• Tas Pinggang Kembali Menjadi Tren, Intip Inspirasinya!

    Fashion / Trend


    Tas Pinggang Kembali Menjadi Tren, Intip Inspirasinya!

    Pernah menjadi suatu tren yang dianggap 'buruk', kini belt bag justru kembali ke masa kejayaannya.


    Belt bag atau fanny pack dahulu merupakan benda wajib ketika travelling. Selain itu, di era tahun 80-an, fanny pack juga pernah mencapai puncak 'kejayaannya' dan dianggap banyak orang sebagai tren terburuk yang pernah terjadi. Tahun ini, hal mengejutkan justru datang dari industri mode yang menghidupkan kembali tren fanny pack atau belt bag sebagai the new 'it' bag yang perlu Anda miliki.

    Selain itu, tren belt bag juga didukung oleh gaya sporty yang sedang digandrungi banyak pecinta mode di tahun ini. Untuk merayakan tren ini, Bazaar akan membahas sejarah perjalanan belt bag sebagai tren dan inspirasi mengenakan belt bag lansiran rumah-rumah mode dunia dari para selebriti dan influencer untuk Anda. 

    1. Sejarah fanny pack

    Mungkin sedikit dari Anda yang tahu bahwa fanny pack ternyata sudah ada sejak abad ke 15. Belt bag yang merupakan sebuah tas yang dikaitkan dengan strap yang menyerupai ikat pinggang, memiliki cara pakai dengan dikenakan di bagian pinggang.

    Metode mengenakan tas di bagian pinggang ternyata sudah dilakukan oleh orang Perancis di abad 15, dimana mereka mengaitkan sebuah tas kecil di ikat pinggang mereka yang dinamakan Chatelaine

    Seiring berjalannya waktu, di tahun 1954, fanny pack menjadi sebuah aksesori yang memiliki banyak fungsi di bidang olahraga seperti ketika bersepeda, bermain ski,atau naik gunung. 

    Era 80-an kemudian menjadi awal tren dimana fanny pack berevolusi sebagai benda fashion. Layaknya di tahun sekarang dimana gaya sporty banyak digandrungi, di tahun 1980-an, fanny pack juga banyak digemari disaat busana athleisure mulai dikenakan sebagai pakaian sehari-hari.

    Disaat itulah, banyak selebriti terlihat mengenakan fanny pack yang otomatis membuat banyak orang di tahun 80-an bahkan hingga tahun 90-an mengikuti tren tas yang compact ini. Label seperti Le Sportsac, Nike hingga rumah mode Chanel pun menjadi beberapa label yang pada saat itu telah melansir fanny pack sebagai bagian dari koleksi.


    2. Kembalinya fanny pack sebagai tren mode

    Awal mula fanny pack kembali menjadi sebuah tren diawali di panggung koleksi menswear  spring/summer2016  rumah mode Valentino hingga Carven. Dimana terlihat beberapa model mengenakan waist bag sebagai aksesori di ansambel mereka. 

    Tren yang termasuk kontroversial ini, kemudian ikut digandrungi oleh model Kendall Jenner yang kerap muncul mengenakan belt bag di aktivitasnya sehari-hari. Tidak hanya Kendall, dua bersaudara Bella dan Gigi Hadid pun kerap menyambut tren ini dengan baik.

    Kecintaan selebriti terhadap fanny pack pun sukses membuat banyak orang merubah perspektif mereka terhadap fanny pack. Yang kemudian, didukung oleh rumah-rumah mode dunia yang berlomba-lomba menciptakan fanny pack dengan garis desain yang sophisticated. 

    Garis desain yang elegan di fanny pack masa kini, membuat siapapun yang memakainya dapat terlihat chic nan elegan tanpa takut terlihat seperti seorang turis. 

    Bazaar yakin selain para selebriti, Anda juga bersemangat untuk memiliki sebuah fanny pack dan mengenakannya dengan ansambel Anda sehari-hari. Simak inspirasi mengenakan fanny pack atau belt bag dari street style saat fashion week berlangsung beberapa waktu silam yang dapat dijadikan kamus bergaya.



    Tampil sporty seperti model off duty praktis dengan menggantungkan belt bag di leher Anda. 



    Ketika mengenakan long coat, belt bag dapat difungsikan sebagai sesuatu untuk menyatukan bagian flap mantel Anda.

    Foto: London str S19 351.jpg

    Anda menyukai belt bag dan bucket bag bersamaan? Miliki tas bucket bag yang dicantumkan di strap bergaya ikat pinggang.



    Kenakan belt bag di leher sebagai aksesori ansambel terusan longgar dan sneakers untuk tampilan santai.


    Setelan berwarna senada dengan bawahan celana palazzo adalah salah satu contoh ansambel yang chic. Fungsikan belt bag sebagai pengganti ikat pinggang di bagian pinggul.



    Pilih sebuah dress dan kenakan dengan belt bag berwarna merah muda lansiran Gucci jika ingin tampil feminin.



    Ukuran belt bag yang biasanya kecil kadang membuat Anda ragu untuk mengenakannya. Untuk Anda yang memiliki banyak barang bawaan, pilih belt bag berukuran medium yang unik dan tak akan membuat harus terlalu memilah barang esensial Anda.



    Buat ansambel yang terdiri dari turtle neck dan celana bahan leather atau vinyl lalu kenakan belt bag sebagai pernyataan keseluruhan tampilan. Pilih beret sebagai elemen ala Parisian.



    Jadikan ansambel ini sebagai inspirasi dan contek cara mengenakan pouch yang dikaitkan dengan ikat pinggang yang akan memancing atensi.



    Susun ansambel serba putih dan pilih belt bag berwarna lebih gelap sebagai statement accessories


    (Foto: Szymon Brzoska,  Vincenzo Grillo, Valentina Valdinoci/IMAXtree.com)


    Tags : tren, tas






- RELATED ARTICLE -