• Harper’s Bazaar Indonesia Kembali Menggelar ANFA 2019

    Fashion / News


    Harper’s Bazaar Indonesia Kembali Menggelar ANFA 2019

    Bertujuan untuk mencari bakat baru dalam dunia fashion, Harper’s Bazaar Indonesia kembali menggelar kompetisi Asia NewGen Fashion Award 2019


    Sejak tahun 2013 Harper’s Bazaar Indonesia secara rutin menggelar kompetisi Asia NewGen Fashion Award (ANFA). Perlombaan bergengsi tersebut merupakan gagasan majalah Harper’s Bazaar dari empat negara di Asia Tenggara yaitu, Indonesia, Malaysia, Thailand, dan Singapura. Dan kali ke-5 penyelengaraan ANFA, Harper’s Bazaar India pun turut ikut bergabung. Acara ini sendiri bertujuan untuk mencari bakat baru dalam dunia fashion, sekaligus mempersiapkan mereka terjun ke industri fashion global.


    Di Indonesia, ANFA sudah melahirkan sejumlah nama besar dalam industri fashion seperti Peggy Hartanto, Sheila Agatha Wijaya (Sean Sheila), Cynthia Fransisca, Audrey Chairunissa, Wilsen Willim, William Utama, Alifa Maqnuun, Michelle Kristiani dan kedua finalis ANFA di tahun 2018, Andandika Surasetja, dan Frederika Cynthia Dewi.



    Bukan hanya mendapatkan wadah di Indonesia, namun kedua pemenang ANFA pun juga berkesempatan untuk mempertunjukkan kreativitas ke tingkat regional Asia. Di mana para pemenang akan membawa nama Indonesia dan bersaing dengan finalis dari negara lainnya.

    Finalis dari Indonesia sudah banyak meraih berbagai prestasi. Di antaranya Wiliam Utama yang memenangkan ANFA di tingkat regional Asia pada tahun 2016, setahun kemudian, Michelle Kristiani Tjong yang meraih prestasi sebagai runner up. Dan di tahun ini, tepatnya di bulan Oktober, Andandika Surasetja berhasil memperoleh posisi runner up. Pemenang kali ini adalah Andrew Low asal Singapura yang mempresentasikan koleksi dengan desain tailoring dan potongan yang modern dalam tabrakan motif tartan dan floral.


    ANFA pun kembali digelar di tahun 2019, dengan konsep yang lebih menarik. Kompetisi ini akan memberikan tempat bagi para desainer muda untuk memperkenalkan koleksi mereka ke dalam dunia fashion. 

    Sederet tokoh ternama yang merupakan perwujudan representasi dari industri fashion dipilih Harper’s Bazaar Indonesia untuk menjadi tim penilai seperti: Didi Budiardjo (Fashion Designer), Sebastian Gunawan (Fashion Designer), Ria Juwita ( Senior Manager Event and Promotions Plaza Indonesia), Ria Lirungan (Editor-in-Chief Harper’s Bazaar Indonesia), Michael Pondaag (Fashion Director Harper’s Bazaar Indonesia), Mira C. Setiady dan Iwan Kurniawan dari PT Sri Rejeki Isman,Tbk (Sritex). 


    “Asia NewGen Fashion Award memberikan ruang bagi para finalis untuk bertransformasi selama penjurian dengan proses mentoring dan pembekalan yang diberikan,” ungkap Ria Lirungan, Editor-in-Chief Harper’s Bazaar Indonesia


    Selain menyeleksi peserta menjadi semifinalis, para tim panel juri juga akan membimbing para finalis untuk membantu mereka menyempurnakan koleksi, dan memberikan arahan tentang pengembangan bisnis dalam industri fashion secara global.

    “Bagi saya ANFA menjadi sebuah kompetisi yang berbeda. Karena saya sebagai juri diminta untuk memberikan saran serta membantu para finalis untuk menemukan karakteristiknya dalam dunia mode. Ini merupakan proses awal yang saya alami 30 tahun lalu untuk mencapai posisi sekarang,” ujar Didi Budiardjo. Penilaian kompetisi ANFA 2019 meliputi daya pakai, karakter, kualitas materi sesuai desain, dan juga keunikan sebuah karya.

    Para calon peserta dapat mendaftarkan diri dengan mengisi formulir yang ada di situs website Harper’s Bazaar Indonesia. Pendaftaran dibuka sampai tanggal 14 Januari 2019. Sebagai salah satu persyaratan, peserta diharuskan untuk mempersiapkan koleksi dengan tema Woman Ready-to-Wear Spring/Summer 2019. 


    Pemenang ANFA 2019 akan memiliki beragam kesempatan dalam industri fashion. Di antaranya mengikuti pergelaran fashion di Plaza Indonesia Fashion Week, liputan spesial oleh majalah Harper’s Bazaar Indonesia serta sederet hadiah menarik lainnya. Dan tentunya menjadi perwakilan Indonesia ke tingkat regional Asia bagi dua pemenang.

    ANFA dapat menjadi tempat bagi para desainer muda untuk memulai karier fashion atau menjadi pintu awal memasuki industri fashion. Seperti yang diungkapkan Peggy Hartanto yang merupakan pemenang ANFA di tahun 2014: “ANFA merupakan tonggak penting dalam perjalanan karier saya di dunia mode Indonesia maupun internasional. ANFA memberikan kesempatan saya untuk berkenalan dengan orang-orang penting dalam dunia fashion dan industri tekstil. Relasi yang terjalin dengan baik ini, sangat membantu saya untuk mengembangkan bisnis fashion.”


    (Foto: Dok. Bazaar)


    Tags : anfa 2019






- RELATED ARTICLE -