• 26 Kado Terbaik Bagi Pecinta Buku

    Culture / News


    26 Kado Terbaik Bagi Pecinta Buku

    Panduan bagi Anda yang ingin memberi hadiah spesial bagi sahabat penggemar literatur


    Tidak jarang kita menghadapi kesulitan ketika akan memberi bingkisan yang menarik. Ketika Anda sudah kehabisan pilihan, buku bisa menjadi alternatif terakhir sekaligus yang sempurna bagi siapa saja. Sebab, membaca karya-karya literatur bisa menjadi salah satu sarana untuk mengalihkan perhatian banyak orang dari rutinitas hidup termasuk adiksi terhadap penggunaan gadget.

    Bertepatan dengan perayaan Natal dan tahun baru yang sudah semakin dekat, Bazaar memberikan beberapa pilihan buku, aksesori, dan gadget yang dapat menyenangkan hati para pembaca buku dari segala umur.

    1. Becoming oleh Michelle Obama

    Memoar mantan wanita nomor satu Amerika Serikat, Michelle Obama, memuncaki daftar wish list tahun ini. Buku yang masuk dalam Oprah Book Club selection tersebut mengungkapkan sisi lain dari seorang istri eks presiden, Barrack Obama. Melalui tulisannya, ia menceritakan secara terbuka saat harus mengalami keguguran, mengikuti konsultasi pernikahan, dan tentunya masa-masa yang ia lalui selama delapan tahun di White House.


    2. An American Marriage: A Novel oleh Tayari Jones


    An American Marriage: A Novel dapat dikatakan sangat menarik bagi para pecinta karangan fiksi dan akan membuat pembacanya betah menghabiskan waktu untuk tenggelam dalam setiap lembarannya. Buku karangan Tayari Jones ini bercerita tentang pasangan pengantin baru yang harus berpisah karena suatu keadaan, di mana sang suami dituduh melakukan tindak kejahatan yang bahkan tidak dilakukannya. Tayari sukses memberikan sebuah narasi nyata tentang transformasi hubungan kedua kekasih tersebut secara terbuka. Pada akhirnya, cerita yang dituturkan akan membuat Anda benar-benar terkejut.


    3. Together: Our Community Cookbook


    Together: Our Community Cookbook tidak harus ditujukan bagi mereka penggemar berat keluarga kerajaan Inggris. Seperti yang diketahui, buku kumpulan resep ini diinisiasi oleh Meghan Markle untuk proyek pertamanya sebagai anggota kerajaan Ratu Elizabeth.

    Uang yang dihasilkan dari penjualannya digunakan untuk membantu Hubb Community Kitchen, yaitu sebuah komunitas perempuan yang dibangun setelah tragedi kebakaran menara Grenfell. Mereka kemudian berkumpul untuk memasak makanan bagi keluarganya dan orang-orang sekitar. Hingga bulan November lalu, dana yang terkumpul dari pemasaran buku tersebut telah mencapai 260.000 dolar Amerika atau sekitar 3,7 miliar rupiah.

    4. Educated: A Memoir karangan Tara Westover


    Memoar milik Tara Westover turut masuk ke jajaran teratas buku terbaik tahun ini. Penulis asal Amerika Serikat tersebut mendeskripsikan masa kecilnya saat ia tumbuh dan dibesarkan oleh para fundamentalis Mormon yang tidak mengakui pemerintah, sekolah publik, atau bahkan pengobatan modern. Cerita yang ia tuangkan akan membuat Anda terkejut, tegang, sekaligus tersenyum kagum.

    5. The Best Damn Answers to Life’s Hardest Questions: A Flowchart Book


    Berburu hadiah Natal nampaknya akan lebih menyenangkan dengan adanya coffee table book yang satu ini. Pertanyaan-pertanyaan sederhana seperti "Haruskah saya menggunakan aplikasi kencan?“ atau "Apakah saya bisa melewati hangover?“ disajikan dalam bentuk diagram alur dengan ilustrasi yang lucu dan menarik.

