• Rekomendasi Tempat Liburan yang Indah di Tahun 2019

    Culture / News


    Rekomendasi Tempat Liburan yang Indah di Tahun 2019

    Daftar ini berdasarkan dari ahlinya.


    Musim dingin telah tiba. Hari-hari semakin bergerak cepat, suhu udara menjadi semakin dingin dan musim panas sudah terasa lama sekali kita lalui, yang di mana membuat kita menjadi berpikir tentang satu hal: dimana lagi tempat yang dapat dijadikan destinasi liburan?


    Selama lebih dari 12 bulan, tempat-tempat seperti Italia dan Bali telah menghiasi Instagram feeds kita, yang dimana dalam tahun sebelumnya, Vietnam, Mykonos dan Lisbon telah mengusai momen-momen tersebut.


    Untuk memastikan Anda tetap dapat menjadi selangkah lebih maju (dan mengantongi akomodasi paling mewah, saat Anda melakukannya), kami meminta sekelompok pakar perjalanan di mana setiap orang akan berkunjung pada 2019. Selamat berlibur.


    1. Jordan



    Negara Timur Tengah telah dicanangkan oleh beberapa industri yang ahli dalam bidang pariwisata sebagai sebuah hotspot di tahun 2019. Pemberhentian pertama: Petra yang merupakan Situs Warisan Dunia UNESCO, yang di mana peramal terkenal WGSN meyakini bahwa tempat ini akan memiliki banyak pengunjung di tahun depan.

    Harga tiket masuk untuk dapat mengeksplorasi kota arkeologi yaitu 50 US Dollar atau sekitar 726,000 Rupiah, yang menurut WGSN telah membantu sebagian pengembangan dan membuat kota sedikit lebih aman, yang menyebabkan lebih banyak lifestyle influencers memiliki lokasi ini sebagai tujuan wisata. Liburan penuh petualangan, termasuk mendaki dan melihat pemandangan, juga cenderung menjadi tren perjalanan yang besar, berdasarkan Booking.com.

    Situs pemesanan online melakukan survei terhadap 21,500 orang dari berbagai negara yang ada di dunia, bertanya apakah tahun depan mereka merencanakan pergi berlibur, dan memutuskan bahwa gurun pasir Wadi Rum sebagai sebuah destinasi yang muncul. Jordan juga menduduki posisi ke-6 dalam daftar Lonely Planet’s Best in Travel di tahun 2019.


    2. Sri Lanka




    Samudra Hindia telah dinobatkan sebagai negara pemenang dalam Lonely Planet’s Best in Travel di tahun depan.

    Setelah perang saudara brutal yang melanda banyak bagian negara itu dari tahun 1983 hingga 2009, para turis secara perlahan dan secara terus menerus kembali ke wilayah tersebut karena daerah-daerah yang sebelumnya terlarang telah dibuka.

    Ada begitu banyak hal yang harus dilakukan di negara ini juga. Panduan Bazaar kami merekomendasikan bepergian dengan perjalanan kereta api yang terkenal dari Kandy ke Ella, mendaki Lion’s Rock, menuju safari, mengunjungi perkebunan teh dan melihat setidaknya satu dari sekian banyak pantai yang indah.


    3. Canada




    Operator tur Topdeck telah melihat perjalanan Canadian Rockies mereka menjadi salah satu penjualan tertinggi mereka saat negara ini semakin populer di kalangan wisatawan Inggris.

    "Kanada tidak hanya memiliki sejumlah kota besar seperti Toronto, Montreal, dan Vancouver yang dipenuhi dengan ruang-ruang budaya yang indah dan pemandangan yang ikonik tetapi warga Inggris sekarang berbondong-bondong berkunjung ke beberapa taman nasional yang ditawarkan oleh negara ini," ujar Saul Burrows sebagai kepala dari produk Canadian Rockies.

