• 6 Destinasi Wajib untuk Wisata Kuliner

    Culture / Tips


    6 Destinasi Wajib untuk Wisata Kuliner

    Panduan pelesir khusus untuk Anda yang setia memburu pengalaman makan dari satu kota ke kota lainnya.


    Mulai dari dalam negeri sendiri hingga ke Benua Biru sekalipun, semuanya menawarkan sajian masing-masing yang memiliki karakternya sendiri.

    Tak sempat mencoba semuanya? Tengok rujukan kota-kota yang senantiasa menawarkan panganan khas nan lezat di hampir setiap penjurunya ini.

    1. Tokyo, Jepang

    Negeri Matahari Terbit ialah surga kuliner. Meski Anda memilih restoran secara acak sekalipun, hampir selalu bisa dipastikan bahwa hidangannnya pasti enak. Apalagi di ibukotanya yakni Tokyo. Bahkan sandwich ataupun bento sederhana yang kerap ditemukan di pasar swalayannya saja begitu sarat akan kelezatan.

    Di samping sushi dan sashimi, Anda juga harus menyantap ramen, soba, takoyaki, hingga cheese cake ala Jepang yang legit dan tak pernah mengecewakan. 

     

    2. Roma, Italia

    Tak begitu jauh dari objek wisata Trevi Fountain yang selalu ramai oleh para wisatawan, ada sebuah gelateria yang wajib Anda coba saat berpelesir ke Roma. Cari tempat bernama Giolitti, dan bersiaplah terkesima dengan seleksi es krim dan kue-kue menggoda yang jumlahnya bisa mencapai ratusan.

    Selain itu, kunjungan ke Italia Anda tentu belumlah lengkap tanpa mencoba pasta segar dengan taburan keju parmesan yang meleleh di lidah. 

     

    3. Bangkok, Thailand

    Mulai dari restoran bintang lima hingga pedagang kaki lima sekalipun, Thailand menawarkan variasi kuliner yang tak hanya beraneka ragam namun juga dengan harga yang relatif terjangkau.

    Beberapa menu yang wajib dicoba saat menyambangi Negeri Gajah Putih ini ialah tom yum, pad thai yakni tumis bakmi khas Thailand, mango sticky rice, serta kari hijau yang lezat.

     

    4. New York City, Amerika Serikat

    You can find everything in the city that never sleeps. Ingin masakan Asia? Anda hanya tinggal naik kereta bawah tanah untuk mencapai China Town atau Korean Town. Di restoran Shanghai Mong, Anda akan menemukan jjajangmyeon yang lezatnya tiada dua.

    Anda bahkan bisa menemukan rumah makan Padang di distrik Queens meski harus membayar cukup mahal. Beberapa rumah makan juga mempunyai efek nostalgia seperti Katz’s Delicatessen yang muncul dalam film When Harry Met Sally

     

    5. Marrakesh, Maroko

    Hampir setiap sudut kota Marrakesh menjajakan khasanah kuliner yang beraneka ragam. Mulai dari jus buah yang diperas langsung di hadapan Anda hingga tajine khasnya. Beberapa rumah makan bahkan menampilkan pentas berupa tari perut sebagai hiburan bagi para tamu.

    Saat malam tiba, sempatkan untuk menghampiri alun-alun kota Jemaa El Fnaa dan melahap hidangan laut yang biasanya diolah dengan cara dipanggang di atas bara api. Udara di sekeliling Anda mungkin akan sedikit berasap, but it’s all worth it!

     

    6. Medan, Indonesia

    Selain Bihun Bebek di Jalan Gedeh dan Soto Udang Kesawan, beberapa restoran andalan di kota ini adalah Sinar Pagi dengan soto tradisional nan lezat serta Tip Top serta cita rasa tempo dulu yang selalu dirindukan.

    Sambangi pula restoran Nelayan yang terkenal dengan sajian ala Tiongkok seperti dim sum ataupun hidangan pencuci mulut pancake isi durian. Sepulang dari Medan, jangan lupa untuk membawa pulang oleh-oleh Durian Ucok dan Risol Gogo. 

     

    (Foto: Melur Pinilih, Africa Studio/Shutterstock.com, Instagram @tokyo_tourist_info, @thailandinsider, @katzsdeli, @proudlymoroccan, @kulinermedan)








- RELATED ARTICLE -