• Kenali Masa Kadaluarsa Kosmetik Anda

    Beauty / Tips


    Kenali Masa Kadaluarsa Kosmetik Anda

    Cek kembali jajaran koleksi makeup Anda karena setiap makeup memiliki masa kadaluarsa yang beragam.


    Anda pasti memiliki banyak produk kecantikan yang sudah lama Anda tersimpan di meja rias, entah karena edisi terbatas atau karena harga yang mahal sehingga Anda memutuskan untuk irit pemakaian. Namun, tahukah Anda semua makeup memiliki jangka kadaluarsa beragam?

    Memang tidak mudah untuk menentukan kapan harus membuang kosmetik Anda, apalagi ketika secara kasat mata tidak terlihat adanya perubahan pada formula makeup itu sendiri. Namun Bazaar menemukan beberapa ciri-ciri makeup yang sudah tidak layak pakai, seperti berikut ini.

    1. Liquid foundation : enam bulan sampai  setahun.

    Ciri-ciri kadaluarsa: formulanya mulai terlihat memisah menjadi beberapa lapisan (tidak menyatu lagi), warnanya pun berubah.

    Tip: Agar foundation lebih tahan lama, hindari jari yang menyentuh leher botol atau tutup botol sehingga meminimalisir masuknya bakteri. Saat hendak memakai, lebih baik tuangkan foundation ke punggung tangan atau telapak tangan yang bersih.


    2. Parfum: delapan hingga sepuluh tahun.

    Ciri-ciri kadaluarsa: wanginya sudah berubah atau malah menghilang.

    Tip: Parfum adalah produk kecantikan dengan daya tahan terlama dibandingkan yang lain. Jaga parfum dari sinar matahari langsung agar tetap terjaga kondisi dan aromanya. Beberapa label bahkan ada yang merekomendasikan untuk menyimpannya di lemari es.


    3. Lipstik dan lip gloss: hingga setahun.

    Ciri-ciri kadaluarsa : apabila Anda mulai melihat produknya mengental, mengering dan berbau tidak enak seperti wax, maka sudah waktunya Anda membeli yang baru.

    Tip: Hindari sengatan matahari langsung karena dapat merusak formula lipstik dan lipgloss, serta mengubah warnanya. Maka sebaiknya Anda tidak meninggalkan cosmetic pouch di dalam mobil yang panas, dan meja rias di rumah jangan diletakkan persis di samping jendela.


    4. Loose powder : mencapai dua tahun.

    Ciri-ciri kadaluarsa : formulanya mulai terlihat menggumpal dan warna berubah.

    Tip: Selalu gunakan spons dan kuas khusus untuk loose powder Anda. Jangan menggunakan kuas yang biasa digunakan untuk blush, highlighter, bronzer. Jangan pula gunakan spons compact powder yang kerap Anda pakai untuk touch-up karena sudah bercampur dengan minyak dan keringat.


    5. Maskara: tiga bulan.

    Ciri-ciri kadaluarsa : ketika formulanya mulai berbau tidak sedap, menggumpal dan mengering.

    Tip: Tidak disarankan untuk mencampurkan maskara yang mulai kering dengan cairan apapun, sebaiknya langsung dibuang saja. Mengganti maskara setiap tiga bulan sekali sangat penting bagi kesehatan mata, karena maskara yang kadaluarsa bisa memicu infeksi. Hindari pula meminjamkan maskara Anda kepada orang lain.


    6.  Pensil alis dan pensil eyeliner.

    Ciri kadaluarsa: warna mulai memudar, menggumpal atau mudah patah.

    Tip: Produk makeup berbentuk pensil lebih tahan lama dan terbilang cukup higienis karena Anda secara rutin merautnya. Untuk memperpanjang daya tahannya. selalu tutup setelah dipakai dan jangan tinggalkan di suhu kamar yang panas.


    7. Liquid eyeliner: tiga hingga empat bulan.

    Ciri-ciri kadaluarsa: formula menjadi lebih kental, menggumpal atau mengeras.

    Tip: Sama seperti maskara, jangan pernah berbagi atau bertukar eyeliner cair karena kuman dan bakteri yang muncul dapat menimbulkan penyakit berbahaya bagi mata.


    8. Blush: mencapai dua tahun.

    Ciri-ciri kadaluarsa: warna yang berada di wadah berbeda dengan warna ketika diaplikasikan di wajah. 

    Tip: Jika Anda memutuskan menjadi kolektor makeup, blush adalah salah satu produk yang paling aman untuk dikumpulkan dalam jumlah banyak karena daya tahannya paling lama. Untuk menjaganya tetap dalam kondisi baik, Anda sebaiknya menggunakan brush khusus yang rajin dicuci.


    9. Cream blush dan multiple stick : 12 sampai 18 bulan.

    Ciri-ciri kadaluarsa: teksturnya berubah menjadi lebih menggumpal dan sulit dibaurkan. 

    Tip: Agar tidak terkontaminasi kuman, selalu gunakan jari yang bersih saat mengaplikasikan cream blush atau multiple stick yang bisa digunakan untuk mewarnai bibir, pipi dan kelopak mata.


    10. Eyeshadow bubuk: hingga dua tahun. Eyeshadow krim atau liquid: tiga hingga enam bulan.

    Ciri-ciri kadaluarsa : warna mulai berubah dan mengering sehingga menjadi lebih flaky.

    Tip: Meskipun eyeshadow tidak terlalu sering digunakan seperti bedak atau lipstik, tapi penting untuk mengganti eyeshadow secara berkala karena digunakan di area mata yang sensitif.


    Lalu, apa akibat jika Anda tetap memakai makeup yang sudah kadaluarsa? 

    1. Efisiensi bahan aktif pada produk tersebut sudah berubah, sehingga Anda tak lagi merasakan manfaatnya. Misalnya, sebuah foundation yang mengandung SPF telah kadaluarsa, maka perlindungannya sudah tak semaksimal seperti saat masih baru.

    2. Munculnya bakteri dan perubahan chemical dalam formulanya dapat menciptakan reaksi berbahaya bagi kulit, misalnya menjadi kemerahan, berjerawat, gatal-gatal, bengkak, meradang sampai munculnya bintil merah yang tentu saja akan mengganggu kesehatan kulit dan penampilan Anda. Makeup mata yang kadaluarsa juga dapat memicu mata merah atau infeksi yang lebih berbahaya.

    Apabila Anda menginginkan kualitas makeup yang baik dan tahan lama, maka simpanlah di tempat yang kering dan jauh dari matahari, selalu cuci tangan sebelum menggunakan kosmetik, rutin mencuci kuas dan spons, dan hindari bertukar makeup dengan orang lain untuk menghindari kontaminasi atau munculnya bakteri di dalam produk.

    (Foto : Id-art / Shutterstock / Click Photos)








- RELATED ARTICLE -