louis


    Tak hanya foto-foto ulang tahun dan pernikahan, pihak kerajaan Inggris juga merilis foto-foto resmi yang mengabadikan momen keluarga lainnya. Kali ini adalah pembaptisan Pangeran Louis yang telah dilaksanakan pada tanggal 9 Juli 2018 di The Chapel Royal, St, James Palace. Ialah Matt Holyoak, seorang fotografer yang berkesempatan untuk mengabadikan foto keluarga besar Pangeran William. Dalam potret keluarga tersebut, nampak Pangeran George yang tersenyum lebar di atas pangkuan ayahnya, sementara Putri Charlotte tak bisa mengalihkan pandangannya dari adik laki-lakinya yang baru berusia dua bulan saat itu.


    25. Zara Tindall melahirkan anak keduanya


    Zara Tindall, cucu Ratu Elizabeth II, ikut meramaikan pemberitaan setelah ia melahirkan anak keduanya di bulan Juni. Bayi perempuan yang dinamai Lena Elizabeth tersebut menjadi cucu bagi Putri Anne (ibunda Zara) dan cicit ketujuh untuk Ratu Elizabeth II.


    26. The Fab Four merayakan hari jadi RAF ke-100



    Duke dan Duchess of Cambridge serta Duke dan Duchess of Sussex bersama dengan anggota kerajaan lainnya turut hadir untuk memperingati hari jadi Royal Air Force yang ke-100 pada bulan Juli lalu. Kate Middleton dan Meghan Markle tampil glamor dengan busana Alexander McQueen. Mereka berempat saling berbagi canda tawa sembari melihat atraksi pesawat terbang dari balkon Buckingham Palace.


    27. Duke & Duchess of Cambridge tampil menawan di BAFTA


    Duke dan Duchess of Cambridge telah menjadi salah satu tamu kehormatan di BAFTA setiap tahunnya. BAFTA atau British Academy of Film and Television Awards merupakan ajang penghargaan tahunan bagi film-film terbaik Inggris dan luar negeri. Seperti biasa, kedua pasangan kerajaan ini tampil memukau dalam seremoni yang dihelat pada bulan Februari lalu di Royal Albert Hall, London.


    28. Duke & Duchess of Cambridge bertemu keluarga kerajaan Swedia


    Selama empat hari kunjungannya ke Swedia dan Norwegia, Pangeran William dan Kate Middleton menemui rekan sesama bangsawan dari Swedia yaitu Putri Victoria dan Pangeran Daniel. Mereka melakukan berbagai kegiatan, mulai dari makan siang bersama di istana kerajaan Stockholm hingga  berjalan-jalan menuju Nobel Museum.


    (Penulis: Lauren Sheffield; Artikel ini disadur dari Bazaar US; Alih bahasa: Erlissa Florencia; Foto: Bazaar US)







- RELATED ARTICLE -