• Kemeriahan Pasar Kreatif Lokal Bertema Natal

    Culture / News


    Kemeriahan Pasar Kreatif Lokal Bertema Natal

    Tidak kalah dengan antusiasme warga asing menyambut Natal, para pelaku kreatif dalam negeri pun turut unjuk aksi.


    Kata siapa penduduk lokal kita tidak memiliki semangat Natal? Salah besar. Menyambut hari raya yang satu ini, ternyata begitu tinggi rasa antusias masyarakat sendiri.

    Tidak hanya Eropa, Amerika atau London saja yang unggul dengan pasar kreatif bertema Natal. Indonesia pun memiliki pasar Natal versi sendiri. 

    Tidak kalah meriah. Dan pastinya tidak kalah kreatif. Pasar Natal bertema 'Gifted' yang digelar di restoran Kayu Kayu, Alam Sutera, belum lama ini mendapat sambutan positif dari para pengunjungnya.






    Kebanyakan didatangi oleh para kaum muda pecinta seni dari dunia kreatif hingga para keluarga, Christmas market ini ramai dikunjungi mereka yang bersemangat menyambut Natal.




    Berbeda dengan pasar kreatif yang biasa digelar di Ibukota. Pasar seni ini menghadirkan para pemain dari label independen yang menghadirkan keunikan produk.

    Kokken selaku penggagas dari Gifted Christmas market melakukan kurasi selektif untuk para peserta pameran.

    Tidak hanya asal berjualan dan mencari untung semata. Pasar kreatif yang satu ini merupakan bukti bahwa semangat Natal warga lokal tidak kalah dengan para penduduk asing.

    Hadir dengan konsep yang jauh berbeda dengan pasar dadakan yang biasa digelar pusat perbelanjaan ternama. Atau pun pasar kreatif yang digandrungi para millennials masa kini.

    Gifted Christmas market hadir dengan konsep unik. Tentunya konsep yang tidak terlepas dari semangat Natal para peserta hingga pengunjungnya.

    Sesuai dengan temanya yang berjudul Gifted, pasar kreatif yang satu ini menekankan kepada seni indahnya berbagi saat hari Natal tiba.

    Sehingga bahkan sebelum pasar ini digelar pun, pihak penyelenggara sudah tampak mengunggah beberapa kontes Instagram dengan hadiah berupa produk kreasi para peserta.


    Produknya pun beragam. Satu hal yang menyamakan. Semuanya dikreasikan berbasis kepada hasrat pribadi para pesertanya terhadap kreativitas. Selain itu, serta tentunya semangat menyambut Natal.




    Dengan total sebanyak 35 peserta, Gifted Christmas market menghadirkan kreasi unik dari label milik masing-masing peserta. Mulai dari kuliner sehat racikan rumah, koleksi buku, mainan anak, perangkat mandi berbahan dasar organik hingga produk interior dan seni. 



    Seluruhnya diciptakan dengan hati. Hal ini jelas terlihat saat para pengunjung berkomunikasi langsung dengan para peserta yang tengah mempresentasikan produk kreasi mereka.

    Tidak sekadar berjualan, koneksi yang terjalin antara para peserta dan pengunjung lebih dapat dikatakan seperti layaknya keluarga. Hal itu jugalah yang menjadi inti dari perayaan Natal.

    Ketika kita bertegur sapa satu sama lain. Serta menjalin hubungan lebih daripada sekadar seorang penjual dan pembeli. Melainkan lebih seperti sahabat.  

    Kembali lagi, karena Natal adalah mengenai kehangatan dan indahnya berbagi. Sehingga, walaupun dipenuhi dengan para pengunjung. Suasana penuh sesak sama sekali tidak terasa mengganggu para pengunjung di pasar kreatif bertema Natal ini. Yang ada atmosfer kekeluargaan terasa kuat menyelimuti keseluruhan acara.

    Diselenggarakan selama tiga hari penuh di akhir penghujung November, pasar kreatif ini pun jatuh di tempo waktu yang ideal. Dimana para pengunjung masih memiliki banyak waktu untuk memilih hadiah Natal yang dapat mereka temukan di Gifted Christmas market.


    Para pengunjung pun jelas disenangkan dengan kayanya ragam pilihan hadiah yang terdapat di pasar Natal ini. Dikreasikan oleh para peserta satu per satu secara personal, mereka pun membawa pulang pilihan hadiah mereka dengan senyum puas. 



    Karena pastinya hadiah Natal yang didapatkan dari Gifted Christmas market menjadi pemberian berkesan bagi si penerima. Sesuatu yang dilahirkan dari hati dan hasrat kreatif pribadi tentunya istimewa.




    Letaknya bukan di nominal. Namun lebih kepada makna serta rasa cinta yang tersirat dari sebuah kado yang sifatnya personal. Dan di Gifted Christmas market, kayanya ragam pilihan hadiah Natal berkesan tersebut lengkap tersaji bagi para pengunjungnya.


    Semoga dengan kehadiran pasar kreatif bertema istimewa seperti ini, industri kreatif lokal pun turut maju. DImana lebih banyak wadah bagi para insan kreatif lokal untuk berkreasi dan unjuk aksi.

    Tidak ketinggalan bagi para peminat seni serta produk berbau kreatif, mereka pun jadi memiliki lebih banyak pilihan. Mari bersama Bazaar, kita dukung bersama kemajuan pasar seni kreatif milik negeri sendiri.


    (Foto: Courtesy of Kokken, Instagram @kokken_id)










- RELATED ARTICLE -