• Mengenal Makeup Remover dengan Micellar Water

    Beauty / Tips


    Mengenal Makeup Remover dengan Micellar Water

    Belakangan muncul makeup remover yang diklaim mengandung micellar water. Sebenarnya berasal darimana cairan tersebut?


    Micellar water merupakan salah satu varian produk kecantikan ternama yang dianggap “murni” dan memiliki sejarah yang cukup  panjang. Munculnya fenomena micellar water ini berawal di Prancis pada akhir tahun '90-an, saat krisis air bersih melanda kota tersebut. 

    Ya, kanal air di seluruh kota Paris terkontaminasi oleh kandungan korosif sehingga tidak dapat diminum atau dikonsumsi, bahkan berdampak buruk terhadap kesehatan tubuh maupun kulit.

    Kemudian para peneliti melakukan uji coba menggunakan molekul dari asam lemak, kemudian hasilnya adalah penemuan paling mutakhir yang dikenal dengan sebutan micellar water.

    Beberapa produsen kosmetik pun mendapat inspirasi untuk memanfaatkan keadaan unik molekul air yang dikenal dengan istilah micelle tersebut. Ketika sang peneliti menggabungkan air dengan zat yang mengandung fatty-acids esters pada konsentrasi khusus, maka komposisi dari kedua senyawa tersebut dapat bekerja seperti magnet.

    Molekulnya bisa diibaratkan seperti kutub utara dan selatan dari sebuah magnet. Bagian kutub utara bersifat hydrophilic, artinya cenderung tertarik dengan kandungan air. Sedangkan bagian kutub selatan memiliki ciri lipophilic, yang berfungsi sebagai pengangkat minyak dan lemak pada wajah.

    Oleh karena itu micellar water termasuk dalam kategori makeup remover, beda dengan air biasa yang Anda kenal sebab hanya berfungsi untuk membersihkan kulit saja tapi tidak dapat mengangkat noda kimia semisal makeup.

    Jika Anda tertarik ingin mencoba makeup remover yang mengandung micellar water, berikut adalah rekomendasi Bazaar:

     

    Bioderma Sensibio H2O

    Bioderma Sensibio H2O
    Banyak penata rias memilih utuk menggunakan produk lansiran Bioderma, salah satunya adalah makeup artist pribadi Adele, yakni Michael Aston. Hal itu dikarenakan kandungan air, cucumber fruit extract, dan coconut oil  di dalamnya andal untuk membersihkan makeup dan mengangkat kotoran secara maksimal.

    Produk yang tesedia dalam kemasan 125 ml ini dianjurkan untuk Anda yang memiliki masalah kulit kering serta sensitif, sebab tidak akan mengakibatkan kulit wajah menjadi merah atau kering. Setelah beberapa kali pemakaian, wajah senantiasa tetap lembap diikuti rasa kenyal dan terlihat segar.

    Harga dari Bioderma Sensibio H2O di Indonesia adalah 219.000 rupiah.

     

    Garnier Micellar Cleansing Water

    Garnier Micellar Cleansing Water Pure Active
    Micellar water keluaran Garnier ini memililk klaim sebagai produk pencuci wajah yang minim reaksi alergidiyakini dapat membersihkan riasan wajah dan kotoran penyumbat pori secara efisien. Garnier Micellar Cleansing Water terdiri dari dua varian, yaitu Garnier Micellar Cleansing Water untuk kulit normal dan sensitif, serta Garnier Micellar Cleansing Water Pure Active untuk kulit berminyak.

    Kandungannya juga bebas alkohol, sehingga membuat produk aman digunakan bagi kulit. Belum lagi tekstur makeup remove ini cenderung ringan seperti air, dan bekerja seperti magnet ketika Anda membasuh di area wajah, mata, dan bibir.

    Garnier Micellar Cleansing Water

    Harga dari Garnier Micellar Cleansing Water di Indonesia adalah 125.000 rupiah.

