• Pulau di Indonesia yang Perlu Anda Kunjungi

    Culture / Tips


    Pulau di Indonesia yang Perlu Anda Kunjungi

    Menghabiskan hari berwisata bahari di Tanah Air sendiri.


    Merupakan negara kepulauan, Indonesia dikelilingi oleh bentangan laut lepas. Salah satu pesona terbesar yang dimiliki negeri kita. Apalagi kalau bukan keindahan lautnya.

    Bangga rasanya tinggal menetap di tempat dimana pesona alam lautnya begitu indah. Ibarat karya terlegendaris dari Sang Mahakuasa. Tanah Air kita sungguh memukau.

    Semua ada disini. Keragaman suku, eksotisme alam, kekayaan kuliner khas lokal. Indonesia punya segalanya.

    Satu hal yang dapat dikatakan sebagai indentitas utama negeri ini. Yaitu keindahan wisata lautnya. Menuju hampir ke semua pulau di Indonesia, kita akan menemukan sejumlah destinasi pantai dengan panorama laut menakjubkan.

    Tidak perlu jauh-jauh. Bagi Anda yang menetap di Ibukota. Menyeberangi laut dengan durasi sekitar tiga jam saja, Anda sudah dapat dihibur oleh keindahan laut milik Kepulauan Seribu.

    Ingin menikmati waktu di laut lebih lama? Tidak ada tempat tujuan lebih baik selain Raja Ampat. Aktivitasnya pun beragam.

    Bagi si melankolis yang hanya ingin berlibur dengan berdiam memandangi keindahan matahari terbenam di laut, Indonesia memiliki begitu banyak pilihan destinasi dari Sabang hingga Merauke.

    Atau mungkin Anda penyuka tantangan? Menyelam menyusuri dasar lautan hingga puluhan meter lebih dapat menjadi opsi aktivitas berlibur Anda. Jangan salah. Pilihan destinasinya tidak kalah jumlah dengan tujuan liburan si melankolis.

    Intinya Indonesia dan wisata baharinya sungguh memukau. Tidak asal berujar. Fakta ini pun telah diakui oleh para turis mancanegara.

    Tidak sedikit dari mereka yang rela menghabiskan biaya liburan tidak sedikit hanya demi menuju laut Indonesia. Durasi perjalanannya pun terkadang bisa memakan waktu puluhan jam.

    Semua rela mereka lakukan. Asalkan dapat menikmati indahnya alam laut kepunyaan Indonesia.

    Saat ini mungkin Anda tengah berpikir. Kemana baiknya kaki melangkah untuk berwisata bahari? Terlalu banyak pilihan yang dimiliki negeri ini hingga sulit rasanya memutuskan.

    Semua indah. Semua unik dengan ciri khasnya masing-masing. Untuk itu, Bazaar akan membantu Anda mengurasi sejumlah titik di Tanah Air dengan panorama laut terindah.

    Simak lebih lanjut.

    1. Pulau Macan


    Berkonsep eco resort, Pulau Macan menjadi tujuan pertama kita. Merupakan salah satu destinasi bahari terindah di Kepulauan Seribu, pulau ini ideal bagi mereka yang sudah lelah dengan macetnya Ibukota. 

    Tidak memakan waktu perjalanan lama. Cukup beberapa jam saja, kita dapat mencapai pulau indah ini dari pelabuhan di Jakarta. Matahari keemasan dan suasana eksotik khas Pulau Macan pun siap menyapa. 


    2. Wakatobi


    Menyaksikan pemandangan laut seperti ini, rasanya ingin segera beranjak dari meja kerja. Pilihan pertama Bazaar jatuh kepada Wakatobi.

    Terletak di Sulawesi Tenggara, Wakatobi menjadi salah satu destinasi dengan laut tercantik. Namun amat disayangkan. Baru-baru ini terdengar kabar kurang sedap datang dari destinasi indah ini.

    Penduduk setempat belum lama ini menemukan bangkai seekor paus dengan lima kilogram sampah terdapat di perutnya. Sedih sekali mendengarnya. Jadi sebelum terlambat, mari bersama kita jaga kebersihan laut di Indonesia.


    3. Labuan Bajo


    Selanjutnya mari menuju Labuan Bajo. Tepatnya di Pulau Kelor. Merupakan salah satu dari sembilan belas desa yang bermukim di Manggarai Barat, destinasi yang satu ini sungguh indah memukau.

    Menjadi tujuan wisata favorit turis lokal hingga mancanegara, Labuan Bajo memiliki pemandangan laut yang tidak main-main indahnya. Melebihi beningnya sebuah berlian murni, laut di destinasi ini sungguh tiada dua.

    Mulai dari snorkeling, diving hingga bersantai di tepi pantai Pulau Kelor pun menjadi sejumlah aktivitas yang dapat dilakukan kala berkunjung.


    4. Nusa Penida



    Membahas diving, yang satu ini tentunya tidak boleh ketinggalan. Mana lagi kalau bukan Nusa Penida, Bali. Para penggemar aktivitas menyelam pasti sudah tahu benar pesona laut ada di tempat ini. 

    Kejernihan airnya hingga gugusan batu karang dan spesies biota bawah laut yang serba unik akan menyapa Anda di bawah sana. Berenang bersama ikan pari berukuran raksasa pun akan membuat jantung berdebar bahagia.

    Pengalaman seru seperti inilah yang membuat Nusa Penida begitu berkarisma di mata para pecinta diving.



    5. Pantai Lafau


    Tidak setenar dua tempat sebelumnya. Namun, tentunya tempat baru selalu menjadi daya tarik tersendiri bagi para traveler.

    Terletak sekitar enam puluh kilometer dari Gunung Sitoli, damainya arus air laut khas pantai Lafau akan menyapa Anda.

    Sangat sesuai untuk Anda yang berjiwa melankolis. Ketenangan laut di pantai ini membuat damai di hati. Pasir pantai halusnya juga seolah berbisik untuk meminta Anda tinggal lebih lama.


    6. Gili Trawangan



    Hari sudah mulai senja. Matahari pun sudah mulai terbenam dengan cahaya keemasan indahnya. Dan tidak ada tempat yang lebih baik menikmatinya selain Gili Trawangan.

    Pesona wisata bahari yang satu ini memang sudah santer terdengar. Selain romantis, destinasi pantai yang satu ini pun sangat sesuai untuk dijelajahi seorang diri. Seperti tampak pada unggahan foto di atas.


    7. Pulau Togean


    Belum ramai terjamah. Pulau Togean di Sulawesi Tengah dapat menjadi tempat pelarian sempurna. Lautan biru lepas dengan suasana pulau yang masih terjaga keasriannya ibarat angin segar. 

    Sepulangnya dari kunjungan ke pulau cantik ini, kita dijamin menemukan keseimbangan jiwa raga kembali. 


    8. Pantai Gigi Hiu 


    Memang selalu mendebarkan rasanya menyambangi tempat baru. Sama seperti Togean, Pantai Gigi Hiu mungkin belum akrab di telinga. Namun, jangan salah.

    Pesonanya sanggup mengalahkan tempat wisata laut lokal ternama lainnya. Terletak di Lampung, pantai ini sukses menarik minat para traveler dengan gugusan batu karang uniknya.


    (Foto BlueOrange Studio©123rf.com, Instagram @exploreindonesia, @pesonaid_travel)








- RELATED ARTICLE -