• 7 Cara Alami Menyamarkan Bekas Luka

    Beauty / Tips


    7 Cara Alami Menyamarkan Bekas Luka

    Bekas luka yang menganggu dapat terbantu disamarkan dengan bahan alami dari rumah berikut ini.


    Kulit merupakan lapisan terluar yang berfungsi untuk melindungi bagian dalam tubuh. Namun, saat kita beraktivitas seringkali tidak disadari bila kulit tergores atau terkena benda tajam yang menyebabkan luka.

    Selain itu, luka juga bisa disebabkan akibat benda panas seperti alat pelurus rambut, steamer, atau knalpot yang biasanya mengenai bagian kaki.

    Jika Anda memiliki luka di bagian kulit tertentu, maka luka tersebut akan mengering dalam beberapa hari dan meninggalkan bekas yang mengganggu penampilan.

    Dengan adanya bekas luka yang terlihat, pastinya Anda akan merasa risih serta bingung untuk mengenakan baju yang bisa menutupi bekas luka.

    Banyak produk kecantikan yang menawarkan jasa untuk menyamarkan bekas luka. Akan tetapi, tahukah Anda bahwa bekas luka dapat disamarkan dengan bahan alami dirumah?

    Ya, Anda tentu saja dapat melakukannya dengan bahan alami seperti yang Bazaar rangkum sebagai berikut:

    1. Lidah Buaya

    Bahan yang satu ini dapat ditemukan dengan mudah. Bahkan sebagian orang memeliharanya sebagai tanaman dirumah. Lidah buaya memang sudah dikenal sebagai bahan tradisional dalam merawat kecantikan kulit ataupun mengatasi masalah kerontokan pada rambut.

    Kandungan lignin dan asam amino yang terdapat dalam lendir atau gel lidah buaya akan membantu Anda melembapkan kulit dan mempercepat regenerasi sel kulit.Di samping itu, adanya vitamin E juga akan membantu mengatasi jaringan kulit yang rusak.

    Cara aplikasi: Anda cukup mengambil sedikit dari lendir lidah buaya dan mengaplikasikannya ke bagian bekas luka.


    Baca juga: Manfaat Lidah Buaya untuk Wajah dan Kesehatan


    2. Mentimun

    Mentimun biasa dikenal sebagai salah satu bahan makanan yang memiliki banyak manfaat. Tak hanya sebagai pendamping makanan, mentimun berperan penting dalam dunia kecantikan.

    Mulai dari menangkal radikal bebas hingga mengatasi masalah kulit wajah. Di samping itu, mentimun juga berguna untuk mengatasi masalah bekas luka di kulit.

    Cara aplikasi: Dengan potongan kecil dari mentimun yang dijadikan masker, Anda bisa membubuhkan secara rutin pada bekas luka untuk hasil maksimal.


    3. Madu

    Madu, bahan likuid yang memiliki rasa manis ini berperan sebagai komposisi utama dalam meramu masker untuk menyamarkan bekas luka. Madu dianggap sanggup menghilangkan bekas luka dengan efisien.

    Cara aplikasi: Anda dapat mengoleskannya secara rutin selama 15 hingga 20 menit, lalu membersihkannya untuk sampai bekas luka benar – benar tersamarkan.


    4. Kentang

    Kentang mungkin menjadi bahan favorit semua orang. Tanaman yang dikenal dengan nama latin solanum tuberosum L biasa digunakan sebagai masker untuk menghilangkan bekas jerawata dan vlek hitam di wajah, juga menghaluskan kulit.

    Kandungan vitamin B dan C, serta protein, mineral, juga enzim yang terdapat dalam kentang tak hanya berperan sebagai bahan makanan, namun juga berguna untuk merawat kecantikan kulit wajah serta tubuh.


    Cara aplikasi: Untuk menyamarkan bekas luka, Anda bisa memotong kentang dan menempelkannya pada bekas luka selama 30 menit. Kemudian dibasuh dengan air hangat untuk hasil yang memuaskan.



    5. Kulit Pisang

    Belum banyak yang mengetahui bahwa kulit pisang memiliki peranan untuk menyamarkan bekas luka. Ya, selain daging buah pisang, ternyata kulit pisangnya pun mengandung gizi yang bermanfaat bagi kesehatan kulit.

    Di antaranya adalah vitamin B komplek, B6, C, kalsium, protein, dan lemak.

    Cara aplikasi: Anda hanya perlu menggosokkan kulit pisang ke bekas luka, lalu dibasuh dengan air hangat secara lembut setiap hari untuk mencapai hasil yang diinginkan.

    6. Bengkuang

    Bahan alami yang satu ini tidak asing lagi didengar dalam dunia kecantikan. Banyak produk kecantikan yang menggunakan bengkuang sebagai ingredient utama. Tidak hanya merawat kulit, bengkuang juga dipercaya mampu menyamarkan bekas luka.

    Cara aplikasi: Anda dapat membuat masker bengkuang yang kemudian diaplikasikan ke bekas luka, lalu dibersihkan dua hingga tiga kali sehari. Hasil yang didapat adalah bekas luka yang tersamarkan dan warna kulit kembali normal.
     

    7. Singkong

    Singkong sangat mudah didapatkan dan harganya pun sangat terjangkau. Di samping itu, singkong dikenal sebagai bahan alami yang multifungsi. Mulai dari sebagai bahan makanan hingga masker wajah.

    Tahukah annda bahwa singkong juga dapat digunakan sebagai bahan untuk menyamarkan bekas luka? Ya, singkong diketahui memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi. Selain itu, kandungan vitamin A, B, dan C dalam singkong membantu produksi kolagen dan menjaga kelenturan kulit.

    Cara aplikasi: Singkong dapat diparut yang kemudian dijadikan masker. Setelah mengaplikasikannya ke bekas luka dua hingga tiga kali dalam sehari, lalu dibasuh dengan air untuk hasil yang efektif.


    Baca juga:

    Cara Alami Mencerahkan Kulit Wajah

    Cara Praktis dan Alami Menghilangkan Kantung Mata

    6 Bahan Alami untuk Mengatasi Kulit Berminyak

    Resep Masker Homemade Berbahan Alami

    Cara Alami Lenyapkan Stretchmarks

    (Foto: Yurok/ Click Photos/ Shutterstock)



    Tags : beauty tips






- RELATED ARTICLE -