     

    Nivea Make Up Clear Micellar Water

    Nivea Make Up Clear Micellar Water
    Salah satu brand kecantikan populer di dunia, yaitu Nivea, mengeluarkan makeup remover yang aman bagi semua jenis kulit. Produk bertajuk Nivea Make Up Clear Micellar Water mengandung kaprat trigliserida yang bekerja mengangkat kotoran pada kulit wajah secara efektif, ditambah asam laktat sebagai pemberi kelembapan pada kulit wajah.

    Tak hanya membersihkan kotoran dan melembabkan wajah, produk ini juga dipercaya mampu membersihkan riasan waterproof tanpa meninggalkan bekas sekalipun.

    Harga Nivea Make Up Clear Micellar Water di Indonesia adalah 100.000 rupiah.


    Baca Juga: 6 Langkah Mudah untuk Ciptakan “No-Makeup" Makeup

     

    Lancôme Eau Micellaire Douceur

    Lancôme Eau Micellaire Douceur

    Lancôme Eau Micellaier Douceur bermanfaat untuk menghapus riasan wajah, baik makeup yang tahan air maupun tidak. Tidak hanya itu, air pembersih muka ini juga berguna untuk mengangkat sel kulit mati pada wajah.

    Selain itu, produk yang tersedia dalam kemasan 200ml ini juga dapat digunakan pada semua jenis kulit, bahkan pada Anda yang memiliki kulit sensitif sekalipun.

    Hasil yang didapat setelah menggunakan makeup remover ini adalah kulit terlihat bersih dan segar, juga terasa lebih lembab.

    Sayangnya, produk lansiran Lancome ini tidak tersedia di Indonesia.

    Harga dari Lancôme Eau Micellaire Doucure adalah 60.00 dolar Amerika Serikat atau sekitar 350.000 rupiah.

     

    Maybelline Clean Express Miracle Water

    Maybelline Clean Express Miracle Water
    Setelah merilis makeup remover untuk mata dan bibir, Maybelline kembali melansir Clean Express Miracle Water yang cocok bagi Anda dengan jam kerja super padat.

    Pasalnya, micellar water  yang ada pada makeup remover ini akan membantu Anda menghapus makeup, debu, dan kotoran hanya dalam sekali bilas. Selain itu, produk ini juga akan mencegah Anda dari masalah kulit wajah, seperti jerawat, komedo, dan dehidrasi kulit.

    Kemasan praktis yang tersedia dalam 120ml ini memudahkan Anda untuk dibawa saat berpergian.

    Harga dari Maybelline Clean Express Miracle Water di Indonesia 50.000 rupiah.


    Corine de Farme Purity Micellar Water

    Corine de Farme Purity Micellar Water
    Makeup remover ini memiliki fungsi yang sama seperti air modifikasi pada umumnya. Hanya saja, produk yang dinamakan Corine de Farme Purity Micellar Water sangat ditujukan bagi Anda yang memiliki kulit kering dan sensitif.

    Micellar water ini berguna untuk menghapus tata rias serta membantu Anda membersihkan wajah, terutama pada area mata dan bibir. Kemasannya dibuat praktis dengan adanya pump yang memudahkan Anda untuk mengeluarkan cairan saat mencuci muka.

    Harga Corine de farme Purity Micellar Water di Indonesia adalah 190.000 rupiah.

     

    Baca Juga: 15 Jenis Kuas Makeup dan Urutan Pemakaiannya


    Avene Micellar Lotion

    Avene Micellar Lotion
    Bila kulit wajah Anda sensitif dan merasa lelah untuk membersihkan riasan wajah sepulang beraktivitas, mungkin Anda patut mencoba makeup remover lansiran Avene. 

    Produk kecantikan asal Perancis ini diklaim tidak membuat wajah Anda memerah, namun mampu mengembalikan keseimbangan kulit wajah Anda dan membuatnya terasa lebih kencang setelah penggunaan secara rutin. Kandungan thermal spring water di dalamnya juga berperan sebagai pencegah iritasi dan melembutkan kulit wajah.

    Harga dari Avene Micella Lotion di Indonesia adalah 217.000 rupiah.

     

    (Foto: Syda Productions/ Click Photos/ Shutterstock; Dok. Bazaar)

     







- RELATED ARTICLE -