    6. Fashion Climbing: A Memoir with Photographs oleh Bill Cunningham


    Dua tahun setelah Bill Cunningham meninggal dunia, sebuah biografi yang dibuat berdasarkan kisah sang fotografer ikonis New York Times tersebut dirilis. Buku ini mendeskripsikan tentang kehidupan Bill ketika masih muda, mulai dari bekerja di Korea hingga kemudian pindah ke New York dan menjadi seorang pembuat topi. Ketertarikannya akan hal-hal estetika mengantarkannya menuju kegemilangan karirnya. Sangat cocok bagi semua penggemar dunia fashion.

    7. Kindle Paperwhite


    Apabila Anda memiliki sahabat yang nampak kesulitan untuk menata daftar to be read mereka, sebuah perangkat bernama Kindle Paperwhite dapat menjadi solusinya. Sebuah e-book reader keluaran Amazon ini dapat menjadi hadiah yang sempurna bagi mereka penggila buku. Berbeda dengan smartphone atau tab, Kindle Paperwhite dibuat khusus untuk membaca. Anda juga dapat menyimpan ribuan e-book dan mendapatkan pengalaman yang sama seperti membaca buku cetak melalui sebuah peranti yang tak akan membuat mata lelah.  

    8. Layanan Berlangganan First Editions Club

    Hadiah yang satu ini akan menjadi sesuatu yang spesial bagi setiap kutu buku. Sebuah toko buku independen di Brooklyn bernama Greenlight meluncurkan First Edition Club, program yang telah mereka jalankan sejak tahun 2013. Dengan menyediakan uang sebesar 250 dollar Amerika, Anda akan mendapatkan edisi pertama buku terbaru yang sudah ditandatangani oleh pengarangnya dan dipilih langsung oleh komite spesial secara khusus.


    9. Fire & Blood: 300 Years Before A Game of Thrones (A Targaryen History) karangan  George R. R. Martin


    Penggemar serial Game of Thrones tentunya tak akan melewatkan rilisan terbaru dari George R.R. Martin ini. Sejarah keluarga Targayen dijabarkan dengan jelas dari generasi ke generasi. George sendiri mengatakan bahwa novel karangannya berisikan tentang informasi krusial yang akan memandu pembacanya menuju serial televisi Game of Thrones yang akan memasuki musim kedelapan.

    "Apabila [Daenerys] paham beberapa hal tentang naga dan histori tentang dirinya di Essos, mungkin apa yang terjadi akan sedikit berbeda," ungkap George.

    10. My Brilliant Friend oleh Elena Ferrante


    Seri Neapolitan Novels karangan Elena Ferrante pernah menuai kesuksesannya dalam dunia literasi saat dirilis beberapa tahun yang lalu. My Brilliant Friend adalah buku pertama dari keempat seri yang ada dan akan membuat para pecinta buku terkesan saat menikmati jalannya cerita yang dusuguhkan oleh sang penulis.

    Pada bulan November 2108, HBO mengembalikan kepopulerannya dengan meluncurkan mini seri yang diangkat berdasarkan novel epik tersebut. My Brilliant Friend bercerita tentang dua orang wanita yang tak terpisahkan meski mengalami love-hate relationship.

    11. Berlangganan Book of the Month 


    Book of the Month Membership merupakan sebuah program yang ditawarkan oleh salah satu e-commerce dari Amerika di industri literasi yaitu Book of the Month Club. Orang istimewa yang sudah Anda pilih bisa menentukan sendiri buku-buku yang mereka sukai setiap bulan.

    Harga paket yang ditawarkan pun bervariasi dan Anda bisa memilih jangka waku berlangganan, mulai dari tiga bulan, enam bulan, hingga 12 bulan. Book of the Month akan mengirimkan buku-buku terbaru mereka yang tersedia dalam berbagai genre.

    12. The 'New York Times' Explorer: Cities & Towns


    Setiap traveler, baik mereka yang ingin jalan-jalan untuk sekadar berbelanja atau benar-benar mengeksplorasi keindahan dunia, pasti akan senang bila diberi hadiah berupa buku seri The New York Times Explorer. Panduan Cities & Towns atau Beaches, Islands, and Coasts cocok bagi para traveler pemula.