    “Dengan meningkatnya keinginan untuk merasakan pengalaman di hari libur yang lebih aktif, tujuan seperti pemandangan yang sempurna dari Danau Louise dan Pegunungan Kanada yang menakjubkan [di mana terdapat Danau Moraine] terlihat siap untuk mengisi Instagram feeds kita di tahun 2019.”

    WGSN melaporkan bahwa Vancouver, khususnya, diatur untuk melihat lonjakan pengunjung dari Inggris. "Keseimbangan dan penggabungan perkotaan dengan gaya hidup luar ruangan di sini tak tertandingi," Quentin Humphrey, dari City by City Travel mengatakan.

    "Penduduk setempat dengan bergurau dengan menyebut kota itu sebagai 'Manhattan dengan pegunungan.' Saya pribadi menganggapnya sebagai salah satu tujuan wisata paling bawah di Amerika Utara.” Kota ini juga menjadi rumah bagi merek fashion global seperti Lululemon dan Herschel. Pada awal tahun ini, Off White memilih British Columbia menjadi pusat terbesar dari mereka asal Kanada ini.


    4. The Pacific Islands




    Dalam beberapa hari yang lalu Duke dan Duchess of Sussex mengunjungi negara-negara Pasifik di Fiji dan Tonga dalam tur kerajaan resmi pertama mereka di luar negeri, Expedia mencatat terdapat kenaikan 95% dalam minat liburan ke wilayah tersebut.

    Karena itu, Sophia Parviez, kepala komunikasi EMEA di perusahaan pemesanan perjalanan, mengatakan kepada Harper's Bazaar bahwa mereka berharap untuk melihat "lebih banyak wisatawan menikmati pantai yang murni, tempat menyelam dan budaya asli di tahun 2019".


    5. Japan




    Pada tahun 2019, Jepang akan menyelenggarakan Piala Dunia Rugby di berbagai tempat yang mencakup kota.

    Menurut Expedia, minat untuk mengunjungi kota Osaka telah meningkat lebih dari 230%, sebagian yang dibantu oleh rute penerbangan British Airways baru yang diluncurkan pada musim semi 2019 dari London Heathrow. "Dengan atraksi seperti Universal Studio atau pilihan untuk mengambil kereta peluru 15 menit untuk melihat kuil-kuil Kyoto, Osaka adalah sebuah hotspot untuk semua jenis selera dan usia," kata Sophia.


    6. Rwanda




    Chris McIntyre, direktur pengelola tur Expert Africa - yang mengkhususkan diri pada safari yang dibuat secara khusus dan liburan pantai ke benua itu - mengatakan negara yang berada di wilayah Afrika Timur itu kemungkinan akan melihat lebih banyak turis tahun depan.

    "Ada taburan dari properti mewah yang dibuka di Rwanda, menyebabkan perubahan yang ditandai dalam perjalanan yang kami atur di sana," katanya. "Hingga tahun 2017 pilihan akomodasi cukup sederhana tetapi tetap nyaman. Kemudian, ketika gorilla terlihat memungkinkan dalam biaya dua kali lipat, sejumlah penginapan yang canggih dan memadai telah dibuka dan sekarang kebanyakan dari kami mengumpulkan perjalanan kelas atas ke kemah mewah. Penerbangan langsung yang baru-baru ini diperkenalkan dari Gatwick ke Kigali telah menambah daya tariknya."

    Ibu kota, Kigali, membuat daftar tempat pengguna Booking.com menyarankan mereka mungkin ingin pergi di tahun 2019. Perusahaan itu mengatakan negara itu, yang diserang oleh perang saudara yang brutal dan genosida pada 1990-an, sejak itu menjadi lebih mudah diakses untuk perjalanan , dengan ibu kota yang mengalami “transformasi ekonomi yang cepat dalam 10 tahun terakhir” yang mengarah ke adegan makanan, pasar dan kehidupan malam yang booming.


    7. Arizona, USA




    Grand Canyon State menjadi semakin populer di dunia mode setelah Miu Miu menembak kampanye SS18 - dibintangi Elle Fanning, Adwoa Aboah dan Cameron Russell - di Arcosanti.


