• Waspadai Risiko Penyakit Berdasarkan Golongan Darah

    Culture / News


    Waspadai Risiko Penyakit Berdasarkan Golongan Darah

    Lebih dari sekadar tipe, golongan darah Anda mengungkap lebih banyak saat berbicara tentang makna kesehatan.


    Golongan A, B, AB, dan O bukan sekadar klasifikasi saat mendonorkan atau menerima darah, namun juga merupakan petunjuk penting akan kesehatan Anda.

    Sebelumnya, Anda mungkin sudah pernah mendengar tentang diet yang tepat menurut tipe darah. Namun lebih jauh lagi, rupanya beberapa risiko penyakit pun memiliki kecenderungan diidap oleh golongan darah tertentu. Penasaran? Baca terus laporan Bazaar di bawah ini!

    1. Golongan darah AB

    Riset University of Vermont yang mensurvei setidaknya 30 ribu responden menunjukkan bahwa orang bergolongan darah AB lebih rentan terkena demensia. Apakah Anda termasuk dari empat persen populasi dunia yang bergolongan darah AB? Jangan khawatir.

    Cegah dengan cara memperbaiki pola makan dan menghindari rokok. Selanjutnya, tak ada salahnya untuk melatih otak Anda agar senantiasa aktif dengan cara membaca banyak buku atau sekadar berinteraksi secara sosial.

    2. Golongan darah O

    Menurut investigasi yang diadakan oleh Karolinska Institute di Swedia, orang dengan tipe darah O pun cenderung lebih sering mengidap maag atau gastritis ataupun tukak lambung. Hal ini dinilai berhubungan dengan perbedaan masing-masing kemampuan golongan darah untuk mengatasi penyebab penyakit tersebut yakni infeksi dari bakteri Helicobacter pylori.

    Jika Anda memiliki tipe darah O, Anda selalu bisa menghindari kemungkinan penyakit ini dengan gaya hidup sehat dan makan dengan seimbang.

    3. Golongan darah A

    Sementara itu, orang dengan golongan darah A rupanya memiliki kemungkinan lebih besar untuk terkena kanker yang berhubungan dengan pencernaan terutama seputar lambung.

    Tapi bukan mustahil untuk mencegahnya, salah satu caranya adalah dengan tidak mengkonsumsi alkohol secara berlebihan serta menjaga berat badan ideal.

    4. Golongan darah B

    Berdasarkan penelitian ahli hematologi di Harvard School of Public Health, seseorang yang bergolongan darah selain O termasuk A, AB, ataupun B, lebih mungkin mengidap penyakit jantung koroner daripada orang yang mempunyai golongan darah O.

    Sebab, kemungkinan penyumbatan pembuluh darah rupanya lebih besar pada orang dengan tipe B selain juga A dan AB. Jika Anda merupakan salah satunya, jagalah kesehatan dengan cara menjauhi stres serta menghindari konsumsi gula dan garam secara berlebihan.


    (Foto: Sydneymills/Shutterstock.com)







- RELATED ARTICLE -