    Sementara untuk mereka yang sudah banyak menjelajah dunia, seri Mountains, Deserts & Plains atau Road, Rail & Trail bisa dijadikan sebagai alternatif hadiah. Jika Anda masih bingung untuk menentukan buku yang kiranya cocok, cobalah dengan NYT’s 36 Hours: USA & Canada.

    13. Children of Blood and Bone karangan Tomi Adeyemi


    Children of Blood and Bone merupakan buku pertama dari seri Legacy of Orisha yang kini bersanding dengan Harry Potter dan mencuri perhatian pembaca young adult. Novel ini bercerita tentang sekelompok anak-anak dari latar belakang yang berbeda. Salah satunya adalah anak dari seorang raja kejam yang memusnahkan orang-orang berilmu sihir dari daerah otoritasnya, sementara dua anak lainnya adalah anak yatim dan piatu yang menjadi korban perbuatan si raja. Ketiganya berusaha untuk menghentikan kepemimpinan yang diktator, hanya saja ada seseorang berusaha menghentikan mereka.

    14. Delish: Eat Like Every Day’s the Weekend


    Buku ini sangat cocok bagi kawan Anda yang senang dengan segala hal soal masakan. Tak hanya untuk urusan menikmati makanan, namun juga bagi mereka yang tidak akan pernah berhenti untuk mengunggah video berbagai santapannya di media sosial. Semua resep masakan viral terfavorit tersaji dalam satu buku, mulai dari anggur Prosecco hingga pizza pot pie dan banana split lasagna.

    15. Kaus Kaki Edgar Allan Poe-ka Dot


    Pecinta buku yang sejati akan bahagia apabila diberi bingkisan berupa sesuatu yang merepresentasikan penulis-penulis ternama kesayangan mereka. Misalnya saja kaus kaki bergambar wajah Edgar Allan Poe yang satu ini. Jangan lewatkan pula kaus kaki unik lainnya yang bertemakan Sherlock Holmes, Pride and Prejudice, dan Le Petit Prince.

    16. Layanan Berlangganan Strand


    Strand, sebuah toko buku ikonik dari New York menawarkan subscription box, sebuah paket spesial yang isinya terdiri dari buku keluaran terbaru edisi pertama yang ditandatangani oleh penulisnya, sebuah paperback, dan beberapa majalah serta pernak-pernik dari Strand. Tersedia pula paket buku Feminist Literature yang dapat dijadikan sebagai pilihan tepat bagi kawan-kawan aktivis Anda dan dapat diisi dengan beberapa buku mulai dari genre sci-fi, young adult, hingga non-fiksi politik.

    17. Shade: A Tale of Two Presidents


    Peter Souza pernah bekerja sebagai fotografer resmi bagi Barrack Obama selama menjabat sebagai presiden Amerika Serikat. Ia sering menghabiskan waktunya berada di dalam kantor sang pemimpin nomor satu negeri Paman Sam tersebut, mengabadikan momen-momen saat Obama memegang kendali pemerintahan.

    Melalui foto-foto dalam bukunya yang berjudul Shade: A Tale of Two Presidents, Peter melontarkan kritikannya kepada Donald Trump dengan cara membandingkan kepemimpinan keduanya di kursi kepresidenan. Buku ini bisa menjadi pilihan yang tepat bagi Anda yang menanti pemilihan presiden di tahun 2020.

    18. The Woman in the Window: A Novel


    Penggemar karangan Gillian Flynn sekiranya masih dapat menerima keberadaan novel ini. The Woman in the Window adalah sebuah psychological thriller yang mengisahkan tentang seorang dokter wanita dengan agrophobia dan masalah kecanduan yang merasa bahwa dirinya menjadi saksi tindak kriminal mengerikan. Cerita ini akan dibawa menuju panggung layar lebar tahun depan dengan Amy Adams sebagai pemeran utamanya.

