• 7 Manfaat Melakukan Peregangan Setiap Hari

    Beauty / News


    7 Manfaat Melakukan Peregangan Setiap Hari

    Peregangan sangat penting, entah Anda berolahraga atau tidak.


    Sejak kelas olahraga pertama Anda di sekolah, Anda pernah mendengar bahwa peregangan penting untuk melancarkan sirkulasi dan mencegah cedera. Apakah Anda akan melakukan sesi olahraga atau telah duduk sepanjang hari dan dapat menggunakan istirahat, peregangan adalah kebiasaan sehat yang benar-benar penting dan bermanfaat. Berikut ini beberapa manfaatnya:

    1. Mata Anda akan terasa segar dan bersemangat untuk pergi

    Jika Anda merasa lelah di sore hari, peregangan dan istirahat akan menyegarkan Anda dalam waktu singkat daripada waktu yang dibutuhkan bagi seorang barista untuk menyiapkan latte Anda seperti biasanya. Hanya beberapa menit peregangan meningkatkan aliran darah melalui seluruh tubuh Anda, termasuk otak Anda, kata Jennifer Warthan, seorang pelatih pribadi bersertifikasi. “Ini membangunkan Anda dan membantu Anda merasa lebih cepat.”

    2. Anda akan cenderung tidak tersandung atau jatuh

    Sebuah penelitian menguji 42 siswa untuk melihat apakah peregangan akan berdampak pada berapa lama mereka dapat bertahan pada alat yang disebut stabilometer. Para siswa yang terlentang selama 30 menit sebelumnya mampu menyeimbangkan lebih lama daripada mereka yang duduk tenang sebelum masuk. Peneliti berpikir peregangan dapat membantu koordinasi dengan otot halus, yang berarti mereka yang terlentang paling pertama mungkin bisa menghindari jatuh dengan membuat penyesuaian keseimbangan kecil.

    3. Anda akan bergerak lebih mudah dan tanpa rasa sakit

    Peregangan teratur dapat meredakan otot yang kaku, tetapi untuk mendapatkan manfaat itu, penting untuk mengetahui cara peregangan yang benar. “Hindari peregangan statis, atau ‘peregangan dan tahan,” kata Michael Ross, MD, direktur medis untuk Rothman Institute Performance Lab. "Fokus pada mobilitas dengan melakukan latihan gerak dan kerja jaringan lunak dengan rol busa." Latihan gerak meliputi pengibasan bahu, belokan pergelangan tangan, dan angkat lutut atau apa pun yang membuat otot dan persendian bergerak melalui gerak secara penuhnya.

    4. Anda akan memaksimalkan latihan Anda

    Peregangan harus menjadi bagian rutin dari rutinitas pra dan pasca-latihan Anda. Pelatihan fleksibilitas adalah sesuatu yang kebanyakan orang letakkan di kursi belakang ketika menyangkut kebugaran, tetapi kenyataannya peregangan memungkinkan Anda memiliki rentang gerak dan mobilitas yang lebih baik. Dan, rentang gerak yang lebih baik berarti Anda dapat melakukan lunge lebih rendah dan melompat lebih tinggi, yang berarti latihan yang lebih efektif. "Untuk sesuatu seperti jongkok, itu berarti Anda bisa mendapatkan jongkok lebih dalam. Lutut dan pinggul flexor Anda akan menekuk lebih jauh," kata Warthan. "Anda akan mendapatkan lebih banyak dari latihan.
    Peregangan dinamis dianjurkan sebelum latihan untuk meningkatkan suhu tubuh dan meningkatkan fleksibilitas sendi sementara peregangan statis lebih baik di akhir latihan untuk pendinginan.

    5. Anda cenderung tidak akan melukai diri sendiri

    Menggabungkan peregangan ke dalam pemanasan Anda, membantu tubuh Anda bersiap-siap untuk berolahraga serta mengubah otak Anda menjadi 'mode latihan', kata Charles Drass, seorang pelatih pribadi bersertifikasi di Marlton, NJ. "Peregangan tidak bisa sepenuhnya menghilangkan cedera, tetapi itu pasti bisa membantu dari perspektif pola pikir," kata Charles. Ini juga membantu Anda menjadi lebih fokus sehingga Anda cenderung tidak membuat langkah yang salah. Cobalah beberapa pose yoga membuka pinggul untuk meredakan nyeri punggung dan mencegah kekakuan otot.

    6. Anda dapat menurunkan kadar gula darah

    Olahraga dikenal baik untuk membantu menjaga kadar glukosa dalam pemeriksaan, dan ternyata manfaatnya mungkin meningkat bahkan sebelum Anda mengasah pelatih Anda: Sebuah studi pada tahun  2011 pada orang dewasa yang menderita diabetes tipe 2 atau pre-diabetic menemukan bahwa mereka yang melakukan peregangan selama 40 menit setelah minum minuman manis memiliki kadar gula darah lebih rendah daripada mereka yang melakukan 'peregangan mengejek' - dengan kata lain, mengambil posisi yang sama, tetapi tidak benar-benar meregangkan otot-otot mereka.

    7. Anda bisa mengurangi stres

    Apakah bahu Anda praktis menyentuh telinga Anda? Apakah punggung Anda terasa tegang? Peregangan dapat membantu meredakan ketegangan baik secara fisik maupun mental, karena meregangkan otot-otot yang kencang sementara mengelabui Anda agar merasa lebih rileks. Jangan berlebihan, terutama jika luka Anda cukup serius: "Peregangan tidak boleh dipaksakan," ujar Charles. "Anda seharusnya bisa bersantai dalam peregangan. Jika Anda kesakitan, berarti Anda melakukan kesalahan."

    (Penulis: Kara Wahlgren; Artikel ini disadur dari BAZAAR UK; Alih bahasa: Livia Geraldine; Foto: Courtesy of BAZAAR UK)








- RELATED ARTICLE -