    Kota yang terletak di utara Phoenix ini merupakan proyek komunitas relawan yang dimulai pada 1970-an untuk menemukan cara hidup yang berkelanjutan (menurut Quentin, itu "menikahi arsitektur dengan ekologi" untuk melakukan hal ini). Dengan keberlanjutan yang sudah menjadi tren perjalanan utama di tahun 2019 karena orang-orang melihat untuk meningkatkan jejak karbon mereka, tempat-tempat seperti Arcosanti cenderung menjadi lebih populer.


    The Travel Corporation juga mengatakan bahwa lokasi gurun film-film Barat yang ikonik ini kemungkinan akan melihat banyaknya minat tahun depan sebagaimana tahun 2019 menandai ulang tahun ke-50 Butch Cassidy dan Sundance Kid dan True Grit yang klasik.


    8. Albania




    Negara Eropa selatan telah lama berada dalam bayang-bayang negara-negara yang menarik para wisatawan Yunani dan Montenegro, namun beberapa ahli perjalanan memprediksi di tahun 2019 akan menjadi tahun dari negara tersebut.


    Booking.com menyarankan untuk berkunjung ke desa Ksamil, di bagian selatan negara itu, yang disebut sebagai permata tersembunyi. Platform tersebut mengatakan penggunanya memberikan pujian kepada tempat penginapan disana untuk hidangan laut dan orang-orangnya yang ramah. Negara ini juga berhasil masuk ke dalam daftar Lonely Planet’s Best in Travel List for Value di tahun 2019 dengan panduan yang merangkum: “Albania tetap menjadi tujuan di mana Anda dapat mendaki di tengah pemandangan pegunungan yang indah, tinggal di desa-desa kecil yang abadi dan menjelajahi ibukota Tirana untuk sedikit lebih jauh dari banyak tempat lain di Eropa.”


    9. New Zealand




    Negara lain yang dikunjungi oleh Harry dan Meghan dalam royal tour mereka telah menjadi destinasi yang populer di tahun 2019. The Luxury Travel Fair belum lama ini melakukan survey kepada 1,500 orang dan menemukan tempat yang paling ingin dikunjungi oleh orang-orang di New Zealand.


    Catherine Thake, direktur pameran tersebut mengungkapkan kepada Harper’s Bazaar bahwa kenaikan dari popularitas negara tersebut tercermin berdasarkan angka pilihan tren perjalanan tersebut.


    “Riset yang kami lakukan menemukan bahwa banyak orang mulai menikmati untuk melakukan perjalanan sendiri namun dalam suasana yang aman dan hal tersebut sangat tepat dengan apa yang New Zealand sediakan,” ujarnya. “Anda juga bisa merasakan hidup terpencil di New Zealand berkat hamparan ruang yang luas dengan sangat sedikit orang dan menjadi suatu hal yang disukai orang-orang di dunia digital yang selalu terobsesi dan always switched-on world. Meyakinkan bagi banyak orang, ini datang dengan tingkat kemewahan tertentu yang telah kami lihat permintaan besar untuk - hotel dengan sumber air panas, tur anggur kelas dunia, lapangan golf terbaik di dunia, dan first-class spas.


    Catherine mencatat bahwa wisatawan memilih pergi dari satu tempat ke tempat lain pada liburan mereka dan "ini tidak bisa menjadi lebih mudah" di New Zealand, di mana ada "kebanyakan perjalanan dari pelatih dan menyewa perusahaan mobil untuk dapat dipilih".


    10. Bulgaria




    Negara ini telah diakui oleh ABTA (Asosiasi Agen Perjalanan Inggris) sebagai tujuan berlibur tahun depan. Variasi dalam jenis-jenis orang untuk melakukan liburan dapat memilih di negara Eropa timur adalah bagian dari alasan terjadinya peningkatan daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke negara-negara ini.