    19. Harry Potter: The Illustrated Collection 


    Selalu ada waktu bagi mereka yang ingin mengenal dunia Harry Potter. Kali ini, penerbit buku anak-anak yaitu Arthur A. Levine mengeluarkan satu paket koleksi berisikan tiga seri pertama novel Harry Potter dengan ilustrasi karya Jim Kay. Gambar-gambar yang dilukiskan di dalamnya akan membawa pembacanya untuk masuk menyelami dunia sihir secara lebih mendalam.

    20. In Pieces oleh Sally Field


    Buku lain yang cocok bagi penggemar film dan cerita biografi adalah In Pieces yang ditulis oleh seorang aktris asal Amerika, Sally Field. Ia dikenal melalui beberapa filmnya seperti Mrs. Doubtfire, Forrest Gump, dan The Amazing Spiderman. Sally menarasikan kisah hidupnya termasuk dalam hal persahabatan dan cinta, dunia peran yang ia jalani, serta pengalaman-pengalaman hidup yang memberikan pengaruh terhadap kehidupannya dan membentuk karirnya yang kini gemilang.

    21. The Kiss Quotient karangan Helen Hoang


    The Kiss Quotient dapat menjadi novel yang menarik untuk setiap pecinta cerita roman. Buku karangan Helen Hoang ini bercerita tentang seorang wanita dengan sindrom Asperger atau autisme yang mempekerjakan seseorang untuk membantunya dalam hal bercinta. Tak disangka lalu keduanya pun terlibat asmara.

    22. Bad Blood: Secrets and Lies in a Silicon Valley Startup


    John Carreyrou, seorang jurnalis investigasi dari Wall Street Journal, mengungkapkan cerita soal kebangkitan dan kehancuran sebuah perusahaan startup bernama Theranos. Didirikan oleh Elizabeth Holmes, Theranos bergerak di bidang teknologi medis, terutama dalam menyediakan layanan tes darah. Melalui tulisannya, John mengkritisi segala hal yang sebenarnya terjadi di dalam industri tersebut.

    23. Goodnight Moon Baby Onesie


    Bagi orang tua baru, hadiah onesie bergambar sampul buku cerita anak-anak bisa menjadi pilihan yang menarik. Apalagi bila hadiah ini diberikan bersama dengan buku yang sama.

    24. Salt, Fat, Acid, Heat: Mastering the Elements of Good Cooking


    Samir Nosrat, seorang chef sekaligus penulis kuliner, merilis bukunya yang berjudul Salt, Fat, Acid, Heat: Mastering the Elements of Good Cooking. Tulisan ini pula lah yang menjadi inspirasi acara serial dokumenter miliknya dengan judul yang sama di saluran Netflix. Ia membeberkan teorinya tentang empat unsur penting dalam memasak sambil menawarkan latihan singkat dalam Cooking 101.Sebab, Samir percaya bahwa, "setiap orang bisa memasak dan membuat makanan yang enak." Apa saja keempat unsur tersebut? Semua telah disebutkan dalam judul bukunya sendiri.

    25. Nine Perfect Strangers karangan Liane Moriarty


    Big Little Lies akan segera memasuki season keduanya tahun depan. Sembari menunggu, buku berjudul Nine Perfect Strangers akan menjadi pilihan tepat bagi para penggemar karya Liane Moriarty. Novel terbaru karangannya tersebut bercerita tentang sembilan orang yang berkumpul di sebuah pusat kebugaran dan mendapatkan sesuatu yang tidak terduga.

    26. Homebody: A Guide to Creating Spaces You Never Want to Leave oleh Joanna Gaines


    Anda mungkin pernah mendengar tentang reality show Amerika berjudul Fixer Upper. Salah satu bintangnya yaitu Joanna Gaines merilis buku panduan darinya bagi Anda yang ingin merenovasi atau mendekorasi rumah.

    Penulis: Julie Kosin, Artikel ini disadur dari Bazaar US; Alih bahasa: Erlissa Florencia, Foto: Courtesy of Bazaar US)


    Tags : buku






- RELATED ARTICLE -