• Instagram Unik Tentang Foto Wajib Follow, Paperboyo

    Culture / News


    Instagram Unik Tentang Foto Wajib Follow, Paperboyo

    Rich McCor melihat dunia lewat perspektif unik dengan membuat seni kertas dan fotografi secara bersamaan.


    Fun! Akun Instagram kepunyaan fotografer sekaligus seniman asal London, Rich McCor, memang berbeda. Kita diajak melihat dunia lewat cara yang sungguh kreatif. 

    Tidak hanya suguhan konten visual sejumlah destinasi indah di dunia. Rich selalu menyisipkan karya seni cutting paper kreasinya di foto-fotonya.

    Kadang membuat tawa kecil. Bayangkan saja tetiba ada patung Liberty di Amerika yang terkenal megah, tampak sedang keberatan mengangkat beban. Seperti atlet Olimpiade saja.



    Konten kreatif akun Instagram bernama @paperboyo ini memang selalu menyenangkan untuk disimak. Awalnya, Rich sempat mengalami frustasi dengan pekerjaannya.

    Sampai akhirnya di tahun 2015, seniman berbakat ini memutuskan untuk berhenti dari pekerjaannya dan menekuni hobi fotografinya.

    Memang jalah hidup manusia, tidak ada yang tahu. Ternyata keputusan tersebut menjadi keputusan terbaik yang diambil Rich semasa hidupnya.

    Saat ini, ia dikenal dunia sebagai salah satu seniman kertas sekaligus fotografer travel paling ternama. Tidak percaya? Lihat saja angka pengikut Instagram @paperboyo yang telah mencapai 402K! 



    Kesuksesan Rick juga dibuktikannya dengan perilisan bukunya yang berjudul Around The World in Cut-Outs. Buku ini sempat menjadi salah satu best seller di Amazon dan sejumlah toko buku ternama milik dunia.

    Keberhasilan ini tidak diraih Rich begitu saja. Kalau saja empat tahun silam, ia tidak punya nyali untuk mengikuti hasrat serta hobinya. Bisa jadi kesuksesan Paperboyo hanya menjadi angan semata.

    Tidak hanya menunjukan sisi humorisnya dengan karya seni cutting paper-nya yang cenderung menyeleneh. Konten cantik seperti wanita berkimono yang memegang setangkai bunga berikut juga sukses menarik perhatian para penggemar Paperboyo.



    Pemikiran Rich dalam berkreasi selalu saja out of the box. Bahkan, bisa-bisanya seniman yang satu ini terpikir untuk membuat gitar dari lingkaran sebuah atraksi bianglala.



    Tidak kalah kreatif. Kalau unggahannya di Nova Scotia berikut pasti mengingatkan kita akan film animasi ternama keluaran Disney Pixar berjudul Up.

    Ikatan balon-balon di atap sebuah rumah membuat kita melihat pemandangan yang tadinya biasa saja, jadi terlihat lebih menarik. Sebagai seniman, Rich memang memiliki daya tarik tersendiri.



    Ada-ada saja ide kreatifnya. Sebuah arsitektur modern ikonis di Basel, Switzerland, pun bisa disulapnya menjadi seekor anjing Dalmatian.



    Naluri tingginya bermain komposisi ukuran dan detail memang layak mendapat acungan jempol. Tidak heran jumlah pengikut akun Paperboyo mengingkat secara konsisten seiring berjalannya waktu.



    Awalnya, Rich hanya mengabadikan hasil fotografi dan kreasi kertasnya di berbagai sudut kota London. Sampai akhirnya setelah berhenti dari pekerjaannya, ia pun rutin bepergian.

    New Zealand, Korea Selatan, Dubai, dan sejumlah destinasi ternama lainnya sudah pernah disambanginya. Memang sepertinya ia mengerti benar makna pepatah “hidup hanya sekali, jangan pernah disia-siakan.”

    Dari waktu ke waktu konten destinasinya pun semakin beragam. Kalau berikut ini, Rich menampakkan sosok Audrey Hepburn melalui kreasinya saat ia berkunjung ke Chemnitz, Jerman.  



    Namun, kemana pun ia pergi. London tetap menempati tempat khusus di hatinya. Selain karena Ibukota Inggris ini merupakan tempat asalnya, setiap sudut kota London diakui Rich selalu menarik untuk dieksplorasi.

    Tidak hanya keindahan kota. Detail lainnya, seperti botol anggur merah berikut ini juga menorehkan ide unik bagi Rich untuk berkreasi. Sungguh kreatif bukan? 



    Kalau yang berikut ini, saat Rich sedang berpelesir ke padang salju di Lapland, Swedia. Kreasinya berupa kumpulan anjing keturunan serigala dengan pengendaranya terlihat kontras dengan putihnya salju.



    Masih berlatar belakang salju. Kali ini giliran salju di Megeve, Amerika bagian Utara yang menarik perhatian Rich untuk berkreasi. Menggunakan sedotan sebagai alas bermain ski. Lagi-lagi ia sukses membuat kagum para pengikutnya.



    Tokoh animasi seksi Jessica Rabbit pun sempat menjadi inspirasi kreasinya. Gedung berwarna merah di Barcelona pun disulapnya menjadi gaun tokoh animasi wanita ikonik ini. Unggahannya berikut sukses meraih lebih dari 30 ribu likes!



    Mari menutup bahasan mengenai seniman berbakat pencetus akun @paperboyo ini dengan tawa. Tokoh Rose di film Titanic digantikan Rick dengan patung ikonik Christ The Redeemer di Rio de Jenairo. Ide kreatif Rick memang tanpa batas!



    (Foto: Courtesy of Instagram @paperboyo)









- RELATED ARTICLE -