    Ada jeda kota yang menakjubkan yang ditawarkan, dari ibu kota Sofia atau kota kuno Plovdiv, ditambah resor pantai di sepanjang Laut Hitam dan lokasi pedesaan di pedalaman. Di musim dingin, terdapat pilihan destinasi ski yang terjangkau seperti Borovets, Bansko, dan Pamporovo.


    11. Durban, South Africa




    Sementara Cape Town mungkin menjadi tujuan utama untuk Afrika Selatan, kota ketiga terbesar di negara itu, Durban, akan menjadi saksi dari terjadinya peningkatan wisatawan Inggris mengikuti penerbangan langsung British Airways yang baru ke kota tersebut.


    Selain pantai-pantai yang luar biasa dan pantai yang diremajakan berkat Piala Dunia 2010, ABTA mengatakan itu juga merupakan pintu gerbang menuju tempat melakukan perjalanan jarak jauh Taman Hluhluwe-iMfolozi di mana Anda dapat berharap untuk menandai lima binatang besar (gajah, singa, macan tutul, badak dan kerbau) ke dalam daftar keranjang Anda.


    12. Costa Rica




    Menurut ABTA, alasan dasar menjadi turis yang baik semakin penting bagi wisatawan, dengan 45% orang mengatakan kelanjutannya adalah elemen kunci ketika memilih liburan mereka.


    Para ahli di ABTA mengaitkannya dengan peningkatan popularitas di Costa Rica. Wilayah Amerika tengah merupakan pemimpin global dalam konservasi dan menawarkan populasi satwa liar yang beragam dan menarik. Dengan waktu penerbangan langsung kurang dari 12 jam ini, bersama dengan reputasinya untuk pemandangan yang indah dan perjalanan serta aktivitas yang penuh petualangan, tidak mengherankan jika negara tersebut masuk ke dalam daftar.


    13. Denver, USA




    New York, Miami, Los Angeles… Denver? Menurut para ahli di ABTA, kota yang semakin kosmopolitan ini kemungkinan akan memiliki peningkatan pengunjung pada tahun depan.


    Kota Colorado mengumpulkan reputasi untuk restoran dan bar besar, live music, pementasan teater, dan museum, sementara hal-hal tersebut juga diatur dengan latar belakang dramatis Pegunungan Rocky.


    14. Uzbekistan




    Rute Silk Road kuno terus menjadi daya tarik bagi pelancong modern yang semakin memperkuat alasan negara ini masuk ke dalam daftar yang harus segera di kunjungi di tahun 2019 dalam ABTA dan Booking.com.


    ABTA melaporkan bahwa perjalanan ke wilayah ini menjadi lebih mudah karena persyaratan masuk yang lebih longgar (sistem visa elektronik baru untuk dapat memasuki negara ini sedang diuji), akses yang lebih mudah ke mata uang dan peningkatan transportasi yang lebih memadai.


    Booking.com merekomendasikan kota Samarkand dalam perjalanan Anda di Uzbekistan. Kota ini merupakan salah satu kota tertua yang dihuni terus menerus di Asia Tengah dan menawarkan arsitektur abad pertengahan yang indah, seperti Registan Square.


    15. Western Australia




    Bagi mereka yang menunda kunjungan ke Australia karena waktu penerbangan yang panjang dari Inggris, bepergian ke bagian barat negara itu sekarang lebih cepat dari sebelumnya. Ini berkat pengenalan Qantas tentang rute London-Perth selama 17 jam, yang dimulai untuk pertama kalinya awal tahun ini.


    Selain mengunjungi kota Perth yang semarak, ABTA merekomendasikan untuk melihat Ningaloo Reef, di lepas pantai karang, serta perjalanan ke pedalaman di utara negara bagian, dengan mengambil Taman Nasional Karijini yang menakjubkan.


    (Penulis: Olivia Blair; Artikel ini disandur dari Bazaar UK; Alih bahasa: Meiske Fabiola; Foto: Bazaar UK)







- RELATED ARTICLE -