• Pertama di Dunia: Film yang Dilukis dengan Tangan

    Culture / News


    Pertama di Dunia: Film yang Dilukis dengan Tangan

    Berkisah tentang pelukis legendaris Vincent van Gogh, film ini digarap oleh ratusan seniman yang melukis adegan demi adegan.


    Pencinta seni atau bukan, karya yang satu ini rasanya wajib Anda simak. Diberi judul Loving Vincent, sinema ini membesut misteri seniman tersohor asal Belanda Vincent van Gogh menyangkut tragedi bunuh diri secara tragis saat usianya masih menginjak 37 tahun.


    Namun satu hal lain yang membuat film ini layak disaksikan tentu saja pengerjaannya yang dilukis satu per satu langsung dengan tangan sehingga menghabiskan ribuan kanvas untuk menyelesaikannya.

    Istimewanya lagi, setidaknya terdapat 120 orang pelukis dari seluruh dunia telah disaring secara ketat demi menangani film yang membutuhkan waktu sekitar enam tahun untuk rampung ini.

    Dikatakan pula bahwa seluruh seniman yang terlibat telah dilatih selama berbulan-bulan untuk bisa melukis dengan gaya van Gogh.


    Langkah penyusunan layar lebar Loving Vincent terbilang rumit dan memang belum pernah ada sebelum ini. Alur ceritanya pun dirunut berdasarkan tempat-tempat yang pernah digambarkan oleh mendiang Van Gogh semasa masih hidup.


    Upaya untuk menepis kesan monoton nampak lewat kehadiran aktris cantik Saoirse Ronan yang telah beberapa kali menerima nominasi penghargaan bergengsi seperti Academy Awards, komedian Chris O’Dowd serta aktor Douglas Booth.

    Setelah akting para bintang itu direkam, imajinya kemudian diinfusi ke dalam 'layar' yang berupa bidang kanvas sehingga terangkai menjadi gambar gerak.


    Satu detiknya konon memerlukan tak kurang dari 12 lukisan cat minyak. Sekarang, hak cipta film tersebut telah berhasil didistribusikan ke lebih dari 100 negara dan segera dirilis tahun depan.

    Saksikan cuplikannya di video berikut:




    (Foto: Instagram @hughwelchman, Courtesy of Loving Vincent)


    Tags :






- RELATED ARTICLE -